Kini Membeli Reksadana di Tokopedia Bisa Pakai OVO Cash

OVO hadir sebagai pembayaran digital menggantikan TokoCash
Bareksa • 16 Nov 2018
cover

Ilustrasi investor syariah wanita berhijab berdiri menggunakan ponsel smarphone sambil memegang gelas kopi

Bareksa.com - Teknologi digital telah membuat berbagai transaksi semakin mudah, seperti hadirnya platform pembayaran digital (digital payment). Kemudahan ini membuat kita semakin terbiasa untuk bertransaksi tanpa uang tunai (cashless), termasuk untuk membeli produk keuangan seperti reksadana.

Kini, reksadana yang tersedia di situs e-commerce terkemuka Tokopedia sudah bisa dibeli dengan menggunakan OVO, yaitu platform pembayaran digital yang dimiliki oleh Lippo Group.

Pembayaran dengan OVO memberi kemudahan transaksi reksadana di fitur Tokopedia Reksadana, yang merupakan hasil kerja sama dengan Bareksa sebagai agen penjual reksadana resmi berlisensi dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di Tokopedia sendiri, OVO hadir sebagai pembayaran digital menggantikan TokoCash yang telah ada sebelumnya. Pengguna Tokopedia yang sebelumnya telah terbiasa dengan TokoCash perlu mengetahui beberapa hal yang berbeda dengan hadirnya OVO.

Apa yang baru?

Layanan OVO terbagi menjadi dua yaitu OVO Cash dan OVO Points. OVO Cash adalah dompet digital yang saldonya bisa ditambah (top up) oleh pengguna sementara OVO Points adalah kumpulan dari berbagai hadiah (gift) atau cashback yang didapat dari transaksi sebelumnya di Tokopedia.

Hal ini berbeda dengan TokoCash sebelumnya yang menggabungkan saldo baik dari dana hasil transfer (top up) pengguna dan hadiah. Kehadiran TokoCash sebagai dompet digital khusus di Tokopedia saat ini bisa digantikan dengan Tokopedia saldo.

Untuk membeli reksadana di Tokopedia Reksadana, kita bisa menggunakan layanan OVO Cash. Caranya hanya dengan klik tombol beli di fitur Reksadana, kemudian kita memiliki OVO Cash sebagai pembayarannya.

Produk reksadana yang tersedia di Tokopedia Reksadana saat ini adalah Syailendra Dana Kas. Reksadana pasar uang ini bisa dibeli dengan modal minimal hanya Rp10.000.

Setelah order pembelian, dana kita bisa langsung masuk ke dalam portofolio. Namun, ada kalanya kita perlu menunggu proses maksimal 2x24 jam agar reksadana tersebut masuk dalam portofolio kita.

Dalam hal pencairan reksadana, juga terdapat perubahan. Pencairan reksadana di Tokopedia kini hanya bisa masuk ke Saldo Tokopedia, dan kemudian bisa ditransfer ke rekening pengguna yang sudah terdaftar.

Hal ini berbeda dengan sebelumnya, di mana pengguna bisa memilih dana pencairan untuk kembali ke TokoCash. Dengan pembaruan ini, dana pencairan reksadana tidak bisa kembali ke OVO Cash.

Kemudahan T+0

Meskipun terdapat perubahan dalam hal OVO menggantikan TokoCash, kecepatan transaksi penjualan reksadana di Tokopedia masih tetap unggul. Hanya di situs e-commerce ini transaksi penjualan atau pencairan reksadana bisa dilakukan hanya dalam satu hari saja atau T+0.

Uang hasil pencairan reksadana akan langsung masuk ke dalam Saldo Tokopedia. Dari sini, kita bisa memindahkannya ke rekening bank yang sudah terdaftar di akun kita. Sebagai catatan, jumlah minimum penarikan dana sebesar Rp50.000.

Cara penarikan dana dari Saldo Tokopedia ke rekening bank juga sangat mudah. Pertama, kita perlu memastikan akun dan alamat e-mail kita. Kemudian, kita pilih rekening bank yang kita miliki dan masukkan data nomor rekening serta nama pemilik rekening.

Setelah konfirmasi, dana akan langsung masuk ke rekening kita dan bisa kita tarik secara tunai atau digunakan untuk keperluan lainnya.

Layanan Berlangganan

Kemudahan lain yang masih tetap ada di Tokopedia Reksadana adalah fitur berlangganan, yang menggantikan fitur Auto Swipe sebelumnya. Dengan berlangganan, investasi reksadana menjadi semakin sederhana dan target investasi kita dapat tercapai sesuai waktunya.

Caranya adalah dengan mengisi data langganan, yang dimulai dari nominal pembelian. Kemudian, waktu pembelian reksadana bisa kita pilih mulai dari setiap hari, dua kali seminggu, atau seminggu sekali.

Metode pembayaran untuk berlangganan ini juga banyak, bisa dari transfer bank hingga menggunakan OVO Cash. Fitur OVO Cash hadir untuk memudahkan karena kita tidak perlu lagi melakukan transfer di setiap waktu kita membeli reksadana.

Setelah itu, kita pun bisa memilih tanggal berlangganan yang terlihat dalam bentuk kalender.

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Simak ulasan tips untuk memaksimalkan keuntungan berinvestasi di reksadana : Tips Menabung di Reksadana Agar Tujuan Investasi Dapat Tercapai

(AM)

***

Ingin berinvestasi reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS