Berita / SBN / Artikel

Di Tengah Gejolak Pasar Global, Apakah SBN Ritel seri SR017 Aman dan Cuan?

Pada Agustus 2022 ini, pemerintah akan kembali menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis syariah yakni SR017
Abdul Malik • 03 Aug 2022
cover

Ilustrasi investasi di Sukuk Negara Ritel (SR) termasuk SR017. (Shutterstock)

Bareksa.com - Gejolak pasar modal global berpotensi terus berlanjut. Belum juga usai gejolak pasar akibat konflik Rusia - Ukraina, kini pasar kembali dibayangi sentimen potensi ketegangan Amerika Serikat - China, dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Investor global mengkhawatirkan langkah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi yang melakukan kunjungan ke Taiwan pada Selasa (2/8) di tengah larangan Pemerintah China untuk berkunjung ke Negeri Formosa tersebut. 

Menurut analisis Bareksa, hal ini membuat investor khawatir ketegangan geopolitik antara China dan AS akan kembali terjadi, setelah pada 2019 lalu kedua negara bersitegang akibat perang dagang. Pelaku pasar juga melihat kunjungan Pelosi ke Taiwan akan jadi sebuah provokasi politik besar dari AS kepada China, yang secara tidak langsung ikut campur dalam ketegangan antara China dan Taiwan saat ini. 

Selain soal potensi memanasnya geopolitik AS - China, sentimen pasar saat ini juga masih dibayangi lonjakan inflasi dan perlambatan ekonomi global. Kemudian agresifnya kebijakan moneter Bank Sentral Negara Paman Sam, Federal Reserve (The Fed) juga menambah gonjang-ganjingnya pasar keuangan dunia. 

Sepanjang tahun ini hingga pembukaan perdagangan Rabu (3/8/2022), pasar saham nasional yang tercermin dari kinerja Indeks Harga Saham Gabungan mencatat kenaikan 5,25 persen di 7.017 pada pukul 09.45 WIB. Sedangkan pasar obligasi bulan Mei 2022 mengalami arus modal asing keluar (outflow) Rp32,12 triliun. Kemudian pada Juni 2022 outflow Rp15,51 triliun dan Juli outflow asing mencapai Rp29,15 triliun.

Di tengah beragamnya sentimen yang membayangi pasar modal sehingga berpotensi bergejolak, kira-kira instrumen apa investasi yang aman dan cuan? 

Investasi di SBN Ritel seri SR017

Pada bulan Agustus 2022 ini, pemerintah akan kembali menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis syariah yakni Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR017. Ini merupakan SBN Ritel seri keempat dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel seri kedua yang akan diterbitkan pemerintah di 2022.

Jadwal penerbitan SBN Ritel yang dirilis Kementerian Keuangan menyebutkan SR017 akan diterbitkan pada bulan ini, pada 19 Agustus 2022. Sebelumnya, pemerintah telah menerbitkan Obligasi Negara Ritel seri ORI021, Sukuk Negara Ritel seri SR016 dan Savings Bond Ritel seri SBR011.

SBN Ritel termasuk Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR017 yang dijadwalkan akan ditawarkan pada 19 Agustus - 14 September 2022, bisa dipilih oleh investor pemula dengan profil risiko konservatif dan jangka waktu pendek. Bagi investor dengan profil risiko moderat dan agresif, SR017 bisa dipilih sebagai bagian dari diversifikasi investasi.

Sukuk Negara Ritel (Sukuk Ritel) adalah produk investasi syariah atau juga disebut sebagai Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel yang ditawarkan oleh Pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia/WNI, sebagai instrumen investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

Keuntungan Investasi di SR017 

Pertama, pembayaran pokok investasi dan imbal hasilnya dijamin oleh pemerintah berdasarkan Undang-Undang tentang Surat Utang Negara dan dananya disediakan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) setiap tahunnya. Sehingga, semua jenis SBN Ritel hampir tidak memiliki risiko gagal bayar.

Kedua, investor berpartisipasi dalam membangun negara dengan turut menyediakan dana untuk pembangunan nasional.

Ketiga, pajak yang ditanggung investor atas imbal hasil SBN Ritel lebih kecil dibandingkan pajak pada instrumen investasi lainnya. Sebagai gambaran pajak atas imbal hasil SBN Ritel hanya 10 persen, jauh di bawah pajak bunga deposito 20 persen.

Keempat, imbal hasil yang diterima atas produk SBN Ritel lebih kompetitif dibandingkan instrumen investasi lainnya dan diterima setiap bulannya.

Kelima, SBN Ritel dapat dipinjamkan atau digadaikan kepada pihak lain, termasuk jaminan dalam rangka transaksi efek, sesuai kebijakan dan mengikuti ketentuan serta persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Keenam, berpotensi mendapatkan potential capital gain.

Mempertimbangkan bahwa salah satu keuntungan berinvestasi di SR017 ialah pembayaran pokok investasi dan imbal hasilnya dijamin oleh negara berdasarkan Undang-Undang, maka investasi di SR017 aman dan cuan. 

Sebab meskipun pasar modal bergejolak di tengah beragam sentimen global, imbal hasil SR017 yang bersifat tetap (fixed) hingga jatuh tempo tidak akan terpengaruh, jika investor membelinya di pasar perdana. Dengan begitu investor tetap bisa meraih cuan dari investasinya. Selain itu nilai pokok investasinya juga aman karena 100 persen dijamin oleh negara. 

Untuk mencairkan imbal hasil dan nilai pokok investasinya di SR017, investor juga tidak perlu repot datang ke agen penjual atau mitra distribusi. Sebab baik imbal hasil maupun pokok investasinya akan langsung ditransfer ke rekening investor.

Sehingga investor cukup duduk manis di rumah, sementara transferan cuan atau imbal hasil dari investasi SR017 tetap mengalir ke rekening investor setiap bulannya.

Tertarik investasi di SR017

(AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Belum memiliki akun di Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun di Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk Ritel di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.