BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Dapat Uang Bonus Akhir Tahun, Enaknya Buat Apa Ya?

Abdul Malik28 Desember 2021
Tags:
Dapat Uang Bonus Akhir Tahun, Enaknya Buat Apa Ya?
Ilustrasi perempuan karyawan yang gembira karena mendapatkan bonus akhir tahun, yang kemudian sebagian dia gunakan untuk investasi di reksadana, sbn dan emas. (Shutterstock)

Pilihan investasi yang umum bisa dalam bentuk investasi logam mulia emas, deposito, reksadana, hingga saham

Bareksa.com - Penghujung 2021 tinggal hitungan hari dan tahun 2022 segera datang. Saat penghujung tahun seperti ini, umumnya pegawai kantoran khususnya karyawan swasta menerima uang bonus tahunan dari kinerja perusahaan selama setahun.

Kira-kira sebaiknya digunakan untuk apa uang bonus akhir tahun tersebut?

Biasanya sudah banyak rencana yang disiapkan mulai dari liburan, belanja barang tertentu, hingga investasi. Soal uang bonus akhir tahun untuk diinvestasikan, banyak ragam investasi yang dapat Anda dipilih.

Promo Terbaru di Bareksa

Melansir CNBC Indonesia, pilihan investasi yang umum bisa dalam bentuk investasi logam mulia emas, deposito, reksadana, hingga saham.

Deposito

Jenis investasi yang dipilih, jumlah dana yang disetor dan rentang imbal hasil yang diterima akan berbeda-beda. Misalnya, jika menempatkan dana di deposito, maka bank telah menentukan jumlah bunga yang akan diperoleh berdasarkan tenor (jangka waktu) dan jumlah dana yang disetorkan.

Deposito, punya risiko paling kecil atau paling aman karena tingkat imbal hasil sudah dijamin. Namun deposito jarang disebut sebagai produk investasi, karena nilainya bisa tergerus oleh inflasi. Umumnya, minimal dana yang harus disiapkan antara Rp5 juta hingga Rp10 juta.

Baca : Bareksa Raih Pendanaan Seri C dari Grab, Kukuhkan Sinergi Grab - Bareksa - OVO

Emas

Pilihan selanjutnya, investasi emas. Emas yang berupa emas batangan atau logam mulia dapat menjadi pilihan bagi Anda yang tidak suka risiko (risk averse). Alasannya, serupa dengan deposito, investasi emas juga menjanjikan imbal hasil positif khususnya untuk investasi yang sifatnya jangka panjang.

Jika Anda memilih emas, range dana yang harus disiapkan bergantung pada ukuran yang dibeli. Perlu diingat, semakin kecil ukuran logam mulia maka biaya per gram akan semakin mahal. Sementara untuk tingkat pengembalian bergantung pada harga pasar.

Untuk investasi emas, Anda bisa mempertimbangkan melakukannya di Bareksa Emas di Bareksa. Dalam fitur BareksaEmas, Bareksa telah bermitra dengan Indogold dan Pegadaian, yang merupakan penyedia emas fisik dengan layanan gadai emas sesuai izin OJK.

Emas yang dibeli investor di BareksaEmas, ada fisiknya dan disimpan di brankas aman, yang bisa dijual atau diambil fisiknya bila diperlukan.

Emas yang diperjualbelikan Bareksa melalui fitur Bareksa Emas adalah logam mulia dengan kadar 99,99 persen yang diproduksi oleh ANTAM dan UBS. Emas batangan produksi ANTAM dan UBS sudah sering dijadikan alat investasi sehingga tidak perlu diragukan lagi keasliannya.

Investasi emas di BareksaEmas bisa mulai dengan nominal Rp50 ribu atau ukuran minimal 0,1 gram.

Baca juga : Investasi Reksadana di Bareksa dapat OVO Poin dan Voucher GrabFood

Reksadana dan Saham

Instrumen investasi lainnya yang dapat Anda pilih adalah reksadana dan saham. Kelebihan kedua instrumen ini antara lain dana investasi minimum yang digelontorkan juga lebih kecil dibandingkan dengan deposito dan membeli emas batangan atau logam mulia, yakni di kisaran Rp100.000 hingga Rp500.000.

Untuk reksadana bahkan ada yang bisa dibeli mulai Rp10.000. Anda bisa berinvestasi reksadana di Bareksa yang menyediakan ratusan produk dan beragam jenis reksadana. Proses transaksinya yang mudah karena semua serba online, juga aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Potensi imbal hasil beriringan dengan potensi risiko. Semakin besar potensi imbalannya, maka semakin tinggi risikonya (high risk high return).

Jadi, jenis investasi apa yang akan Anda pilih? Pastikan jenis dan produk investasi yang dipilih, sesuai dengan profil risiko Anda ya.

(Martina Priyanti/AM)

Baca : Kolaborasi PT Pegadaian - Bareksa, Hadirkan Tabungan Emas Online untuk Investasi Terintegrasi

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.



Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua