Arab Saudi Terapkan Aturan Baru Umroh di 2023, Yuk Siapkan Modal ke Tanah Suci

Tabungan Umroh di Bareksa Umroh menggunakan reksadana syariah yang halal dan sifatnya fleksibel
Abdul Malik • 22 Sep 2022
cover

Ilustrasi pasangan suami istri bersiap untuk berangkat umroh. (Shutterstock)

Bareksa.com - Kementerian Agama menyatakan Pemerintah Arab Saudi akan memberlakukan sejumlah aturan baru dalam penyelenggaraan ibadah umroh 1444 Hijriyah/2023 Masehi. 

Direktur Umroh dan Haji Khusus Kementerian Agama, Nur Arifin mengatakan kebijakan Arab Saudi dalam penyelenggaraan umroh juga mengarah pada skema bussiness to customer atau B to C.

“Aturan baru yang diberlakukan Arab Saudi antara lain sudah tidak ada lagi batasan kuota umroh, tidak perlu lagi menggunakan visa umroh atau boleh dengan jenis visa lainnya,” ujarnya sebagaimana dilansir Ihram Republika (21/9/2022). 

Selain itu, proses permohonan visa juga tidak harus melalui provider di Indonesia, PPIU atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh) bisa langsung berhubungan dengan provider Arab Saudi. "Kebijakan itu diorientasikan sebagai bagian dari tahapan implementasi visi Saudi 2030," kata Nur.

Kasubdit Pengawasan Umroh Kementerian Agama, Noer Alya Fitra mengatakan terkait skema B to C, dalam Forum Group Discussion (FGD) bersama Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) disepakati sesuai amanah regulasi mengharuskan penyelenggaraan ibadah umroh wajib melalui PPIU.

"Kementerian Agama dan PPIU akan melakukan sosialisasi intensif terkait regulasi ini," kata Alya.

Jika nantinya regulasi baru tersebut diberlakukan, maka akan semakin memudahkan jemaah dalam menunaikan umroh. Apakah Kamu berniat menunaikan umroh? Dapat menunaikan umroh merupakan impian setiap umat Muslim selain menjalankan ibadah haji.

Ayo segera siapkan dananya untuk modal berangkat ke Tanah Suci.

Tabungan Umroh di Bareksa

Salah satu cara mudah mengumpulkan biaya umroh adalah dengan menabung. Agar Tabungan Umroh bisa optimal, Smart Investor bisa menabung di reksadana syariah menggunakan fitur Bareksa Umroh yang tersedia di super app investasi Bareksa. 

Tabungan Umroh di Bareksa Umroh menggunakan reksadana syariah yang halal dan sifatnya fleksibel dengan rencana Tabungan hingga tiga tahun. Dengan fitur Bareksa Umroh di super app Bareksa, Smart Investor bisa dengan mudah memantau dan menambah jumlah Tabungan Umroh di mana saja kapan saja.

Keuntungan Tabungan Umroh di Bareksa Umroh 

1. Pasti Aman

Uang tabungan umroh milik investor akan disimpan dalam reksadana syariah, sebagai instrumen investasinya. Tidak dipegang langsung oleh pihak travel atau agen penjual, melainkan disimpan di reksadana Bareksa.

2. Layanan Lengkap

Layanan Bareksa Umroh terpadu dari awal hingga akhir, mulai dari perencanaan tabungan di reksadana syariah, pembelian paket umroh, keberangkatan umroh, hingga perjalanan pulang ke tanah air.

3. Serba Online

Pendaftaran dilakukan 100% online, dengan hanya menggunakan e-KTP. Proses tanda tangan juga dilakukan secara online menggunakan tanda tangan digital.

4. Terpercaya

Bareksa bermitra dengan agen biro perjalanan (agen travel) yang sudah memiliki reputasi. Tiap mitra agen travel telah memiliki sertifikat untuk keberangkatan umroh yang diatur oleh Kementerian Agama.

5. Sesuai Syariah

Tidak perlu ragu tentang kehalalan produk ini, karena reksadana syariah dikelola berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor 20/DSN-MUI/IV/2001.

6. Fleksibel & Potensi Imbal Hasil

Menambah (top up) tabungan tidak mengikat, karena investor bebas top up kapanpun dan berapapun. Dengan reksadana syariah, tabungan umroh berpotensi tumbuh dan meraih imbal hasil lebih besar dari tabungan bank atau deposito.

Sumber: Bareksa Umroh per 22 September 2022

Tabungan Umroh menggunakan harga paket umroh dari mitra travel agent sebagai ilustrasi untuk mencapai target nilai tabungan, tapi tidak mengikat pada pembelian paket umroh. Ketika target biaya umroh sudah terkumpul, investor akan dikonfirmasi untuk mencairkan reksadana dan membeli paket umroh. ​

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER

Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Tabungan Umroh tidak mengikat pada pembelian paket. Harga paket umroh akan disesuaikan dengan harga pada keberangkatan.