BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

5 Resolusi Keuangan Jelang Tahun Baru 2022 Lebih Mapan

Hanum Kusuma Dewi09 Desember 2021
Tags:
5 Resolusi Keuangan Jelang Tahun Baru 2022 Lebih Mapan
Ilustrasi investor wanita sedang bingungan menghitung uang koin untuk ditabung dalam celengan sambil menghitung dengan kalkulator

Anda bisa berinvestasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, misalnya investasi emas

Bareksa.com - Jelang akhir tahun seperti saat-saat ini biasanya identik dengan kegiatan mulai membuat berbagai resolusi termasuk resolusi keuangan untuk satu tahun ke depan. Melihat kembali capaian finansial selama tahun ini hingga kemudian mengevaluasi, lalu membuat rencana keuangan serta investasi. ​​​

Iya berusaha menjadi lebih baik, tidak hanya tentang gaya hidup maupun karir, berlaku juga soal urusan keuangan. Tujuannya tak lain demi mencapai kehidupan yang lebih mapan serta investasi lebih cuan.

Melansir laman Sahabat Pegadaian, berikut lima resolusi keuangan yang bisa mulai direncanakan dan dijalankan tahun depan. Sebaiknya dijalankan dengan konsisten ya untuk mencapai tujuan keuangan.

Promo Terbaru di Bareksa

Pertama, Buat Perencanaan Keuangan.

Jika sebelumnya tidak terbiasa membuat perencanaan keuangan, sekarang waktunya untuk mulai membuatnya. Mulai dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap bulan untuk mengetahui bagaimana Anda mengelola keuangan. Untuk itu, tentukan pos pengeluaran prioritas dan pos yang perlu dikurangi.

Nah, jika dirasa semua penting maka buat rencana menambah pemasukan lebih. Selanjutnya buat rencana selama satu tahun ke depan. Catat apa saja tujuan yang ingin dicapai, mulai dari saldo tabungan, investasi, jalan-jalan, belanja barang pribadi dan lain sebagainya.

Kedua, Tidak Ada Pola Hidup Konsumtif.

Jika dibiarkan begitu saja, pola hidup konsumtif bisa mengganggu dan cenderung membahayakan kondisi finansial. Makanya, hindari membeli barang atau hal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan dan mengubah pola hidup konsumtif jadi lebih efektif. Anda bisa mengalihkan pengeluaran ke hal yang lebih bernilai seperti investasi, menabung emas, dan membeli buku atau ‘ilmu’ dalam bentuk lain yang bermanfaat dan menambah keahlian serta pengetahuan.

Ketiga, Tingkatkan Investasi dan Tabungan.

Investasi dan tabungan itu harus selalu ada dalam pengelolaan keuangan. Terlebih jika kamu memiliki rencana jangka panjang. Untuk itu, buat target mengenai dua hal tersebut agar bisa meningkat selama setahun ini. Anda bisa menambah jumlah uang yang dialokasikan per bulan atau per tiga bulan. Selain itu, Anda bisa berinvestasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, misalnya investasi emas.

Emas sudah menjadi primadona investasi sejak zaman dulu karena nilainya yang cenderung mengalami kenaikan dan tahan terhadap inflasi. Anda bisa berinvestasi emas salah satunya di Pegadaian melalui layanan Tabungan Emas.

Tabungan emas merupakan layanan penitipan saldo emas untuk mempermudah masyarakat dalam berinvestasi emas. Dengan layanan ini, Anda bisa melakukan pembelian emas mulai dari 0,01 gram.

Melalui kolaborasi Pegadaian dan Bareksa, kini layanan Tabungan Emas Pegadaian tersedia di Bareksa melalui fitur Bareksa Emas.

Keempat, Prioritaskan Dana Darurat.

Anda tidak tahu apa yang akan terjadi nanti, maka dana darurat menjadi sangat penting untuk dimiliki. Adanya musibah seperti kecelakaan, PHK, dan lain sebagainya membutuhkan uang pada saat itu juga. Untuk menghindari pinjaman uang saat hal yang tidak menyenangkan ini menimpa, Anda perlu menyisihkan gaji ke dalam dana darurat.

Kelima, Disiplin Membayar Tagihan.

Kalau Anda memiliki sejumlah tagihan bulanan, pastikan untuk membayar tepat waktu. Hindari keterlambatan karena tagihan ini memiliki bunga atau denda yang nominalnya tidak kecil. Untuk itu, hindari biaya bunga dan denda tersebut, dan bayarlah tagihan tepat waktu.

Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas auto debet dari rekening tabungan setiap bulannya untuk menghindari keterlambatan pembayaran tagihan.

Tambahan lagi, smart investor Bareksa bisa berinvestasi sekaligus berdonasi dengan membeli emas dan reksadana di Bareksa. Lengkapnya baca di sini.

Itulah sejumlah resolusi keuangan yang bisa dibuat untuk tahun depan. Ayo semangat untuk mengatur keuangan lebih baik!

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di emas logam mulia yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua