BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

Ada Hikmah Besar Umroh, Ini Cara Aman dan Syariah Siapkan Tabungan ke Tanah Suci

Abdul Malik15 Februari 2023
Tags:
Ada Hikmah Besar Umroh, Ini Cara Aman dan Syariah Siapkan Tabungan ke Tanah Suci
Ilustrasi seorang jemaah sedang berdoa dalam ibadah umroh di depan Ka'bah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. (Shutterstock)

Bareksa menawarkan solusi menabung reksadana syariah untuk mengumpulkan biaya perjalanan umroh melalui fitur Bareksa Umroh

Bareksa.com - Menjalankan ibadah umroh menjadi dambaan seluruh umat Islam seluruh dunia. Sebab dengan ada hikmah besar sekali, jika umat Muslim menjalankan umroh.

Umroh secara bahasa berarti ziyarah, artinya berkunjung atau bertamu. Orang yang sedang umroh atau haji dikatakan sebagai tamu Allah SWT. Seperti dilansir islam.nu.or.id, umroh juga disebut dengan nama al-hajjul ashghar (haji kecil). Istilah tersebut tidak dibuat kemarin sore, melainkan sudah disematkan sekitar 14 abad silam oleh Baginda Nabi Muhammad SAW sendiri.

Dalam sebuah riwayat Abdullah bin Abu Bakr, bahwa Baginda Nabi pernah menulis sebuah surat kepada ‘Amr bin Hazm. Pada lembaran itu tertulis, Annal ‘umrata hiya al-hajjul ashgharu (Ibadah umroh sejatinya adalah haji kecil, al-Umm, juz 2, hal. 145).

Promo Terbaru di Bareksa

Hal itu tentu untuk menjawab kegelisahan umat tentang apa sebenarnya umroh tersebut, sekaligus sebagai kelanjutan atas keterangan bahwa inti ibadah haji yang membedakannya dengan yang lain adalah wukuf di Arafah. Sehingga umroh yang tanpa wukuf ini, di samping memiliki cara pelaksanaan yang sama, disebut sebagai haji kecil.

Siapkan Tabungan Umroh di Reksadana Syariah Sekarang, Klik di Sini

Hikmah Besar di Balik Ibadah Umroh

Apa saja hikmah dalam ibadah umroh? Melansir islam.nu.or.id, ada sebuah statement menarik dalam al-Firk as-Sami (juz 1, hal. 191) yang akan menjadi kaidah dalam menyibak hikmah besar umrah. Muhammad bin al-Hasan menulis :

وما قيل في الحج يقال في العمرة؛ لأنها قرنت به في كتاب الله

Artinya, apa pun yang dibincangkan tentang haji, juga menjadi pembahasan ibadah umroh, sebab di dalam Al-Qur’an, keduanya bersanding sangat dekat. Termasuk dalam membincang hikmah-hikmah haji, juga menjadi bagian dari hikmah umroh. Haji dan umroh adalah sebuah momentum besar bahkan tidak ada momentum lebih besar dalam dunia Islam selain keduanya.

Kemudian merujuk al-Firk as-Sami seperti dilansir islam.nu.or.id, pada juz dan halaman yang sama-ulama kelahiran 1291 H ini menulis hikmah besar haji dan umroh yang dirangkum dalam sebuah kalimat yang tak panjang. Berikut redaksinya :

ومن حكمته الاجتماع والائتلاف والتعارف بين الأمم الإسلامية، وتفقُّد أحوال بعضهم، واقتباس العلوم والمتاجر وغير
ذلك، فهو من المصالح الاجتماعية والدينية معًا

Artinya, di antara hikmah haji (dan umroh), yakni terciptanya sebuah perkumpulan besar (dari segala penjuru dunia), lahirnya sebuah persatuan dan keakraban di antara seluruh umat Islam, juga dengan haji dan umroh sebagian umat dapat mengetahui kondisi sebagian yang lain. Selain itu, mereka berkesempatan meregup banyak ilmu dan peluang bisnis yang terbuka lebar, dan seterusnya. Haji dan umroh menjanjikan dua kemaslahatan besar, kemaslahatan sosial dan spirital secara bersamaan.

Siapkan Tabungan Umroh yang Halal dan Cuan, Klik di Sini

Bareksa Umroh

Untuk Smart Investor yang berniat untuk berangkat umroh, namun ingin dananya aman, berpotensi cuan dan sesuai prinsip syariah, maka bisa memanfaatkan fitur tabungan umroh di Bareksa Umroh. Sebab fitur ini menyediakan layanan menabung umroh dengan menempatkannya atau berinvestasi di reksadana syariah.

Dana Smart Investor disimpan dengan aman di bank kustodian yang pengelolaannya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Artinya, dana nasabah yang berinvestasi di Bareksa Umroh tidak disimpan di rekening perusahaan Bareksa dan agen travel, atau bahkan rekening pribadi pemilik perusahaan, sehingga tidak rawan penyimpangan atau penipuan.

Dana tersebut aman dan transparan tersimpan di bank kustodian dan juga tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia via AKSes KSEI. Artinya selain via aplikasi Bareksa, nasabah juga bisa memantau perkembangan tabungan umrohnya melalui AKSes KSEI. Ini bisa mengantisipasi kalau terjadi apa-apa atau eror di aplikasi Bareksa, dana tabungan umroh itu bisa dipantau via web atau aplikasi AKSes KSEI.

Di platform Bareksa Umroh, tersedia beragam paket umroh yang bisa Smart Investor pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan. Tabungan umroh di Bareksa Umroh menggunakan reksadana syariah yang halal dan sifatnya fleksibel dengan rencana Tabungan hingga tiga tahun.

Dengan fitur Bareksa Umroh di super app investasi Bareksa, Smart Investor bisa dengan mudah memantau perkembangan investasinya, dan menambah jumlah Tabungan Umroh dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa bekerja sama dengan mitra penyelenggara perjalanan umroh resmi yakni Khalifah Tour, Al Qadri dan Travel Umroh. Ketiga mitra penyelenggara itu telah memiliki izin penyelenggaraan umroh yakni Khalifah Tour dengan izin umroh nomor U.509 tahun 2021, Al Qadri dengan izin umroh nomor 816 tahun 2017, dan Travel Umroh dengan izin umroh nomor 1020 tahun 2019.

Siapkan Tabungan Umroh yang Aman dan Cuan Sekarang, Klik di Sini

Cara Siapkan Tabungan Umroh

Selain halal dan berpeluang memberikan imbal hasil lebih tinggi dari menyimpannya di tabungan biasa, juga aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di platform Bareksa Umroh smart investor bisa memilih beragam paket umroh sesuai kebutuhan dan kemampuan. Smart investor juga bisa melakukan simulasi atas investasi yang ditanamkan. Menyiapkan tabungan umroh di BareksaUmroh ada enam kelebihan :

1. Pasti Aman
Uang tabungan nasabah akan disimpan di reksadana syariah, sebagai instrumen investasinya. Tidak dipegang langsung oleh pihak travel atau agen penjual, melainkan disimpan di reksadana.

2. Layanan Lengkap
Layanan Bareksa Umroh terpadu dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan tabungan di reksadana syariah, pembelian paket umroh, keberangkatan umroh, hingga perjalanan pulang ke tanah air.

3. Serba Online
Pendaftaran dilakukan 100% online, dengan hanya menggunakan e-KTP. Proses tanda tangan juga dilakukan secara online menggunakan tanda tangan digital.

4. Terpercaya
Bareksa
bermitra dengan agen biro perjalanan (agen travel) yang sudah memiliki reputasi. Tiap mitra agen travel telah memiliki sertifikat untuk keberangkatan umroh yang diatur oleh Kementerian Agama.

5. Sesuai Syariah
Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksadana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001.

6. Fleksibel & Potensi Imbal Hasil
Top up tabungan umroh tidak mengikat, Smart Investor bebas top up kapanpun dan berapapun. Dengan reksadana syariah, tabungan berpotensi tumbuh dan meraih imbal hasil lebih besar dari tabungan bank atau deposito.

Siapkan Tabungan Umroh di Reksadana Syariah Sekarang, Klik di Sini

Kinerja Imbal Hasil Reksadana Syariah di Bareksa Umroh

Illustration

Sumber : Bareksa, kinerja per 14 Februari 2023

Investasi di reksadana syariah juga halal karena telah mendapatkan fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Siapkan tabungan umroh di platform Bareksa Umroh. Pilih produk yang sesuai dengan profil risiko.

Ketika membuka fitur Umroh di super app Bareksa, kamu bisa membuat simulasi mulai dari jumlah jemaah, target waktu pencapaian, dan target paket umroh yang ingin dibeli. Sesuai detail yang dipilih, akan muncul estimasi biaya, dengan asumsi kenaikan harga 3% per tahun. Dari simulasi itu, ada hitungan perkiraan nabung/dana yang perlu disiapkan per bulan.

Untuk gambaran, misalnya kamu ingin menyiapkan biaya umroh untuk dua orang dan target mengumpulkan semua biaya umroh pada Maret 2024. Perkiraan biaya umroh yang ingin dicapai adalah Umroh Series Makkah 9 Hari dari Khalifah Tour dengan harga paket umroh Rp28,9 juta per orang, atau total biaya umroh dua orang Rp57,8 juta.

Dengan asumsi kenaikan harga sekitar 3% per tahun, estimasi biaya umroh untuk 2 orang pada Maret 2024 mencapai Rp59,55 juta. Maka, dengan target tersebut, kamu perlu menabung rutin sekitar Rp4.795.730 per bulan atau setara Rp160 ribuan per hari selama 12 bulan.

Ayo menabung umroh di reksadana syariah di Bareksa Umroh dan wujudkan niat ke Tanah Suci!

Siapkan Tabungan Umroh di Reksadana Syariah Sekarang, Klik di Sini

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi reksadana syariah yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Buat tabungan umroh, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Tabungan umroh di Bareksa tidak mengikat pada pembelian paket dan keberangkatan umroh.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.775,36

Up0,54%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,74%
Up17,31%
Up44,99%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.326,18

Up0,93%
Up4,25%
Up0,03%
Up5,89%
Up18,89%
-

STAR Stable Income Fund

1.925,85

Up0,48%
Up2,96%
Up0,02%
Up6,01%
Up29,39%
Up64,87%

I-Hajj Syariah Fund

4.822,06

Up0,51%
Up3,05%
Up0,02%
Up6,14%
Up21,89%
Up40,51%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.140,38

Up0,49%
Up2,80%
Up0,02%
Up4,93%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua