BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Minim Risiko, Green Sukuk Ritel ST009 Cocok Buat Investor Pemula dan Juragan UMKM

Abdul Malik18 November 2022
Tags:
Minim Risiko, Green Sukuk Ritel ST009 Cocok Buat Investor Pemula dan Juragan UMKM
Ilustrasi seorang wanita pemilik usaha berpikir untuk investasi di SBN Ritel selain reksadana. (shutterstock)

Risiko gagal bayar hampir tidak ada jika berinvestasi di Sukuk Tabungan, sebab pembayaran pokok dan imbalan dijamin oleh negara dan Undang-Undang

Bareksa.com -Green Sukuk Ritel - Sukuk Tabungan (ST) seri ST009 bisa jadi instrumen investasi pilihan buat investor pemula maupun juragan atau bos usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Selain menawarkan imbal hasil atau kupon menarik, ST009 juga minim risiko.

ST009 bisa dibeli selama masa penawaran pada 11 - 30 November 2022. Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis syariah ini menawarkan imbal hasil 6,15% per tahun dengan fitur kupon mengambang dengan batas minimal (floating with floor). Besaran imbal hasil tersebut, menarik sebab bisa naik saat suku bunga acuan Bank Indonesia naik, namun tidak bisa turun lebih rendah dari batas minimal 6,15%.

Setelah dipotong pajak 10%, imbal hasil bersih ST009 masih 5,535% per tahun. Besaran imbalan itu jauh lebih menarik dari deposito perbankan yang saat ini menawarkan bunga rata-rata 3,53% (Pusat Data Kontan per 16/11/2022). Bunga deposito masih dipotong pajak 20%, sehingga rata-rata bunga bersih deposito perbankan saat ini 2,824%.

Promo Terbaru di Bareksa

Untuk berinvestasi ST009, hanya perlu modal minimal Rp1 juta untuk 1 unit dan maksimal Rp2 miliar atau 2.000 unit.

Risiko Investasi di ST009 dan Cara Mitigasinya

Meskipun menawarkan cuan dengan fitur menarik, sebagai instrumen investasi, ST009 juga memiliki risiko. Setidaknya ada tiga risiko berinvestasi di ST009. Berikut penjelasan risiko berinvestasi di Sukuk Tabungan berdasarkan Memorandum Informasi Sukuk Tabungan seri ST009, yang diterbitkan pemerintah melalui Kementerian Keuangan :

1. Risiko gagal bayar (default risk)

adalah risiko apabila investor tidak dapat memperoleh pembayaran dana yang dijanjikan oleh Penerbit pada saat produk investasi jatuh tempo baik imbalan/kupon dan nilai nominal Sukuk Tabungan seri ST009.

Sebagai instrumen pasar modal, ST009 termasuk instrumen yang bebas risiko (risk free instrument) karena pembayaran imbalan/kupon dan nilai nominal Sukuk Tabungan seri ST009 dijamin oleh Pemerintah berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN.

2. Risiko likuiditas (liquidity risk)

adalah kesulitan dalam menjual ST009 sebelum jatuh tempo apabila investor memerlukan dana tunai. ST009 memiliki risiko likuiditas karena tidak dapat diperdagangkan dan tidak dapat dialihkan. Namun ST009 dapat dicairkan sebelum jatuh tempo dengan memanfaatkan fasilitas early redemption.

3. Risiko pasar (market risk)

Risiko pasar pada instrumen sukuk antara lain berupa risiko terjadinya perubahan tingkat imbal hasil di pasar (reference rate) yang berpotensi merugikan investor.

ST009 tidak memiliki risiko akibat terjadinya perubahan tingkat imbal hasil di pasar karena tingkat imbalan/kupon ST009 yang ditetapkan pada saat penerbitan merupakan jaminan tingkat imbalan/kupon minimal (floor) yang akan diterima investor sampai dengan jatuh tempo.

Baca juga Kemenkeu Umumkan Kupon ST009 6,15% per Tahun, Imbal Hasil Floating with Floor

Promo Investasi ST009

Biar makin semangat investasi, khusus investor level Freedom di Bareksa, ada promo spesial ST009 dengan hadiah cashback reksadana senilai 0,1% dari nilai pembelian dengan maksimal cashback Rp2 juta. Caranya, hanya cukup membeli ST009 senilai minimal Rp1 miliar dengan kode promo PLATST09.

Syarat dan Ketentuan Promo ST009 Freedom

1. Periode promo 11 - 30 November 2022
2. Pembelian berlaku untuk produk SBN seri ST009 dengan memasukkan kode promo PLATST09
3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa
4. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 8 Desember 2022 melalui RM dan email
5. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan
6. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
7. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa
8. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Ayo pesan Sukuk Tabungan seri ST009 di Bareksa sekarang. Investasi sambil bantu negara, dan raih kesempatan dapat hadiah menarik

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua