BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

ST009 Segera Terbit, Siapa Saja yang Bisa Beli Sukuk Tabungan?

Abdul Malik04 November 2022
Tags:
ST009 Segera Terbit, Siapa Saja yang Bisa Beli Sukuk Tabungan?
Ilustrasi Muslimah investor yang gembira karena berhasil meraih keuntungan dari investasi di reksadana syariah dan SBN syariah, termasuk di Sukuk Tabungan ST009. (Shutterstock)

ST009 bisa menjadi salah satu alternatif dalam melakukan diversifikasi invesasi oleh semua tipe investor

Bareksa.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan segera menerbitkan Sukuk Tabungan (ST) seri ST009. Bagaimana karakter sukuk dan cocok untuk investor seperti apa produk investasi syariah ini?

ST009 merupakan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel seri terakhir yang diterbitkan pemerintah di 2022. Rencananya, masa penawaran ST009 akan berlangsung selama 20 hari yakni dari 11 November hingga 30 November 2022.

Sukuk Tabungan adalah produk investasi syariah yang diterbitkan oleh pemerintah. Disebut juga sebagai Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), ST009 memiliki jangka waktu 2 tahun. Meski tidak bisa dijual sebelum jatuh tempo, Sukuk Tabungan bisa dicairkan awal, yaitu pada 12 bulan setelah diterbitkan.

Promo Terbaru di Bareksa

Lalu, ST009 cocok untuk investor dengan tipe seperti apa? Seluruh individu Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah punya KTP bisa membeli ST009.

Menurut Bareksa, SBN Ritel termasuk Sukuk Tabungan yang salah satunya ST009, cocok dipilih oleh semua investor baik dengan profil risiko konservatif, moderat, dan agresif.

Salah satu alasannya dan yang paling utama, SBN Ritel termasuk Sukuk Ritel dan ST009 di dalamnya, diterbitkan sekaligus dijamin oleh Negara. Makanya, ST009 dapat Kamu pertimbangkan untuk diversifikasi aset.

Untuk memastikan apakah ST009 cocok untuk Kamu, ada baiknya lebih dahulu memahami kalau dirimu termasuk investor dengan profil risiko apa dan juga karakteristik Sukuk Tabungan.

Karakteristik Sukuk Tabungan

Melansir laman Kementerian Keuangan berikut karakteristik Sukuk Tabungan seri sebelumnya yakni ST008, yaitu:

Pertama, untuk individu Warga Negara Indonesia.
Kedua, pengelolaan investasi dengan prinsip syariah.
Ketiga, pemesanan mulai dari Rp1 juta.
Keempat, imbalan mengambang dengan batas minimal.
Kelima, tenor 2 tahun.
Keenam, ada fasilitas early redemption.
Ketujuh, tidak dapat diperdagangkan/dialihkan.

Cara Beli ST009 di Bareksa

Saat ini sudah ada kemudahan untuk berinvestasi SBN Ritel termasuk ST009, yakni investasi secara online termasuk melalui layanan Bareksa. Untuk Kamu investor pemula di SBN Ritel, perlu mengetahui bahwa ST009 hanya dapat dibeli selama masa penawaran berlangsung melalui mitra distribusi resmi SBN Ritel yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan, salah satunya Bareksa.

Sebelum dapat membeli ST009 di Bareksa, investor perlu membuat akun atau daftar akun SBN di Bareksa.

Bagaimana cara daftar akun SBN di Bareksa? Begini tutorialnya :

1. Login
Login aplikasi Bareksa menggunakan email dan password terdaftar.

2. Pilih SBN
Dari halaman utama (home), lihat bagian SBN.

3. Mulai Investasi SBN
Akan tampil deskripsi mengenai SBN. Investor bisa pilih Pelajari Dulu, atau bila sudah yakin bisa langsung klik Mulai Investasi SBN.

4. Verifikasi/Tambah Rekening
Akan tampil data rekening investor. Investor bisa memilih rekening yang ada atau menambah rekening baru.

5. Konfirmasi
Bila menambah rekening baru, pastikan nama pemilik rekening sama dengan nama pada e-KTP. ​Setelah itu centang kesepakatan dan klik Konfirmasi.

6. Tunggu verifikasi
Pembukaan akun SBN sedang diproses dan butuh waktu sekitar 2x24 jam. Investor akan mendapatkan notifikasi setelah proses selesai.

Nah, agar tidak ketinggalan masa penawaran, kamu sebaiknya segera mendaftarkan akun SBN karena proses verifikasi pendaftaran akun membutuhkan waktu. Untuk kamu yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan SR017 pada masa penawaran dibuka.

Sedangkan bagi kamu yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel di Bareksa sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang. Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas.

Untuk investor yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Ayo segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar siap ketika nanti masa penawaran dibuka. Daftar jauh-jauh hari untuk menyediakan waktu proses verifikasi yang sekitar 2x24 jam.

Yuk investasi ST009. Dengan investasi di ST009, investor tidak hanya mendapatkan cuan dari imbal hasil, tapi juga ikut membiayai pembangunan nasional khususnya proyek ramah lingkungan. Bagaimana, siap investasi di ST009?

(Martina Priyanti/hm)

***
Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua