BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Tips Wujudkan Resolusi Keuangan Hadapi Tahun Baru 2022

Hanum Kusuma Dewi09 Desember 2021
Tags:
Tips Wujudkan Resolusi Keuangan Hadapi Tahun Baru 2022
Ilustrasi wanita cantik sedang memegang handphone tablet dan buku untuk memantau investasi reksadana saham obligasi surat utang negara emas dan membuat resolusi keuangan di tahun baru. (shutterstock)

Buat resolusi keuangan yang realistis sesuai dengan kemampuan

Bareksa.com - Jelang akhir tahun, sebagian dari kita ingin membuat resolusi demi kehidupan yang lebih baik. Salah satunya berkaitan dengan resolusi keuangan agar kondisi finansial kita semakin baik di tahun baru 2022.

Apakah Anda selama ini kesulitan menjalankan resolusi keuangan yang sudah dibuat sendiri sehingga rencana hanya sekadar menjadi wacana? Jiya iya, ada baiknya simak tips resolusi keuangan seperti yang dilansir laman Sahabat Pegadaian berikut.

Tips Mewujudkan Resolusi Keuangan

1. Sedikit Tapi Fokus.

Tidak ada salahnya memiliki banyak resolusi. Tapi jika resolusi itu malah membuat Anda bingung yang akhirnya tidak ada perubahan yang tercapai, lebih baik pilih secara spesifik pada beberapa daftar secara optimal. Dengan begitu, kesempatan untuk mewujudkan resolusi tersebut akan semakin besar.

Promo Terbaru di Bareksa

2. Buat Resolusi Keuangan yang Realistis.

Dari banyaknya resolusi yang telah dibuat, pertimbangkan resolusi yang sekiranya bisa dicapai dalam kurun waktu satu tahun. Tujuannya adalah supaya resolusi tersebut tidak berakhir menjadi mimpi atau wacana sesaat.

Misalnya, Anda punya gaji Rp5 juta sebulan dan ingin berinvestasi reksadana menyiapkan dana darurat dalam setahun. Bila hanya mampu menyisihkan Rp500 ribu sebulan, jangan bikin target resolusi setahun bisa mengumpulkan Rp100 juta. Buatlah hitungan realistis sesuai dengan kemampuan.

3. Perlahan tapi Pasti.

Memulai hal baru terkadang berat untuk dilakukan. Supaya tidak berat, Anda bisa memulainya dari hal paling sederhana yang diiringi dengan langkah-langkah kecil. Perlahan tapi pasti, Anda akan terbiasa dan resolusi tersebut bisa terwujud.

Misalnya Anda ingin memiliki aset emas logam mulia sebagai investasi. Tidak perlu langsung beli emas fisik 100 gram, Anda bisa membeli emas online dengan ukuran kecil seharga mulai dari Rp50 ribu di BareksaEmas. Pastikan jangan menyerah di tengah jalan, ya!

4. Cari Penyemangat.

Supaya lebih semangat dan berhasil dalam mencapai resolusi, kamu bisa mengajak teman dengan resolusi serupa untuk saling mengingatkan. Anda juga bisa mencari tokoh inspiratif yang mengejar sasaran serupa di media sosial untuk membuat Anda terus maju dan fokus.

5. Beri Penghargaan ke Diri Sendiri.

Beri penghargaan pada diri sendiri pada setiap pencapaian. Dengan begini, Anda pun tidak jenuh dan selalu termotivasi untuk mencapai resolusi lainnya.

6. Lakukan Evaluasi Rutin.

Perlu diketahui bahwa tidak semua resolusi pantas untuk dipertahankan. Di sisi lain, bisa jadi memang usaha Anda masih bisa dimaksimalkan dalam mencapai resolusi tersebut.

Nah, supaya tidak terlalu terjebak pada progress yang sama, Anda bisa melakukan evaluasi rutin dari resolusi yang telah ditetapkan setiap tiga atau enam bulan sekali. Melakukan resolusi keuangan mungkin bukan hal yang mudah bagi sebagian orang, terlebih pada saat proses untuk mencapai resolusi tersebut.

Perlu komitmen dan disiplin yang kuat untuk menjalaninya. Menjalankan resolusi keuangan dengan semangat dan penuh motivasi ya untuk tahun yang lebih mapan. Untuk investasi, pastikan apapun jenis instrumen serta produk yang dipilih, sesuai dengan profil risiko.

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas logam mulia yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.313,56

Up0,41%
Up3,42%
Up0,02%
Up5,82%
Up18,99%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,19

Up0,60%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,19%
Up17,64%
Up43,00%

STAR Stable Income Fund

1.915,21

Up0,56%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,23%
Up30,98%
Up60,12%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.758,06

Down- 0,06%
Up3,14%
Up0,01%
Up4,70%
Up19,28%
Up48,00%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.039,09

Up0,26%
Up2,10%
Up0,02%
Up3,01%
Down- 1,39%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua