BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Jamin Keamanan Keuangan Masa Tua dengan Investasi Reksadana, Ini Caranya

Abdul Malik08 Juni 2021
Tags:
Jamin Keamanan Keuangan Masa Tua dengan Investasi Reksadana, Ini Caranya
Ilustrasi seorang investor yang bahagia di usia pensiun karena telah berhasil menyiapkan dana pensiun sejak dini dan berhasil meraih kemerdekaan finansial. (Shutterstock)

Potensi nilai reksadana berpotensi akan bertambah lebih besar lagi jika kita mau bersabar untuk jangka panjang

Bareksa.com - Semua orang tentu mendambakan rasa aman dari sisi keuangan di masa depan. Namun pada dasarnya, tidak ada seorangpun tahu tentang apa yang akan terjadi di masa depan. Sehingga kita perlu menyiapkan keuangan kita di masa pensiun nanti.

Selain menabung, kita bisa berinvestasi untuk menyiapkan dana pensiun. Meskipun pendapatan belum seberapa, namun tak ada salahnya kita belajar menjamin masa depan sejak dini.

Salah satu instrumen investasi yang bisa dicoba adalah reksadana. Dengan investasi di reksadana, bisa mengajarkan kita untuk menjamin masa depan sejak dini. Konsepnya mirip menabung, akan tetapi ada beberapa aspek yang membuat investasi di reksadana lebih baik.

Promo Terbaru di Bareksa

Pertama, jika kita berinvestasi reksadana, maka uang yang kita hasilkan akan bertambah nilainya. Karena memang prinsip reksadana adalah pihak manajer investasi akan menginvestasikan uang kita ke beberapa instrumen yang bisa menghasilkan keuntungan seperti saham, obligasi atau deposito. Makanya,sangat mungkin untuk meraup untung dari berinvestasi reksadana.

Kedua, investasi reksadana secara tidak langsung akan memaksa kita untuk bersabar. Karena, rata-rata produk reksadana memang baru terasa pertambahan nilai yang signifikan jika kita menunggu setidaknya setahun.

Potensi nilai reksadana berpotensi akan bertambah lebih besar lagi jika kita mau bersabar untuk jangka waktu yang panjang.

Berikut contoh 10 produk reksadana saham dengan potensi imbal hasil (return) tertinggi yang dijual di Bareksa:

Illustration

Sumber: Bareksa

Ketiga, kita bisa memilih jenis reksadana berdasarkan profil risiko. Artinya reksadana bisa menyesuaikan apakah kita seorang high-risk taker, medium-risk taker atau low-risk taker.

Sementara jika kita kurang berani untuk mengambil risiko rugi, kita bisa memilih reksadana pasar uang. Jika cukup berani tapi masih jaga-jaga untuk tidak terlalu rugi, bisa coba fixed income (reksadana pendapatan tetap) atau balanced (reksadana campuran).

Terakhir, jika kita cukup berani mengambil risiko, kita bisa investasi di reksadana saham (equity). Semua pilihan ada pada kita sendiri.

Perlu diketahui, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Selain itu, reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

(Martina Priyanti/AM)

​***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,46

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua