BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Investor Borong Sukuk Ritel SR018 Rp4,3 Triliun, Segera Pesan Sebelum Kuota Kehabisan!

Hanum Kusuma Dewi09 Maret 2023
Tags:
Investor Borong Sukuk Ritel SR018 Rp4,3 Triliun, Segera Pesan Sebelum Kuota Kehabisan!
Ilustrasi perempuan investor generasi milenial yang cemas karena harus berebut kuota pemesanan SR018. (Shutterstock)

SR018 bisa dipesan secara online melalui Bareksa pada masa penawaran 3-29 Maret 2023

Bareksa.com - Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Sukuk Ritel atau Sukuk Ritel (SR) seri SR018 terus diburu investor. Memasuki 7 hari masa penawaran, atau pada Kamis pagi (9/3/2023), nilai pemesanan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis syariah ini sudah menembus Rp4,36 triliun. Masa penawaran yang dibuka sejak 3 Maret akan ditutup pada 29 Maret 2023.

Kuota nasional pemesanan SR018 Rp20 triliun, kini tersisa sekitar Rp15,64 triliun. Karena itu, agar nggak kehabisan kuota pemesanan, sebaiknya Kamu segera memesan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel seri pertama di 2023 ini. Sebab, SR018 menawarkan cuan atau imbal hasil menarik di tengah gejolak pasar modal akibat kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) saat ini.

Sehingga wajar, jika investor akan terus memburu instrumen investasi yang dikelola sesuai prinsip syariah dan aman karena 100% dijamin oleh negara ini.

Promo Terbaru di Bareksa

Pemerintah menerbitkan SR018 dalam pilihan dua tenor (jangka waktu invetasi) yakni tenor 3 tahun SR018-T3 dan tenor 5 tahun SR018-T5. Rinciannya kuota pemesanan untuk SR018-T3 senilai Rp15 triliun dan SR018-T5 targetnya Rp5 triliun. Karena itu, kini kuota pemesanan SR018T3 tinggal Rp11,59 triliun dan untuk SR018T5 tersisa Rp4,03 triliun.

SR018 tenor 3 tahun menawarkan imbal hasil 6,25% dan SR018 tenor 5 tahun imbalannya 6,4%. Kupon SR018 bersifat tetap (fixed) hingga jatuh tempo.

Raih Cuan dari Investasi di SBN Ritel, Klik di Sini

Simulasi Investasi SR018-T3

Illustration


Sumber : Kemenkeu, diolah Bareksa

Simulasi Investasi SR018-T5

Illustration


Sumber : Kemenkeu, diolah Bareksa

Raih Cuan dari Investasi di SBN Ritel, Klik di Sini

10 Keuntungan Sukuk Ritel

Tapi selain imbal hasil, apa saja keuntungan yang akan diperoleh jika investasi Sukuk Ritel termasuk SR018? Memorandum Informasi Sukuk Negara Ritel SR018 yang diterbitkan pemerintah, menyebutkan ada 10 keuntungan berinvestasi pada Sukuk Negara Ritel SR018 baik SR018T3 maupun SR018T5, yaitu:

Pertama, pembayaran Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal Sukuk Negara Ritel Seri SR018T3 maupun SR018T5 telah dijamin oleh Pemerintah berdasarkan Undang-Undang SBSN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya, sehingga tidak mempunyai risiko gagal bayar.

Kedua, pada saat diterbitkan (Pasar Perdana) Imbalan/Kupon SR018T3 dan SR081T5 ditetapkan lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ketiga, imbalan/Kupon dengan jumlah tetap (fixed coupon) sampai pada Tanggal Jatuh Tempo.

Keempat, imbalan/Kupon dibayar setiap bulan.

Kelima, kemudahan akses untuk melakukan Pemesanan Pembelian melalui Sistem Elektronik.

Keenam, dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder dengan mekanisme transaksi di Bursa Efek melalui sistem ETP (Electronic Trading Platform) dan Transaksi di luar Bursa Efek (over the counter).

Ketujuh, berpotensi memperoleh capital gain dalam hal SR018T3 dan SR018T5 dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di Pasar Sekunder.

Kedelapan, dapat dipinjamkan atau digadaikan kepada pihak lain, termasuk jaminan dalam rangka transaksi efek, sesuai kebijakan dan mengikuti ketentuan serta persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Kesembilan, berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Kesepuluh, turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Sukuk Ritel SR018 dapat dibeli online di Bareksa selama masa penawaran 3-29 Maret 2023. Investor sebaiknya memesan lebih awal, karena kuota terbatas dan pemesanan awal akan lebih cepat terlayani (first come first served).

Raih Cuan dari Investasi di SBN Ritel, Klik di Sini

(Martin Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun beruntun dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua