BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

Musim Umroh 1445 H Dibuka Setelah Haji 2023, Ini Cara Nabung Biaya ke Tanah Suci

Hanum Kusuma Dewi20 Juli 2023
Tags:
Musim Umroh 1445 H Dibuka Setelah Haji 2023, Ini Cara Nabung Biaya ke Tanah Suci
Jemaah haji umroh sedang beribadah di sekitar bangunan Kabah dalam Masjidil Haram di Kota Mekah, Arab Saudi pada 28 Juni 2023. (Shutterstock/Satria Nangisan)

Reksadana syariah di Bareksa Umroh bisa jadi satu alternatif mengumpulkan biaya umroh

Bareksa.com - Kementerian Haji Saudi mengumumkan bahwa mulai awal tahun baru Islam atau 1 Muharram 1445 H, yang jatuh pada Rabu (19/7/2023), umat muslim dari seluruh dunia bisa kembali menjalankan ibadah umroh. Nah, untuk kamu yang berniat menjalankan haji kecil atau umroh, terdapat alternatif mempersiapkan biaya umroh dengan merencanakan tabungan umroh di reksadana syariah dalam fitur Bareksa Umroh.

Melansir Asharq Al-Awsat yang dilansir Ihram Republika, Selasa (18/7/2023), Wakil Menteri Haji dan Umroh, Abdul Fattah Mashat menyampaikan di musim baru umroh 1445 H ini ada kemungkinan peningkatan jumlah peziarah internasional. Mashat mengatakan kelompok pertama jamaah umroh dan pengunjung Masjid Nabawi akan mulai berdatangan dari luar Kerajaan, pada hari pertama tahun baru Hijriah.

Seperti diberitakan sebelumnya, diperkirakan sekitar 10 juta jemaah akan melaksanakan ibadah umroh setelah musim haji 2023 atau tahun 1445 Hijriyah, menurut Kerajaan Arab Saudi.

Promo Terbaru di Bareksa

Terkait pelaksaan musim umroh, Pemerintah Saudi disebutkan juga disebut telah bekerja keras untuk menyediakan serangkaian fasilitas yang komprehensif. Tujuannya seperti dilansir Republika, untuk memungkinkan umat Islam dari seluruh penjuru dunia dengan mudah mengakses Dua Masjid Suci.

Kementerian dan otoritas terkait yang memberikan layanan kepada jamaah, berusaha untuk mengurangi persyaratan dan standar bagi jamaah dari luar negeri. Penerbitan visa diberikan fasilitas, memungkinkan pengunjung melakukan umroh menggunakan visa apa pun yang tersedia.

Mashat lantas menyebut Kementerian Haji berkolaborasi dengan badan penasehat khusus, yang mempelajari praktik global yang serupa dengan sistem umroh di berbagai bidang perhotelan.

Badan tersebut lantas mengembangkan standar dan prosedur perizinan untuk perusahaan dan lembaga khusus, dengan efisiensi keuangan dan operasional yang tinggi. Hal ini sesuai dengan kriteria yang tepat, yang memungkinkan mereka meningkatkan layanan umroh.

Di sisi lain Kementerian Haji dan Umroh telah mengizinkan semua perusahaan dan institusi yang memenuhi kriteria, untuk mengajukan izin secara permanen memberikan kesempatan yang sama bagi semua. Saat ini ada banyak perusahaan dan institusi khusus baru, yang akan diperkenalkan ke sistem layanan.

"Kementerian ingin memastikan jamaah puas dengan layanan yang diberikan. Kementerian Haji telah mengembangkan banyak alat profesional, untuk mengukur kepuasan pengunjung dan kinerja perusahaan dan institusi umroh, serta komitmen mereka terhadap instruksi otoritas yang kompeten," lanjut dia.

Dapat menunaikan umroh merupakan impian setiap umat Muslim selain menjalankan ibadah haji. Kamu berniat menjalankan ibadah umroh? Ayo segera siapkan dananya untuk modal berangkat ke Tanah Suci.

Tabungan Umroh dengan Reksadana Syariah

Sebagai solusi alternatif buat calon jemaah umroh yang ingin mengumpulkan biaya umroh ke Tanah Suci bisa mulai menabung di reksadana syariah. Reksadana adalah kumpulan dana masyarakat investor yang dikelola oleh manajer investasi profesional untuk dimasukkan ke aset-aset keuangan. Reksadana adalah produk investasi resmi yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Reksadana syariah dikelola sesuai dengan prinsip syariah dan mendapatkan fatwa dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI). Makanya, tidak perlu meragukan kehalalan reksadana syariah. Reksadana syariah ini yang menjadi Tabungan Umroh di Bareksa Umroh.

​Mulai Tabungan Umroh, Klik di Sini

​​Apa Bareksa memegang dana calon jemaah umroh?

Jawabannya 100% tidak! Semua dana investor calon jemaah umroh disimpan di reksadana. Aset reksadana ini tersimpan di Bank Kustodian, yang tidak bisa diambil oleh manajer investasi atau Bareksa sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD).

Reksadana hanya bisa dicairkan dengan instruksi dari investor langsung ke rekening investor. Sehingga, hal ini menghindari penyelewengan dana oleh pihak ketiga. Perlu digarisbawahi, baik Bank Kustodian, Manajer Investasi dan Bareksa sebagai APERD diawasi oleh OJK, sebagai otoritas yang berwenang di pasar keuangan Indonesia.

Makanya, ketika biaya umroh di reksadana sudah terkumpul, investor bisa melakukan instruksi pencairan reksadana lalu konfirmasi ke Bareksa untuk melakukan pembelian paket umroh. Sebagai catatan, Tabungan Umroh di Bareksa tidak mengikat pada pembelian paket umroh.

​Siapkan Tabungan Umroh di Sini​​

Cara Siapkan Tabungan Umroh

Bagi Kamu yang berniat menjalankan ibadah umroh tapi belum memiliki modal untuk berangkat, Bareksa menawarkan solusi menabung reksadana syariah untuk mengumpulkan biaya perjalanan umroh melalui fitur Bareksa Umroh. Untuk bisa beribadah ke Tanah Suci, perlu menyiapkan modalnya. Calon jemaah perlu mempersiapkan biaya umroh jauh-jauh hari sebelum berangkat.

Cara agar Tabungan Umroh bisa optimal, kamu bisa menabung di reksadana syariah menggunakan fitur Bareksa Umroh yang tersedia di super app investasi Bareksa. Tabungan umroh di Bareksa Umroh menggunakan reksadana syariah yang halal dan sifatnya fleksibel dengan rencana Tabungan.

Supaya bisa mengumpulkan biaya umroh sebesar itu, kamu bisa menabung bertahap mulai dari 6 bulan hingga 3 tahun. Jangka waktu ini tidak mengikat dan sangat fleksibel bisa diatur atau dicairkan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dengan fitur Bareksa Umroh di super app investasi Bareksa, kamu bisa dengan mudah memantau dan menambah jumlah Tabungan Umroh dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa bekerja sama dengan mitra penyelenggara perjalanan umroh resmi antara lain Khalifah Tour, al Qadri, dan Travel Umroh. Mitra penyelenggara umroh telah memiliki izin penyelenggaraan umroh dari pemerintah. Khalifah Tour memiliki izin umroh nomor U.509 tahun 2021, al Qadri memiliki izin umroh No.816 tahun 2017, dan Travel Umroh No.1020 tahun 2019.

Sementara itu, menabung untuk biaya umroh di Bareksa aman karena dana jemaah tidak disimpan oleh rekening perorangan, rekening travel agent atau bahkan rekening perusahaan Bareksa. Namun, tabungan umroh kamu ada di reksadana syariah yang tersimpan aman di bank kustodian dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga, dana kamu tidak bisa dibawa kabur pihak yang tidak bertanggung jawab.

Siapkan Tabungan Umroh di Sini

​Nabung Umroh dengan Reksadana Syariah

Saat ini, ada enam produk reksadana syariah yang bisa kamu pilih sebagai Tabungan Umroh di Bareksa Umroh, yakni Syailendra Sharia Money Market Fund, Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra, Sucorinvest Sharia Money Market Fund, Trimegah Kas Syariah, Bahana Likuid Syariah Kelas G, dan Trimegah Dana Tetap Syariah.​

Illustration

Sumber: Bareksa per 18 Juli 2023

Setahun terakhir (per 18/7/2023), keenam reksadana syariah tersebut mencatatkan imbal hasil menarik, ada yang mencapai hingga 8,28% yaitu Trimegah Dana Tetap Syariah.

Perlu dicatat, imbal hasil reksadana pasar uang syariah di Bareksa Umroh tidak terkena pajak, karena bukan merupakan objek pajak. Selain itu, besaran imbal hasil tersebut juga jauh lebih menarik dari deposito syariah atau tabungan perbankan biasa.

Siapkan Tabungan Umroh di Sini

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi reksadana syariah yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Buat tabungan umroh, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua