BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Jual SBN Ritel Tradable di Bareksa Pasti Ada yang Beli, Ini Caranya

Hanum Kusuma Dewi04 September 2023
Tags:
Jual SBN Ritel Tradable di Bareksa Pasti Ada yang Beli, Ini Caranya
Ilustrasi menjual SBN Ritel tradable baik Sukuk Ritel (SR) maupun Obligasi Negara Ritel (ORI) di pasar sekunder melalui aplikasi Bareksa. (Shutterstock)

Setelah masa holding period, investor bisa menjual SBN Ritel seri SR019 melalui Bareksa tanpa harus tunggu jatuh tempo

Bareksa.com - Ada dua jenis Surat Berharga Negara (SBN) ritel yang bersifat tradable, alias bisa diperdagangkan di pasar sekunder, yaitu Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Sukuk Negara Ritel (SR). Sehingga, smart investor yang memiliki ORI atau SR tidak perlu menunggu jatuh tempo 3 tahun setelah pembelian untuk mencairkannya. Khusus untuk investor yang menjual melalui Bareksa, terdapat keunggulan karena SBN tersebut sudah pasti ada pembelinya dan transaksi bisa selesai dalam satu hari saja, bila mengikuti cut off time.

Seri SBN Ritel tradable yang sedang dalam masa penawaran saat ini adalah Sukuk Negara Ritel seri SR019 yang terdiri dari dua pilihan, yaitu SR019-T3 dengan tenor 3 tahun dan SR019-T5 dengan tenor 5 tahun. Surat Berharga Syariah Negara ini ditawarkan selama periode 1-20 September 2023.

Nah, buat Smart Investor yang tidak mau menunggu hingga jatuh tempo, jangan khawatir. Kamu bisa menjual SR019 di pasar sekunder segera setelah masa tunggu berakhir.

Promo Terbaru di Bareksa

Surat Berharga Syariah Negara ini memiliki masa tunggu atau disebut minimum holding period (MPH). Investor perlu menunggu sedikitnya tiga kali pembayaran imbalan (kupon) bulanan sebelum bisa menjualnya di pasar sekunder.

Menurut jadwal (tentatif) dari Kementerian Keuangan, pembayaran kupon pertama adalah pada 10 November 2023. Sementara itu, SR019 bisa diperdagangkan di pasar sekunder mulai 11 Januari 2024, atau setelah berakhirnya masa MPH.

Keunggulan Jual SBN Ritel Tradable melalui Bareksa

Kalau investor membeli SBN Ritel termasuk SR019 melalui Bareksa, investor juga bisa menjualnya melalui Bareksa, dengan platform yang tersedia dari mitra Bareksa, yaitu Binaartha Seukuritas. Keunggulannya adalah, SBN ritel yang investor jual melalui Bareksa pasti ada pembelinya (stand by buyer) dan transaksi bisa selesai dalam waktu 1 hari saja, bila dilakukan sesuai cut off time.

Sebagai informasi, proses setelmen (penyelesaian) di Binaartha mengikuti jadwal berikut ini

  • Transaksi pukul 00.00 - 14.59 WIB : 2 hari kerja bursa
  • Transaksi pukul 15.00 - 23.59 WIB : 3 hari kerja bursa

Selanjutnya, bila investor ingin menarik dana ke rekening pribadi, cut off time berlaku seperti berikut:

  • Tarik dana pukul 00.00 - 15.59 WIB : 1 hari kerja bursa (tarik dana pagi hari bisa cair di sore hari)
  • Tarik dana pukul 16.00 - 23.59 WIB : 2 hari kerja bursa

Hari kerja bursa adalah Senin-Jumat, tidak termasuk hari libur. Maka, bila investor melakukan penjualan hingga penarikan dana, paling cepat dana masuk ke rekening investor dalam 3 hari kerja bursa.

Contohnya, bila investor melakukan penjualan hari Senin dan sudah done, maka settlement bisa terjadi paling lambat di hari Rabu. Lalu, bila Rabu pagi investor langsung melakukan tarik dana, dana bisa langsung cair paling cepat di Rabu sore harinya.

Mekanisme Penjualan SBN Ritel Tradable di Bareksa

Teknisnya, SR019 dapat diperdagangkan di pasar sekunder dengan mekanisme transaksi di Bursa Efek melalui sistem ETP (Electronic Trading Platform) dan atau Transaksi di luar Bursa Efek (over the counter/OTC).

Dalam mekanisme bursa, investor yang ingin menjual atau membeli SR019 menyampaikan minat beli/jual ke Bursa Efek melalui sistem ETP. Kalau harga yang ditawarkan investor penjual dan investor pembeli sudah sesuai, transaksi penjualan diselesaikan melalui mekanisme bursa.

Transaksi di luar Bursa Efek (over the counter) dilakukan investor dengan cara melakukan negosiasi harga bersama dengan calon penjual atau pembeli SR019. Selanjutnya bank atau perusahaan efek yang ditunjuk akan menyelesaikan transaksi jual beli SR019.

Bila membeli SR019 di Bareksa, kamu bisa menjualnya lagi melalui Binaartha yang sudah bekerja sama dengan Bareksa. Bareksa akan membantu pembukaan rekening dana investor di Binaartha.

Lalu, investor yang ingin membeli SR019 di pasar sekunder juga bisa melalui Platform Binaartha sebagai perusahaan sekuritas yang melayani pembelian Surat Berharga Negara (PPE-EBUS-Perantara Pedagang Efek untuk Efek Bersifat Utang dan Sukuk).

Cara Jual SBN Ritel Tradable di Pasar Sekunder via Bareksa

Langkah Pertama: Membuat RDN

1. Buka Halaman SBN Bareksa

Dari halaman utama, klik ikon SBN (bendera merah putih)

Illustration

2. Lihat Portofolio SBN

Di dalam halaman SBN, lihat portofolio dari seri SBN yang kamu punya.

Illustration

3. Klik Lihat Detail

Dalam portofolio yang kamu punya, pilih satu produk SBN Ritel yang bersifat tradable, baik Sukuk Ritel (SR) maupun Obligasi Negara Ritel (ORI). Setelah itu klik Lihat Detail dari produk tersebut.

Illustration

4. Klik Hubungi CS Bareksa

Selanjutnya, scroll ke bagian bawah dan klik kotak untuk menghubungi CS Bareksa.

Illustration


5. Lengkapi Email

Sudah tampil template untuk email. Investor Bareksa perlu mengirimkan email ke CS Bareksa ([email protected]) dan menginformasikan berminat menjual SBN. Investor juga perlu melengkapi data berupa nama, NIK, dan Nomor SID.

Template email permohonan penjualan SBN seperti berikut:

To: [email protected]

Subject: Penjualan SBN (SR019)

Body text:

Dear Tim CS,

Mohon dibantu untuk memproses penjualan SBN ritel SR019 saya di pasar sekunder

Nama:

NIK:

Nomor SID:

6. Konfirmasi CS

Di hari yang sama, CS Bareksa akan membalas permintaan penjualan SBN dengan membuatkan RDN terlebih dahulu. Pembuatan RDN membutuhkan waktu maksimal dua hari kerja.

7. Email e-statement

Investor akan menerima email e-statement pembukaan RDN BCA beserta nomor rekening.

8. Terima User ID

Dalam e-mail terpisah, setelah pembukaan RDN, investor akan menerima credentials yaitu User ID dan password untuk masuk ke platform perdagangan SBN di Binaartha Fixed Income Trading System (fitsonline.binaartha.com). Selain itu, investor juga menerima passkey/secret key yang khusus digunakan untuk bertransaksi di dalam platform fitsonline.binaartha.com.

Illustration

Nah kalau kamu sudah menerima email ini, silakan lanjut ke langkah kedua.

Langkah Kedua: Transaksi SBN di Pasar Sekunder

Setelah investor memiliki RDN, investor dapat mengakses https://fitsonline.binaartha.com/ dan melakukan transaksi penjualan SBN.

1. Login

Akses halaman https://fitsonline.binaartha.com/

Illustration

Lalu, masukkan User ID dan password, seperti dalam email yang diterima sebelumnya.

2. Cek Portofolio

Di halaman Home, investor bisa melihat seri SBN yang dimiliki yang berwarna hijau, dan seri SBN yang tersedia untuk dibeli berwarna biru.

Investor juga dapat mengecek kepemilikan SBN di halaman My Portfolio. Pilih seri SBN yang ingin dijual, lalu klik tombol Sell.

Illustration

3. Isi Form Penjualan

Isi form penjualan berupa face value atau nilai nominal SBN yang ingin dijual. Minimal penjualan SBN adalah 1 unit atau dengan face value Rp1 juta. Setelah itu, klik tombol Check Quote

Illustration

4. Cek Harga

Berdasarkan form yang telah diisi sebelumnya, akan tampil harga SBNyang dalam hal ini ditunjukkan dalam persen. Misalnya harga 100,0000 artinya 100 persen dari harga par (harga saat penawaran). Artinya, bila investor menjual 1 unit, harganya sama dengan Rp1 juta.

Bila harga 101,0000 artinya 101 persen dari harga par, sehingga harganya menjadi Rp1.010.000. Kemudian, adalah kupon berjalan dalam rupiah, dan akan ditambahkan dalam nilai transaksi. Harga sudah tercermin dalam Transaction Amount.

Illustration


Setelah mengetahui harga, investor bisa memasukkan Secret Key dan klik Process. Maka, penjualan SBN akan diproses.

Potensi Capital Gain

Kalau investor menjual SR019 di pasar sekunder, harganya bisa saja berbeda dengan saat pembelian. Misal investor membeli 1 unit SR019-T3 saat penawaran harganya Rp1 juta. Harga ini disebut harga par, atau harga sama dengan harga pembelian.

Harga par direpresentasikan dengan nilai 100%. Sementara itu, di pasar sekunder, harga bila lebih besar atau lebih kecil dari harga par. Sebagai contoh, bila harga 101% berarti harga lebih tinggi dari harga par sehingga investor yang beli saat penawaran perdana dan menjual di harga 101% mendapatkan capital gain.

Sebaliknya bila harga di pasar sekunder hanya 99%, berarti harganya lebih kecil dari harga par. Sehingga, investor yang beli di masa penawaran dan menjual di harga 99% mendapatkan capital loss.

Baca juga SR019 Terbit Awal September, Kuy Kepoin SBN Ritel Mana Harga Jualnya Paling Premium?

Bareksa Salah Satu Midis SBN Terbaik

Sebagai salah satu mitra distribusi resmi SBN Ritel, platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia Bareksa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi Surat Utang Negara Ritel (Midis SUN) dengan Kinerja Terbaik 2021. Penghargaan sebagai Midis Terbaik Surat Berharga Negara (SBN) baik SUN maupunSurat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan yang keempat tahun secara beruntun diterima oleh Bareksa.

Perlu dicatat, Bareksa adalah satu-satunya fintech yang meraih penghargaan Midis SUN Terbaik Tahun 2021, bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa sebagai Mitra Distribusi baik untuk SUN maupun SBSN dari Kementerian Keuangan :

- Midis SUN Terbaik 2019
- Midis SUN Terbaik 2020
- Midis SUN Terbaik 2021
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam acara Stakeholders Gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu 2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta, pada 21 Desember 2022.

Karena itu tak ingin ketinggalan investasi di SR019? Segera daftar akun SBN di Bareksa sekarang, agar saat masa penawaran dibuka, Kamu tak kehabisan kuota pemesanan.

Siap-siap Beli SR019 di Sini

(hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua