BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Dirjen PPR Kemenkeu, Suminto : Peran Investor Milenial dan Gen Z di SBN Ritel Terus Meningkat

Abdul Malik07 November 2022
Tags:
Dirjen PPR Kemenkeu, Suminto : Peran Investor Milenial dan Gen Z di SBN Ritel Terus Meningkat
Suminto saat dilantik oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan yang baru pada Selasa, 1 November 2022. (Dok. Kemenkeu)

Peran generasi milenial dan generasi Z terus tumbuh dari sisi jumlah investor maupun sizenya

Bareksa.com - Suminto, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan mengatakan potensi investor generasi milenial dan Z dalam Surat Berharga Negara (SBN) Ritel sangat besar. Hal ini terbukti, sejak penjualan secara online, peran generasi milenial dan Z di SBN Ritel terus meningkat.

Menurut Suminto, selama ini investor generasi milenial mendominasi pembelian instrumen SBN Ritel dari sisi jumlah investor, sekitar 58%. Sedangkan investor generasi Z, walaupun masih sedikit dari sisi jumlah investor dan nominal investasinya, namun menunjukkan perkembangan yang cukup konsisten.

"Generasi milenial dan Z terus tumbuh, baik jumlah investor maupun sizenya. Generasi milenial bahkan selalu menjadi investor mayoritas dalam beberapa penerbitan SBN Ritel terakhir terutama setelah pemesanan dilakukan secara online," kata Suminto kepada Bareksa akhir pekan lalu.

Promo Terbaru di Bareksa

Sebagai gambaran, dalam penjualan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI022 yang masa penawarannnya berlangsung pada 26 September - 20 Oktober 2022, kontribusi generasi milenial dan Z masing-masing 45,6% dan 1,9% dari total jumlah investor. Penjualan ORI022 senilai Rp13 triliun.

Senada, Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Deni Ridwan menjelaskan generasi milenial masih terus mendominasi investor SBN Ritel, termasuk pada ORI021 dan SR017 yang merupakan dua dari lima SBN Ritel yang diterbitkan pemerintah pada tahun ini, masing-masing 40,7% dan 46,8%.

Sementara generasi Z yang membeli ORI021 dan SR017 masing-masing sebesar 1,7% dan 1,95%.

"Kami perkirakan generasi milenial dan Z masih akan tumbuh sebagai investor SBN Ritel, seiring dengan semakin meningkatnya awareness dan bertambahnya pendapatan serta manfaat atau keuntungan yang dirasakan setelah berinvestasi di SBN Ritel," kata Deni kepada Bareksa (25/9/2022).

Deni mengatakan penawaran SBN Ritel menggunakan sistem e-SBN yang proses penjualannya seluruh secara online, turut mendorong pertumbuhan investor milenial dan gen Z. Transaksi penjualan SBN Ritel termasuk ORI022 secara online yakni cukup dengan gadget, lekat dengan generasi milenial dan Z.

Faktor lainnya, kata Deni, nilai minimum investasi di SBN Ritel yang ditetapkan Rp1 juta, dinilai terjangkau bagi generasi milenial dan gen Z. "Ada sekitar 4.000 sampai 5.000 (investor) yang nilai investasinya Rp1 juta. Mereka belajar nge-test coba, nanti sudah ngerti, pendapatan bertambah, alokasi investasi bertambah," kata Deni.

Menurut Deni, jika partisipasi investor generasi mudah terus meningkat, maka nantinya bisa mendorong Indonesia lebih mandiri dalam hal pembiayaan keuangan, yakni penguatan dari dalam negeri.

Daftar Akun SBN di Bareksa

Kamu tertarik berinvestasi di SBN Ritel? Sebaiknya bersiap karena pada Jumat pekan ini, 11 November 2022, pemerintah akan membuka masa penawaran Sukuk Tabungan (ST) seri ST009.

ST009 hanya dapat dibeli selama masa penawaran berlangsung melalui mitra distribusi resmi SBN Ritel yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan, salah satunya Bareksa. Agar tidak ketinggalan masa penawaran, Smart Investor sebaiknya segera mendaftarkan akun SBN karena proses verifikasi pendaftaran akun membutuhkan waktu.

Smart Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan SR017 pada masa penawaran dibuka. Smart Investor yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel di Bareksa sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang.

Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas. Smart Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar siap ketika nanti masa penawaran dibuka. Daftar jauh-jauh hari untuk menyediakan waktu proses verifikasi yang sekitar 2x24 jam.

Cara Daftar Akun SBN Ritel di Bareksa

Bagaimana cara daftar akun SBN di Bareksa? Begini tutorialnya :

1. Login

Login aplikasi Bareksa menggunakan email dan password terdaftar.

2. Pilih SBN

Dari halaman utama (home), lihat bagian SBN.

3. Mulai Investasi SBN

Akan tampil deskripsi mengenai SBN. Investor bisa pilih Pelajari Dulu, atau bila sudah yakin bisa langsung klik Mulai Investasi SBN.

4. Verifikasi/Tambah Rekening

Akan tampil data rekening investor. Investor bisa memilih rekening yang ada atau menambah rekening baru.

5. Konfirmasi

Bila menambah rekening baru, pastikan nama pemilik rekening sama dengan nama pada e-KTP. Setelah itu centang kesepakatan dan klik Konfirmasi.

6. Tunggu verifikasi

Pembukaan akun SBN sedang diproses dan butuh waktu sekitar 2x24 jam. Investor akan mendapatkan notifikasi setelah proses selesai.

Ayo segera daftar SBN Ritel sekarang di super app investasi Bareksa yang tersedia di iOS dan Android, agar dapat segera memesan SR017 saat mulai masa penawaran nanti.

Investasi di Sukuk Tabungan ST009, Kamu tidak hanya mendapatkan cuan dari imbal hasil, tapi juga ikut membiayai pembangunan nasional khususnya proyek ramah lingkungan.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua