BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

Kinerja Tetap Kinclong Saat Pandemi, Begini Simulasi Investasi Reksadana di Bareksa Umroh

Abdul Malik23 Oktober 2020
Tags:
Kinerja Tetap Kinclong Saat Pandemi, Begini Simulasi Investasi Reksadana di Bareksa Umroh
Ilustrasi keluarga Muslim ingin berangkat umroh dengan menabung di Bareksa Umroh. (Shutterstock)

Secara YtD, 3 reksadana syariah di Bareksa Umroh membukukan imbalan hingga 4,81 persen

Bareksa.com - Tiga reksadana syariah yang tersedia di platform Bareksa Umroh, membukukan kinerja positif sepanjang tahun ini, meskipun pasar modal bergejolak terdampak pandemi Covid-19. Menurut catatan Bareksa, tiga reksadana pasar uang syariah yang tersedia di Bareksa Umroh, yakni Syailendra Sharia Money Market Fund, Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra dan Cipta Dana Kas Syarih membukukan imbalan masing-masing 4,81 persen, 3,83 persen dan 2,62 persen secara year to date per 22 Oktober 2020.

Illustration

Sumber : Bareksa

Nilai imbalan tersebut jauh di atas kinerja indeks acuannya, yakni indeks reksadana pasar uang dan indeks reksadana pasar uang syariah yang mencatatkan imbalan minus 0,81 persen dan positif 1,34 persen YtD. Adapun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat masih minus 19,17 persen YtD per 22 Oktober 2020.

Promo Terbaru di Bareksa

Dengan begitu kinerja tiga reksadana pasar uang syariah di Bareksa Umroh tetap kinclong di masa pandemi saat ini. Hal ini mengingat reksadana pasar uang syariah memang memiliki karakter rendah risiko, sehingga minim terpengaruh gejolak pasar.

Illustration

Sumber : Bareksa

Bagi Anda yang ingin mulai menabung untuk umroh, berinvetasi di tiga reksadana syariah di Bareksa Umroh cukup menguntungkan di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian saat ini.

Bareksa Umroh merupakan platform yang menawarkan layanan rencana simpanan di reksadana syariah untuk membiayai perjalanan ibadah umroh. Calon jemaah bisa memilih tiga reksadana pasar uang syariah di platform ini untuk memulai rencana tabungannya. Dalam setahun terakhir (per 22 Oktober 2020), tiga reksadana pasar uang syariah di Bareksa Umroh membukukan imbalan 3,4 - 6 persen.

Illustration

Sumber : Bareksa

Soal kehalalan dari investasi dan imbalan di reksadana syariah tidak perlu diragukan lagi. Sebab, reksadana syariah ialah reksadana yang hanya dapat berinvestasi di efek keuangan yang sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah, dan terikat dengan batasan investasi yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sejumlah efek yang dapat dikategorikan sebagai efek bersifat syariah antara lain surat berharga syariah yang diterbitkan oleh Negara Republik Indonesia, efek yang diterbitkan oleh emiten atau perusahaan publik yang menyatakan bahwa kegiatan usaha serta cara pengelolaan usahanya dilakukan berdasarkan prinsip syariah sebagaimana tertuang dalam anggaran dasar, dan sukuk yang diterbitkan oleh emiten.

Adapun reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Illustration

Sumber : Bareksa

Simulasi Investasi Reksadana di Bareksa Umroh

Salah satu rencana yang tersedia di Bareksa Umroh, adalah Paket Umroh Barokah dengan estimasi biaya Rp23,5 juta. Dengan asumsi kita mengambil paket ini dengan jangka waktu persiapan dananya selama 36 bulan, maka per bulan sedikitnya kita harus menabung sekitar Rp652.778.

Illustration

Sumber : Bareksa

Andaikan kita berinvestasi di reksadana syailendra Sharia Money Market Fund senilai Rp652.778 per bulan selama 36 bulan sesuai dengan rencana tabungan kita untuk mengambil paket umroh Barokah di Bareksa Umroh, maka simulasinya akan menjadi seperti berikut ini :

Illustration

Sumber : Bareksa

Dengan mengandaikan kita telah menabung sejak 3 tahun lalu (36 bulan), maka saat ini kita telah berhasil mengumpulkan dana pokok investasi Rp23,5 juta yang cukup untuk digunakan membiayai paket umroh Barokah di Bareksa Umroh.

Tidak hanya itu, karena kita menabungnya di reksadana pasar uang syariah, maka kita berpotensi meraih imbal hasil. Dari hasil simulasi kita meraih imbalan 9,22 persen atau senilai Rp2,16 juta. Sehingga total dana pokok investasi dan imbal hasil yang berhasil kita kumpulkan jadi senilai Rp25,66 juta.

Imbalan investasi tersebut bisa kita gunakan untuk menambah uang saku perjalanan ibadah umroh kita, atau digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih urgent. Cukup ,menarik bukan?

Tertarik Mencoba?

Untuk diketahui, PT Bareksa Portal Investasi (Bareksa), yang mengoperasikan marketplace investasi terintegrasi Bareksa.com, pada 10 Juli 2019 secara resmi telah meluncurkan Bareksa Umroh, platform yang menawarkan layanan rencana simpanan di reksa dana syariah untuk membiayai perjalanan ibadah umrah. Informasi selengkapnya mengenai Bareksa Umroh klik tautan ini.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,36

Up0,41%
Up3,60%
Up0,02%
Up5,91%
Up19,01%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,83

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,22%
Up17,48%
Up42,87%

STAR Stable Income Fund

1.915,81

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,25%
Up30,81%
Up60,29%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.757

Down- 0,19%
Up3,05%
Up0,01%
Up4,62%
Up19,15%
Up47,74%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,38

Up0,12%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,94%
Down- 1,75%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua