Berita / SBN / Artikel

Jadwal Kuota ST009 Ditambah Dua Kali Sehari, Ayo Pesan Green Sukuk Ritel

Penawaran ST009 masih dibuka sampai 30 November 2022 selama kuota tersedia
Hanum Kusuma Dewi • 21 Nov 2022
cover

Ilustrasi investasi sukuk tabungan ST009 yang disebut Green Sukuk Ritel. Investasi syariah ini menawarkan imbal hasil menarik 6,15% per tahun dengan sistem floating with floor sehingga diburu oleh investor. (Shutterstock)

Bareksa.com -Smart Investor yang ingin berinvestasi menguntungkan sambil bantu negara bisa pilih Sukuk Tabungan ST009. Produk yang disebut sebagai Green Sukuk Ritel ini laris diburu investor sehingga kuotanya cepat habis, padahal jadwal masa penawaran masih berlangsung hingga 30 November 2022. 

Setelah pekan lalu ST009 habis dipesan Rp7,5 triliun, kuota ST009 kini terus ditambah. Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (DJPPR) Kemenkeu mengumumkan pada mitra distribusi bahwa mulai 21-25 November 2022, kuota nasional ST009 ditambah Rp200 miliar masing-masing pada pukul 8:00 WIB dan pukul 14:00 WIB. 

Sementara itu, untuk tanggal 26-28 November 2022, penambahan kuota ST009 hanya dilakukan sekali setiap hari pada pukul 08:00 WIB sebesar Rp100 miliar.

Sebagai catatan, jenis Surat Berharga Negara Ritel atau SBN Ritel dengan pengelolaan syariah ini hanya bisa dipesan selama masa penawaran 11-30 November 2022. ST009 punya jangka waktu 2 tahun dan tidak bisa diperdagangkan (non-tradable) di pasar sekunder. 

Keuntungan ST009

Satu hal yang menjadi karakter pendorong ST009 terus diburu investor adalah keuntungan atau imbal hasilnya yang sebesar 6,15% per tahun. Imbal hasil ini bersifat floating with floor alias bisa naik tapi tidak bisa turun dari batas minimal. 

Investor bisa membeli ST009 dengan modal terjangkau, mulai dari Rp1 juta per unit. Kelipatan pemesanan ST009 juga sebesar Rp1 juta hingga maksimum pemesanan sebesar Rp2 miliar per investor selama masa penawaran 11-30 November 2022. 

Simulasi Imbal Hasil ST009 Jika Investasi Rp1 Juta – Rp2 Miliar 

Sumber : Kementerian Keuangan 

Seperti tertera dalam tabel, jika Smart Investor berinvestasi di ST009 senilai Rp1 juta, maka akan mendapatkan imbalan bersih Rp4.613 per bulan. 

Pembayaran kupon ST009 dilakukan per bulan, sehingga bisa menjadi passive income bagi para investornya. Adapun kupon pertama ST009 akan dibayarkan pada 10 Januari 2023 yang berupa long coupon

Imbal hasil ST009 ini terbilang sangat menarik, apalagi bila dibandingkan dengan bunga deposito. Suku bunga bank yang dijamin oleh LPS saat ini di 3,75%. Selain itu, pajak yang dikenakan pada SBN Ritel kini lebih rendah menjadi hanya 10%, sedangkan pajak deposito 20%. 

Di samping itu, banyak keuntungan dan manfaat dari investasi Green Sukuk Ritel ini. Termasuk bisa membantu negara di proyek-proyek berwawasan lingkungan.

Lihat juga : Green Sukuk Ritel ST009 Resmi Diluncurkan, Catat 18 Syarat dan Ketentuan Investasinya

Khusus buat Smart Investor Bareksa, ada promo dengan hadiah hingga Rp2 juta berupa reksadana untuk pembelian ST009 di Bareksa. Simak juga syarat ketentuan Promo ST009 Freedom di sini

(Hanum Kusuma Dewi)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.