BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

5 Manfaat dan 8 Keuntungan Investasi Sukuk Tabungan Seri ST009

Abdul Malik14 November 2022
Tags:
5 Manfaat dan 8 Keuntungan Investasi Sukuk Tabungan Seri ST009
Ilustrasi investor wanita muslim sedang mencari tahu tentang keuntungan investasi dan manfaat ST009 di Bareksa. (shutterstock)

ST009 dapat dibeli selama masa penawaran di mitra distribusi yang salah satunya Bareksa

Bareksa.com - Pemerintah sedang gencar menawarkan Green Sukuk Ritel - Sukuk Tabungan (ST) seri ST009. Sebagai investor, kamu perlu mengetahui apa manfaat dan keuntungan seri Surat Berharga Negara (SBN) Ritel terakhir yang diterbitkan pemerintah di tahun ini.

Untuk diketahui, investor bisa membeli ST009 secara online selama masa penawaran berlangsung di mitra distribusi, yang salah satunya Bareksa.

Masa penawaran Surat Berharga Negara (SBN) Ritel seri keenam atau yang terakhir di 2022 itu berlangsung selama 20 hari, atau akan ditutup pada 30 November 2022. ST009 memiliki tenor investasi 2 tahun dan akan jatuh pada 10 November 2024.

Promo Terbaru di Bareksa

Manfaat Sukuk Tabungan

Kementerian Keuangan menyebutkan setidaknya ada 5 manfaat dari penerbitan sukuk tabungan. Berikut manfaat penerbitan sukuk tabungan termasuk ST009:

  • Pertama, membiayai APBN termasuk membiayai pembangunan proyek infrastruktur.
  • Kedua, memperluas basis investor Surat Berharga Negara di pasar domestik.
  • Ketiga, menyediakan alternatif instrumen investasi ritel yang berbasis syariah.
  • Keempat, mendukung pengembangan pasar keuangan syariah di tanah air.
  • Kelima, mendorong transformasi masyarakat menuju investment oriented society.

Keuntungan Investasi ST009

Investasi Sekarang

Sementara itu ada delapan keuntungan yang akan diperoleh investor jika berinvestasi ST009. Memorandum Informasi ST009 menyebutkan keuntungan investasi ST009 yakni:

1. Pembayaran Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal Sukuk Tabungan seri ST009 dijamin oleh Negara berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN setiap tahunnya, sehingga Sukuk Tabungan seri ST009 tidak mempunyai risiko gagal bayar.

2. Pada saat diterbitkan, Imbalan/Kupon ST009 ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara.

3. Imbalan/Kupon mengambang dengan jaminan kupon minimal (floor) sampai dengan Tanggal Jatuh Tempo.

4. Imbalan/Kupon ST009 dibayar setiap bulan.

5. Terdapat fasilitas Early Redemption tanpa dikenakan Redemption Cost.

6. Kemudahan akses untuk melakukan Pemesanan Pembelian dan pengajuan Early Redemption melalui Sistem Elektronik.

7. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

8. Memberikan akses kepada investor untuk berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Kupon ST009 Floating with Floor

ST009 menawarkan imbal hasil 6,15% per tahun, bersifat floating with floor atau kupon mengambang dengan batas minimal. Dengan selisih tetap 1,4% terhadap suku bunga acuan Bank Indonesia, maka imbal hasil ST009 berpotensi naik saat suku bunga BI naik, namun tidak bisa turun lebih rendah daripada batas minimal 6,15%. Setelah dipotong pajak, imbal hasil bersih ST009 senilai 5,535% jauh lebih menarik dari bunga deposito.

Imbal hasil ST009 dibayarkan setiap bulan langsung ke rekening investor. Sehingga Smart Investor tidak perlu repot-repot untuk mencairkannya ke bank. Cukup mager di rumah sambil menjalankan aktivitas kesukaan, transferan kupon ST009 langsung masuk rekening. Kamu bisa memaksimalkan investasi di ST009 dengan nilai pembelian hingga Rp2 miliar atau 2.000 unit per individu. Nilai minimal investasi ST009 senilai Rp1 juta.

Bagi Kamu para pejuang cuan, jangan sampai ketinggalan investasi di ST009. Sebab tingginya minat investor terhadap instrumen investasi anti riba dan berwawasan pelestarian lingkungan ini berpotensi terus meningkat. Sehingga tidak menutup kemungkinan, kuota pemesanan habis dan Smart Investor ketinggalan untuk investasi.

Baca juga Kemenkeu Umumkan Kupon ST009 6,15% per Tahun, Imbal Hasil Floating with Floor

Promo ST009 di Bareksa

Investasi Sekarang

Biar makin semangat investasi, khusus investor level Freedom di Bareksa, ada promo spesial ST009 dengan hadiah cashback reksadana senilai 0,1% dari nilai pembelian dengan maksimal cashback Rp2 juta. Caranya, hanya cukup membeli ST009 senilai minimal Rp1 miliar dengan kode promo PLATST09.

Syarat dan Ketentuan Promo ST009 Freedom

1. Periode promo 11 - 30 November 2022
2. Pembelian berlaku untuk produk SBN seri ST009 dengan memasukkan kode promo PLATST09
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 8 Desember 2022 melalui RM dan email
5. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindahtangankan
6. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
7. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
8. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Ayo pesan Green Sukuk Ritel ST009 di Bareksa sekarang. Investasi sambil bantu negara, dan raih kesempatan dapat hadiah menarik.

Lihat juga : Green Sukuk Ritel ST009 Resmi Diluncurkan, Catat 18 Syarat dan Ketentuan Investasinya

(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua