BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Ingin Lanjutkan Perjuangan Para Pahlawan? Kamu Bisa Investasi di ST009

Abdul Malik10 November 2022
Tags:
Ingin Lanjutkan Perjuangan Para Pahlawan? Kamu Bisa Investasi di ST009
Ilustrasi investor generasi milenial yang bercita-cita ingin melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan berinvestasi di SBN Ritel, salah satunya ST009. (Shutterstock)

Dengan berinvestasi di ST009, Kamu ikut berpartisipasi aktif dalam aksi bela negara untuk mendukung pembiayaan pembangunan dan menjaga kelestarian bumi

Bareksa.com - Hari ini, tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan pahlawan dimaknai sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran atau pejuang yang gagah berani. ​​

Sementara pahlawan dalam arti luas bisa siapa saja, yang berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungannya. Sesuai konteks zaman now, pahlawan bukan lagi diartikan secara sempit sebagai seorang yang berjuang melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan.

Kamu pun bisa melanjutkan perjuangan para pahlawam, dengan cara aksi membela negara guna mendukung pembiayaan pembangunan dan menjaga kelestarian bumi. Salah satunya dengan berinvestasi di Green Sukuk Ritel - Sukuk Tabungan seri ST009, yang masa penawarannya dibuka Jumat, 11 November 2022.

Promo Terbaru di Bareksa

Mengapa demikian? Selain mendukung pembiayaan pembangunan negara, dengan investasi di ST009, maka Kamu juga turut membantu pengembangan pasar keuangan syariah di Indonesia. Meskipun berjenis syariah, namun investasi di Sukuk Tabungan ST009 bisa dilakukan siapa saja, tanpa mensyaratkan latar belakang agama dan kepercayaan tertentu.

Selain itu, dengan investasi Sukuk Tabungan seri ST009, maka Kamu juga berpartisipasi dalam mengatasi perubahan iklim, yang diwujudkan melalui penerbitan instrumen pembiayaan yang inovatif dan berkelanjutan.

ST009 hanya bisa dibeli selama masa penawaran berlangsung di mitra distribusi SBN Ritel yang ditetapkan Kementerian Keuangan. Bareksa merupakan salah satu mitra distribusi resmi SBN Ritel.

ST009 adalah obligasi pemerintah jenis syariah untuk investor ritel dengan jangka waktu investasi 2 tahun. Produk ini tidak bisa dijual sebelum jatuh tempo atau diperdagangkan (non-tradable) di pasar sekunder. Namun, ST009 memiliki fasilitas early redemption atau bisa dicairkan lebih awal setelah 12 bulan dari pembelian.

Investasi Sekarang

Imbal Hasil ST009

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan menetapkan kupon atau imbal hasil Sukuk Tabungan seri ST009 sebesar 6,15% per tahun. Sifat kupon ST009 adalah floating with floor alias bisa naik tapi tidak bisa turun dari acuan. Dibandingkan suku bunga acuan Bank Indonesia, yakni BI 7 Days Reverse Repo Rate yang saat ini di level 4,75%, maka selisih (spread) imbal hasilnya 1,4% atau 140 basis poin (bps).

"Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko menetapkan tingkat imbalan ST009 untuk periode pertama adalah sebesar 6,15% per tahun, tingkat imbalan ini berlaku sebagai tingkat imbalan minimal (floor). Spread tetap terhadap Bank Indonesia -7 Day Reverse Repo Rate sebesar 140 bps," ungkap DJPPR Kemenkeu dalam pesan singkatnya kepada mitra distribusi (9/11/2022).

Kupon ST009 memiliki sifat mengambang dilengkapi dengan batas bawah (floating with floor). Artinya, kupon bisa naik bila suku bunga acuan naik, tetapi tidak akan turun lebih rendah daripada batas minimal. Selanjutnya, imbal hasil akan di-review setiap 3 bulan sekali mempertimbangkan perubahan BI 7DRRR. Tanggal berlakunya kupon baru setelah review adalah per 11 Februari, 11 Mei,11 Agustus, 11 November setiap tahun.

Menurut jadwal penerbitan ST009, pemerintah pada hari ini, Rabu 9 November 2022 rencananya akan menetapkan besaran kupon atau imbal hasil ST009.

Jadwal Penerbitan Sukuk Tabungan ST009

Tanggal

Keterangan

9 November 2022

Tanggal Penetapan Kupon

11 November 2022

Launching

11 November 2022 (pukul 9:00 WIB) - 30 November 2022 (pukul 10:00 WIB)

Masa Penawaran

5 Desember 2022

Penetapan

7 Desember 2022

Setelmen

10 Januari 2023

Kupon Pertama (Long Coupon)

25 Oktober 2023 - 3 November 2023

Periode Early Redemption

10 November 2023

Setelmen Early Redemption

10 November 2024

Jatuh Tempo

Sumber: DJPPR Kemenkeu

Sebagai catatan, setelmen atau tanggal penerbitan adalah tanggal dimulainya penghitungan kupon.

Apa itu Sukuk Tabungan?

Sukuk Tabungan adalah satu jenis Surat Berharga Negara untuk masyarakat individu yang dikelola dengan prinsip syariah atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Sukuk adalah bukti kepemilikan sebagian aset negara yang disewakan kepada pemerintah dan bukan surat utang.

​Sukuk Tabungan (ST), sesuai dengan namanya, memiliki sifat yang mirip dengan tabungan atau deposito bank, tetapi uang investor akan digunakan untuk membiayai proyek hijau (green projects) pemerintah. Sukuk Tabungan memiliki jangka waktu atau masa berlaku dua tahun.

Investasi syariah ini ditawarkan untuk masyarakat dengan modal yang terjangkau. Sebagai gambaran, pada penerbitan Sukuk Tabungan seri ST008 yang ditawarkan pada 1-17 November 2021, nilai minimal pemesanan ST ditetapkan Rp1 juta (1 unit) dengan kelipatan Rp1 juta hingga Rp1 miliar (1.000 unit) per orang selama masa penawaran.

Bagi investor yang memegang prinsip-prinsip Islami, Sukuk Tabungan bisa menjadi pilihan karena bebas dari unsur riba (bunga), maysir (judi) dan gharar (ketidakpastian). Segala informasi tentang struktur, keuntungan, dan tanggal jatuh tempo sukuk dapat dibaca dalam memorandum informasi yang diterbitkan oleh Kementerian Keuangan.

Sukuk Tabungan bisa dimiliki oleh siapa saja Warga Negara Indonesia tanpa batasan latar belakang agama atau kepercayaan.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.





Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua