BeritaArrow iconBareksa InsightArrow iconArtikel

Sukuk Ritel SR018 Beri Kupon Tetap 6,4%, Bisa Jadi Imbal Hasil Tertinggi SBN 2023

Abdul Malik06 Maret 2023
Tags:
Sukuk Ritel SR018 Beri Kupon Tetap 6,4%, Bisa Jadi Imbal Hasil Tertinggi SBN 2023
Ilustrasi kupon imbalan surat berharga negara jenis Sukuk Ritel SR018 yang menawarkan kupon tertinggi dalam 6 penawaran terakhir. (Shutterstock)

SR018 tenor 3 tahun dan SR018 tenor 5 tahun bisa dipesan secara online melalui Bareksa pada masa penawaran 3-29 Maret 2023

Bareksa.com - Imbal hasil Sukuk Ritel atau SBN Ritel Syariah kembali naik lewat Sukuk Ritel SR018 dengan kupon hingga 6,4% per tahun untuk tenor 5 tahun. Ini adalah imbal hasil tertinggi sejak 6 penerbitan terakhir, dan bahkan kemungkinan akan menjadi kupon tertinggi sepanjang 2023. Sebab, peluang Bank Indonesia kembali menaikkan suku bunga acuan menjadi semakin kecil.

Sama seperti penerbitan Saving Bond Ritel (SBR) bulan Januari lalu, SR kembali diterbitkan dengan dua seri, yakni SR018-T3 dengan tenor 3 tahun, tingkat kupon 6,25% per tahun dan SR018-T5 dengan tenor lima tahun, tingkat kupon 6,4% per tahun. Bedanya dengan SBR, kupon SR nilainya tetap (fixed).

Illustration

Sumber : Kemenkeu, diolah Bareksa

Kupon atau imbal hasil SR018 ini dibayarkan secara bulanan, sehingga bisa menjadi penghasilan pasif (passive income) bagi para investor. Dibandingkan dengan suku bunga deposito, kupon SR018 baik T3 maupun T5 lebih menarik, apalagi potongan pajaknya hanya 10%, sedangkan bunga deposito terkena pajak 20%.

Tim analis Bareksa menyarankan para investor untuk mengalokasikan porsi yang lebih besar dalam memesan seri tenor 3 tahun, yang merupakan tenor favorit masyarakat agar lebih mudah dijual jika memutuskan untuk merealisasikan keuntungan dari kenaikan harga di kemudian hari. Sebagai informasi, SR018 dapat diperdagangkan di pasar sekunder setelah pembayaran kupon ketiga.


Raih Passive Income dari Investasi di SBN Ritel, Klik Ini

Simulasi Investasi SR018-T3

Illustration


Sumber : Kemenkeu, diolah Bareksa

Simulasi Investasi SR018-T5

Illustration


Sumber : Kemenkeu, diolah Bareksa

Sementara itu, bagi pemilik seri SR012 yang akan segera jatuh tempo pada 10 Maret 2023 dapat melakukan reinvestasi ke seri SR018. Walaupun memiliki tingkat kupon yang relatif sama, pajak SR018 saat ini lebih rendah dibandingkan ketika seri SR012 meluncur pada 2020, sehingga akan meningkatkan hasil re-investasi investor. Penurunan pajak imbal hasil menjadi 10% dari sebelumnya 15%, dirasakan oleh investor mulai tahun 2021.

Simulasi Reinvestasi SR012 & SR018-T3

Illustration

Sumber : Kemenkeu, diolah Bareksa

Simulasi Reinvestasi SR012 & SR018-T5

Illustration

​​Sumber : Kemenkeu, diolah Bareksa

Sukuk Ritel SR018 dapat dibeli online di Bareksa selama masa penawaran 3-29 Maret 2023. Investor sebaiknya memesan lebih awal, karena kuota terbatas dan pemesanan awal akan lebih cepat terlayani (first come first served).

Perlu diingat, investasi mengandung risiko, sehingga Smart Investor perlu membekali diri dengan informasi soal potensi keuntungan dan risiko dari investasinya di pasar keuangan.

Baca juga Cara Daftar SBN Online Bareksa, Investor Reksadana Hanya Cukup Lengkapi Rekening

Raih Cuan dari Investasi di SBN Ritel, Klik di Sini

(Ariyanto Dipo Sucahyo/hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun beruntun dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua