BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

100% Aman Dijamin Negara, SBN Ritel ORI023 Cocok Buat Diversifikasi Investasi

Abdul Malik15 Juni 2023
Tags:
100% Aman Dijamin Negara, SBN Ritel ORI023 Cocok Buat Diversifikasi Investasi
Ilustrasi investor wanita sedang memikirkan untuk diversifikasi ke SBN Ritel seri ORI023. (shutterstock)

ORI023 ditawarkan pada 28 Juni hingga 20 Juli 2023

Bareksa.com - Don't put your eggs in one basket atau jangan meletakkan semua telur dalam satu keranjang, demikian salah satu prinsip berinvestasi yang perlu dilakukan oleh investor. Langkah itu untuk meminimalisir risiko investasi, sekaligus memaksimalkan potensi cuan alias keuntungan.

Dalam melakukan diversifikasi investasi, terkadang investor bingung menentukan instrumen investasi yang akan dipilih. Jangan khawatir, sebab Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI023 yang akan segera diterbitkan pemerintah bisa jadi salah satu alternatif diversifikasi investasi.

Rencananya Surat Berharga Negara (SBN) Ritel ORI023 ditawarkan oleh pemerintah pada 28 Juni hingga 20 Juli 2023.

Promo Terbaru di Bareksa

Illustration

Sumber: Kementerian Keuangan

Obligasi Negara Ritel (ORI) adalah Surat Utang Negara yang diterbitkan pemerintah untuk individu Warga Negara Indonesia (WNI) dan merupakan alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan, dengan karakteristik yaitu dapat diperdagangkan (tradable) di pasar sekunder.

Berbeda dengan ORI seri ORI001 hingga ORI022, pada seri ORI023 pemerintah akan menerbitkannya dalam dua tenor atau jangka waktu investasi berbeda, yakni ORI023-T3 yang memiliki tenor investasi 3 tahun dan ORI023-T6 dengan tenor investasi 6 tahun. Kepastian mengenai dua tenor investasi ORI023 akan disampaikan lebih lanjut oleh Kementerian Keuangan.

Terkait dua tenor investasi ini, seperti pada SBN Ritel 2023 seri sebelumnya, biasanya pemerintah akan menetapkan nilai maksimal pembelian dan target penerbitan berbeda. Selain itu, imbal hasil atau kupon yang ditawarkan juga akan berbeda.

Mengapa ORI023 bisa jadi pilihan untuk diversifikasi investasi? Sebab ORI023 punya sejumlah kelebihan dari instrumen investasi lainnya. Antara lain penerbitannya dijamin Undang-Undang Surat Utang Negara, Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, hingga peraturan menteri keuangan.

Selain itu, ada beragam keuntungan yang bisa diperoleh dengan berinvestasi di ORI023.

Siap-siap Beli ORI023 di Sini​​

10 Keuntungan Investasi ORI

Apa saja keuntungan yang akan diperoleh investor jika berinvestasi di ORI? Menurut Kementerian Keuangan dalam Memorandum Informasi ORI022 yakni Obligasi Negara Ritel yang terakhir diterbitkan sebelum ORI023, berikut 10 keuntungan berinvestasi di ORI:

Pertama, pembayaran kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang SUN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya

Kedua, pada saat diterbitkan, kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Ketiga, kupon dengan tingkat bunga tetap sampai dengan waktu jatuh tempo

Keempat, kupon dibayar setiap bulan

Kelima, kemudahan akses untuk melakukan transaksi pembelian melalui sistem elektronik

Keenam, dapat diperdagangkan di pasar sekunder melalui mekanisme bursa, transaksi di luar bursa (over the counter), dan/atau melalui sistem electronic trading platform (ETP).

Ketujuh, tersedianya informasi harga yang wajar atau sedang terjadi di pasar sekunder dari mitra distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan mitra distribusi

Kedelapan, berpotensi memperoleh keuntungan bila ORI dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di pasar sekunder

Kesembilan, dapat dijaminkan kepada pihak lain, antara lain jaminan dalam pengajuan pinjaman pada bank umum, lembaga keuangan lainnya, atau jaminan dalam rangka transaksi efek. Kebijakan peminjaman atau penjaminan ORI mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak

Kesepuluh, memperoleh kesempatan untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional

Siap-siap Beli ORI023 di Sini

Bareksa Salah Satu Midis SBN Terbaik

Sebagai salah satu mitra distribusi resmi SBN Ritel, platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia Bareksa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi Surat Utang Negara Ritel (Midis SUN) dengan Kinerja Terbaik 2021. Penghargaan sebagai Midis Terbaik Surat Berharga Negara (SBN) baik SUN maupun Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan yang keempat tahun secara beruntun diterima oleh Bareksa.

Perlu dicatat, Bareksa adalah satu-satunya fintech yang meraih penghargaan Midis SUN Terbaik Tahun 2021, bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa sebagai Mitra Distribusi baik untuk SUN maupun SBSN dari Kementerian Keuangan :

- Midis SUN Terbaik 2019
- Midis SUN Terbaik 2020
- Midis SUN Terbaik 2021
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam acara Stakeholders Gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu 2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta, pada 21 Desember 2022.

Karena itu tak ingin ketinggalan investasi di SBN Ritel di 2023? Segera daftar akun SBN di Bareksa sekarang, agar saat masa penawaran dibuka, kamu tak kehabisan kuota pemesanan.

Siap-siap Beli ORI023 di Sini

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua