BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Jadwal 4 Seri SBSN Ritel 2023, Ayo Siap-siap Daftar Akun SBN di Bareksa

Hanum Kusuma Dewi05 Januari 2023
Tags:
Jadwal 4 Seri SBSN Ritel 2023, Ayo Siap-siap Daftar Akun SBN di Bareksa
Ilustrasi seorang investor memegang kalender 2023 untuk mencatat jadwal penerbitan SBN Ritel, termasuk SBSN dan SUN ritel 2023. (Shutterstock)

Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) adalah investasi syariah yang dijamin oleh pemerintah

Bareksa.com - Ingin mencari investasi syariah yang aman dengan imbal hasil menarik? Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) bisa jadi pilihan karena dijamin negara dan sesuai prinsip syariah. Menurut rencana, akan ada 4 seri SBSN ritel yang terbit 2023.

SBSN ritel adalah bagian dari Surat Berharga Negara (SBN) ritel yang dikelola dengan prinsip syariah. Selain itu, akan ada juga SBN ritel seri konvensional yang dikenal juga sebagai Surat Utang Negara (SUN).

Selain itu, jenis SBN ritel juga dibagi menjadi berikut ini. Jenis SUN Ritel ada dua, yaitu Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Savings Bond Ritel (SBR), sedangkan SBSN Ritel terdiri dari Sukuk Tabungan (ST) dan Sukuk Ritel (SR).

Promo Terbaru di Bareksa

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan sudah mengeluarkan jadwal tentatif untuk penerbitan SBSN Ritel 2023. Sementara itu, jadwal penerbitan SBN Ritel 2023 secara lengkap, termasuk SUN Ritel sampai dengan saat ini masih dalam proses finalisasi.

Baca juga Penawaran SBN Ritel 2023 Akan Mulai Januari, Seri SBR012 Jadi Pembuka

Ada empat seri SBSN Ritel 2023 yang bisa dibeli oleh investor secara online melalui mitra distribusi, termasuk Bareksa. Seri SBSN ritel 2023 tersebut adalah Sukuk Ritel seri SR018 dan SR019, serta Sukuk Tabungan seri ST010 dan ST011. Berikut rinciannya jadwalnya.

Jadwal Penerbitan SBSN Ritel 2023 (Tentatif)

SR018

3-29 Maret 2023

5 April 2023

27

ST010

5-24 Mei 2023

31 Mei 2023

20

SR019

18 Agustus - 13 September 2023

10 September 2023

27

ST011

3-29 November 2023

6 Desember 2023

27

Sumber: DJPPR Kemenkeu

SBN Ritel hanya dapat dibeli selama masa penawaran berlangsung. Selain itu, SBN Ritel hanya dapat dibeli di mitra distribusi resmi yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan, salah satunya Bareksa.

Perlu dicatat juga, ada kuota untuk penerbitan SBN ritel dan melihat penawaran sebelumnya, karena keterbatasan kuota ini maka penawaran bisa ditutup lebih awal. Smart Investor yang berminat investasi SBN Ritel baiknya segera daftar sekarang sehingga sudah punya akun ketika penawaran dibuka nanti.

Siap-siap Investasi di SBN Ritel, Daftar Sekarang, Klik di Sini

Jenis-Jenis SBN Ritel

Secara umum, ada empat jenis SBN Ritel yang ditawarkan pemerintah secara online, yaitu Obligasi Negara Ritel Indonesia (ORI), Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST) dan Sukuk Ritel (SR).

Menurut sifat pengelolaannya, SBN Ritel dibagi menjadi dua tipe yaitu konvensional dan syariah. SBN Ritel konvensional adalah ORI dan SBR, sementara yang syariah adalah SR dan ST.

Grafik Jenis-Jenis SBN Ritel

Illustration

Sumber: Bareksa.com

Masing-masing seri ini memiliki perbedaan dari segi tenor atau jangka waktu, kupon (imbal hasil), perdagangan di pasar sekunder, hingga pernyataan halal. Penjelasan lengkap mengenai perbedaan seri ORI, SBR, SR dan ST dapat dilihat dalam artikel berikut ini.

Baca juga SBN Ritel 2023 Segera Terbit, Ini Jenis dan Perbedaan ORI, SBR, Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan

Berdasarkan sifat untuk perdagangan di pasar sekunder, obligasi negara ini dibagi menjadi tradable dan non-tradable. SBN tradable bisa diperdagangkan di pasar sekunder sehingga tidak perlu tunggu jatuh tempo. Contohnya adalah ORI dan SR.

Sementara itu, SBN non-tradable tidak bisa dijual di pasar sekunder, sehingga investor harus menunggu hingga jatuh tempo biasanya 2 tahun. Namun, ada fasilitas early redemption, yaitu pencairan awal setelah 12 bulan dengan syarat tertentu.


Mau Raih Cuan dari Investasi di SBN Ritel, Klik di Sini

Bareksa Salah Satu Midis SBN Terbaik

Sebagai salah satu mitra distribusi resmi SBN Ritel, platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia Bareksa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi Surat Utang Negara Ritel (Midis SUN) dengan Kinerja Terbaik 2021. Penghargaan sebagai Midis Terbaik Surat Berharga Negara (SBN) baik SUN maupun Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan yang keempat tahun secara beruntun diterima oleh Bareksa.

Perlu dicatat, Bareksa adalah satu-satunya fintech yang meraih penghargaan Midis SUN Terbaik Tahun 2021, bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa sebagai Mitra Distribusi baik untuk SUN maupun SBSN dari Kementerian Keuangan :

  • Midis SUN Terbaik 2019

  • Midis SUN Terbaik 2020

  • Midis SUN Terbaik 2021

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam acara Stakeholders Gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu 2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta, pada 21 Desember 2022.

Smart Investor tak ingin ketinggalan investasi di SBN Ritel di 2023? Segera daftar akun SBN di Bareksa sekarang, agar saat masa penawaran dibuka, kamu bisa langsung pesan. Mengingat SBN ritel ini banyak peminatnya dan kuota terbatas hanya tersedia saat masa penawaran. Investasi di SBN Ritel di Midis Terbaik Bareksa, Klik di Sini


(hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua