Berita / Kategori / Artikel

China - Taiwan Memanas Buat Harga Emas Hari Ini Melompat Tembus US$1.800

Harga emas berjangka pengiriman Desember melompat US$33 menembus rekor tertingi harian di level US$1.812 per ounce
• 05 Aug 2022
cover

Ilustrasi harga emas batangan atau logam mulia yang meroket menyusul memanasnya ketegangan antara China dan Taiwan akibat kunjungan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi. (Shutterstock)

Bareksa.com - Ketegangan antara China dan Taiwan yang kian memanas, menyusul kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Negeri Formosa justru membuat harga emas logam mulia melesat. Dilansir Kitco News (4/8/2022), harga emas berjangka pengiriman Oktober ditutup di level US$1.792 per ounce. 

Bahkan harga emas berjangka pengiriman Desember melompat US$33 menembus rekor tertinggi harian di level US$1.812 per ounce. Harga emas naik lebih tinggi seiring meningkatnya permintaan aset safe haven, akibat ketegangan China - Taiwan - AS. 

Taiwan menjadi pusat ketegangan antara AS dan China, dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Pada Kamis, pelaku pasar panik karena China mulai menembakkan beberapa rudal balistik di sekitar Taiwan, sebagai balasan atas kunjungan Pelosi. China juga melakukan manuver politik yang agresif. 

"Nada agresif yang keluar dari Beijing sebagai tanggapan atas kunjungan Pelosi ke Taiwan telah mendorong kenaikan permintaan aset safe haven dalam beberapa sesi terakhir, dengan emas dan Obligasi Pemerintah AS naik seiring dolar dan yen Jepang,” ujar Han Tan, kepala analis pasar.di Exinity Group dilansir Kitco News.

Menurut Marc Chandler, kepala strategi pasar di Bannockburn Global Forex, situasi ini akan terus berkembang hingga akhir pekan. “China melanjutkan aksi militernya terhadap Taiwan, sementara Presiden AS Joe Biden menentang RUU Senat yang akan mengakui Taiwan sebagai 'sekutu utama non-NATO' dan meningkatkan perwakilannya di forum internasional," kata Chandler.

Penguatan harga emas ini menjadi reli yang menggembirakan, setelah sebelumnya kuatnya nilai tukar dolar AS telah membenamkan harga logam mulia longsor ke US$1.700 -an per ounce pada Juli 2022. Menurut ahli strategi di TD Securities, secara teknis harga penutupan emas di atas US$1.789 akan menjadi pertanda kuat akan tren meningkatnya harga emas di masa mendatang. 

Harga Emas Pegadaian Hari Ini

Seiring lonjakan harga emas global, harga beli emas Pegadaian di fitur Bareksa Emas pada Kamis (5/8/2022) juga melesat jadi Rp911.000 per gram, atau naik Rp4.000 per gram dibandingkan Rabu. Dibandingkan Kamis pekan lalu yang seharga Rp904.000 per gram, maka harga beli emas Pegadaian sudah naik Rp7.000 per gram. 

Sumber : Bareksa

Dibandingkan Kamis (21/7/2022) atau dua bulan lalu, di mana harga beli emas Pegadaian berada di level terendahnya sejak 16 Februari atau dalam 5 bulan terakhir di Rp888.000, maka harganya sudah naik Rp23.000 per gram. 

Perlu dicatat, emas adalah instrumen investasi yang cocok untuk jangka panjang dan sarana lindung nilai dari inflasi. Investasi logam mulia ini juga ada selisih harga beli dan harga jual, sehingga investor sangat disarankan jika berniat menjual emas, hanya ketika harga jualnya sudah lebih tinggi dari harga ketika membeli emas

Promo Investasi Emas

Tertarik investasi emas? Beli emas sekarang semakin mudah karena sudah tersedia secara online di dalam super app investasi Bareksa. Dalam fitur Bareksa Emas, Bareksa bekerja sama dengan mitra pengelola emas yang sudah berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu Pegadaian. Emas yang tersedia di Bareksa Emas memiliki fisik berupa emas batangan atau emas Antam dengan fasilitas titipan. 

Agar Smart Investor makin semangat berinvestasi emas, Bareksa dan Pegadaian mengadakan Promo Gold Get Gold. Dengan membeli emas logam mulia senilai minimal Rp500.000, Smart Investor berkesempatan meraih Tabungan Emas senilai hingga Rp5 juta. 

Untuk berpartisipasi dalam promo ini, saat transaksi di Bareksa Emas, gunakan kode promo GETGOLD. 

Simak juga syarat dan ketentuannya berikut ini :

Syarat dan Ketentuan Promo Gold Get Gold

1. Periode promo 3 Agustus - 22 Agustus 2022
2. Berlaku khusus untuk pembelian Bareksa Emas Pegadaian dengan metode pembayaran apa saja dengan memasukan kode promo GETGOLD
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Nasabah dengan pembelian terbesar berhak memenangkan hadiah
5. Satu nasabah hanya berhak memenangkan satu jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 13 September 2022 melalui akun media sosial Bareksa dan email.
7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi.

Ayo investasi emas di Bareksa Emas, dan raih hadiahnya!

(AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerja sama dengan Mitra Emas berizin.


Tags: