BeritaArrow iconEmasArrow iconArtikel

Harga Emas Bangkit Dibayangi Kekhawatiran Resesi, Ini Tips Investasi Logam Mulia

Abdul Malik12 September 2023
Tags:
Harga Emas Bangkit Dibayangi Kekhawatiran Resesi, Ini Tips Investasi Logam Mulia
Ilustrasi investasi emas logam mulia atau emas batangan. (Shutterstock)

Emas sebaiknya digunakan untuk safe heaven atau investasi jangka panjang

Bareksa.com - Harga emas ini, Selasa (12/9/2023), mulai membaik di tengah kekhawatiran resesi, seraya pelaku pasar menunggu data inflasi Amerika Serikat (AS) yang akan berpengaruh terhadap keputusan suku bunga Bank Sentral AS. Sejumlah investor membeli emas menyusul pelemahan nilai tukar dolar AS. Senada, harga emas di dalam negeri juga naik tipis.

Di tengah kecemasan resesi, emas masih diyakini jadi salah satu aset safe haeven atau lindung nilai aset, terutama untuk investasi jangka panjang. Makanya, emas banyak diburu investor ketika harganya turun maupun ketika ada potensi resesi.

Harga Emas Hari ini, Selasa (12/9/2023)

Emas
Harga Beli Emas Hari Ini
Emas pasar spot
US$1.921,37 per troy ounce
Emas Treasury​
Rp978.498 per gram
Emas Pegadaian​
Rp989.000 per gram
Emas Indogold
Rp963.500 per gram
Emas Antam
Rp1.071.000 per gram

Sumber: Investing, Antam, dan Bareksa Emas per 12.30 WIB

Promo Terbaru di Bareksa

Mengutip laman Treasury (12/9), harga emas di pasar spot pada Senin (11/9/2023) ditutup di US$1.921,66 per troy ons atau menguat 0,2%. Penguatan ini memutus laju negatif emas yang melemah pada Jumat pekan lalu. Namun, pada perdagangan Selasa (12/9/2023) pukul 12:30 WIB seperti dilansir laman Investing, harga emas melemah 0,06% ke posisi US$1.921,37 per troy ons.

Beli Emas di Sini

Emas Berpotensi Naik

Analis dari Bank of China International, Xiao Fu mengatakan emas menguat tipis karena ada kekhawatiran mengenai resesi Jerman dan perlambatan ekonomi di Eropa. Membeli emas jadi pilihan karena dianggap aset aman sehingga dicari saat terjadi ketidakpastian ekonomi. Senada dengan Fu, Analis Kinesis Money market, Rupert Rowling juga berpendapat risiko resesi akan membantu emas menguat.

Komisi Uni Eropa memproyeksi ekonomi Jerman akan terkontraksi 0,4% tahun ini. Jerman akan menjadi satu-satunya negara Eropa yang terkontraksi. Ekonomi Jerman juga diperkirakan hanya akan tumbuh 1,1% pada tahun depan, lebih rendah dibandingkan proyeksi awal 1,14%. "Prospek penguatan emas tergantung pada seberapa besar risiko resesi serta apakah risiko resesi bisa ditahan," tutur Rowling, dikutip dari Reuters yang dilansir Treasury.

Sementara itu, sebagian besar pelaku pasar tengah menunggu data harga konsumen (CPI) AS yang diumumkan pada Rabu pekan ini. Data ini sangat berpotensi mempengaruhi keputusan Bank Sentral AS dalam penentuan suku bunga acuan. "Emas mengawali minggu ini dengan catatan positif karena melemahnya dolar AS, namun harga kemungkinan akan menghadapi tekanan dalam waktu dekat karena pasar mengharapkan kenaikan suku bunga lagi tahun ini," kata analis pasar senior OANDA, Edward Moya.

Menurut Moya, kita tidak akan mendapat lampu hijau bagi investor untuk menjadi agresif dan kembali berinvestasi pada logam mulia dalam waktu dekat.

Beli Emas di Sini

Di sisi lain menurut alat CME FedWatch, para pelaku pasar memperkirakan 93% peluang The Fed mempertahankan suku bunga tidak berubah pada pertemuan 19-20 September. Namun juga ada peluang kenaikan 41% di bulan November. Menjelang pertemuan berikutnya, para pengambil kebijakan The Fed sudah jelas tidak ingin menaikkan suku bunga, namun hanya sedikit di antara mereka yang siap untuk menyatakan hal tersebut.

Para analis pasar berpendapat emas mungkin memiliki momen penentu keberhasilan pada minggu ini, yang berarti harga emas mungkin menembus kisaran antara US$1.940 dan US$1.980. Dengan dolar AS diperkirakan akan tetap kuat hingga sisa tahun 2023, para analis pasar juga berpendapat kenaikan emas akan terbatas.

Perlu diketahui, naik turunnya harga emas di pasar dunia juga turut mempengaruhi harga emas di dalam negeri. Faktor pendorong lainnya seperti besaran penawaran dan permintaan emas, serta nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Sebagai gambaran, ketika harga emas di pasar dunia turun belum tentu langsung diikuti harga di dalam negeri. Harga emas keluaran Antam hari ini naik Rp1.000 per gram dibandingkan harga kemarin menjadi Rp1.071.000 per gram.

Kenaikan harga emas juga terjadi pada emas Pegadaian di Bareksa Emas. Per pukul 13.00 WIB (12/9) naik Rp1.000 ke Rp989.000 per gram. Sementara harga emas Treasury dan emas Indogold di Bareksa Emas, mengalami penurunan. Emas Treasury turun Rp2.195 ke Rp978.498 per gram. Kemudian, harga emas Indogold juga turun Rp500 ke Rp963.500 per gram.

Beli Emas di Sini

Tips Investasi Emas

Dengan naik turunnya harga emas, lalu bagaimana sebaiknya investasi emas logam mulia atau emas batangan? Perencana Keuangan Eko Endarto mengatakan investasi emas adalah bentuk investasi jangka panjang, sehingga tidak cocok untuk dibeli lalu dijual dalam waktu singkat. "Kalau bicara (beli emas) untuk jangka panjang itu ya oke-oke saja. Kalau jangka pendek saya nggak menyarankan, karena emas itu digunakan untuk safe heaven atau investasi jangka panjang," kata Eko dilansir Kompas.com, Senin (11/9/2023).

Dengan pergerakan harga emas yang fluktuatif akhir-akhir ini, Eko menilai ada strategi yang bisa dilakukan investor yang ingin investasi emas. "Kita lihat beberapa tahun kemarin, kalau kita yakin (emas) bisa memberikan imbal hasil minimal 8% per tahunnya (bisa beli). Tapi, kalau dibandingkan tahun sebelumnya masih di bawah 8%, berarti kita harus tunggu dulu sampai minimal 8% lagi," kata dia.

Untuk masuk dan investasi emas, Eko mencontohkan investor bisa melihat harga emas di tahun sebelumnya. Sebagai gambaran, misalkan harga emas tahun lalu Rp1 juta, sehingga harga wajar yang bisa ditolerir untuk masuk adalah 5%-10% lebih murah. Dengan strategi rebalancing, ketika harga emas mengalami kenaikan 8%-12%, tidak masalah jika melakukan penjualan emas sebagian. Tapi, tentu investor harus menimbang, seberapa penting harus menjual emas.

"Kalau harga emasnya sudah untung, kita boleh lepas sebagian. Oke-oke saja, tidak masalah. Nanti, ketika di bawah harga jual, kita bisa masuk lagi," ucapnya.

Tren naik turunnya harga emas secara harian sebenarnya tidak perlu Kamu khawatirkan, jika Kamu berinvestasi dalam jangka panjang. Sebab, secara tren, harga emas cenderung naik stabil setiap tahunnya. Bahkan bagi investor yang jeli dan memiliki target investasi jangka panjang, maka penurunan harga bisa jadi kesempatan baik untuk membeli emas di harga murah.

Beli Emas di Sini

Promo Nabung Emas

Agar Smart Investor makin semangat berinvestasi, ada promo menarik berhadiah emas batangan dari Pegadaian. Buat investor baru, tersedia hadiah emas batangan senilai masing-masing Rp50.000 untuk 200 pemenang. Selain itu, untuk investor dengan pembelian Emas Pegadaian terbesar berhadiah emas senilai hingga Rp1,5 juta.

Tertarik? Catat kode promo dan minimal pembeliannya berikut ini :

Kode promo: NEWPGDN

- Untuk transaksi pertama Bareksa Emas - Pegadaian
- Minimal transaksi Rp1 juta
- Hadiah emas senilai @Rp50.000 untuk 200 pemenang

Kode promo: BIGPGDN

- Untuk transaksi terbesar Bareksa Emas - Pegadaian
- Minimal transaksi Rp1 juta
- Hadiah emas senilai @Rp1.500.000 untuk 2 pemenang
- Hadiah emas senilai @Rp1.000.000 untuk 2 pemenang
- Hadiah emas senilai @Rp500.000 untuk 4 pemenang
- Hadiah emas senilai @Rp100.000 untuk 20 pemenang
- Hadiah emas senilai @Rp50.000 untuk 20 pemenang

Beli Emas Pegadaian di Sini

Baca juga syarat dan ketentuan promonya berikut ini :

Syarat dan Ketentuan Promo Emas Pegadaian September 2023

1. Periode promo berlaku dari tanggal 4 September 2023 pukul 09.00 WIB - 30 September 2023 pukul 23.59 WIB
2. Promo berlaku untuk pembelian produk Bareksa Emas dari Pegadaian dengan metode pembayaran apa saja dan memasukkan kode promo yang dipilih
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Nasabah dengan nominal pembelian pertama kali berhak mendapatkan hadiah
5. Satu nasabah hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia
6. Pengumuman pemenang pada tanggal 19 Oktober 2023 melalui media sosial Bareksa dan email kepada para pemenang tersebut
7. Hadiah atas promo ini tidak dapat diuangkan dan dipindahtangankan
8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang atas promo ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
9. Seluruh pajak hadiah atas promo ini akan ditanggung Bareksa
10. Bareksa memiliki hak untuk dapat membatalkan pemenang atas hadiah dari promo ini jika pemenang terbukti melakukan kecurangan, pelanggaran terhadap hukum sehubungan dengan keikutsertaannya dalam promo ini atau tidak dapat dihubungi

Ayo investasi emas Pegadaian di Bareksa Emas sekarang, untuk raih potensi keuntungan di masa depan.

Beli Emas Pegadaian di Sini

(Martina Priyanti/AM)

* * *

Ingin investasi emas dan reksadana di Bareksa?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, bekerja sama dengan Mitra Emas berizin.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.330,84

Up0,38%
Up3,77%
Up0,04%
Up4,57%
Up18,78%
-

Capital Fixed Income Fund

1.784,99

Up0,56%
Up3,37%
Up0,03%
Up6,90%
Up17,11%
Up42,50%

I-Hajj Syariah Fund

4.849,34

Up0,58%
Up3,16%
Up0,03%
Up6,14%
Up21,95%
Up40,60%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.144,14

Up0,34%
Up2,74%
Up0,03%
Up4,96%
Up14,32%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.043,45

Up0,53%
Up3,65%
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua