BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

ST009 Segera Terbit, Ini 8 Keuntungan Investasi Sukuk Tabungan

Hanum Kusuma Dewi01 November 2022
Tags:
ST009 Segera Terbit, Ini 8 Keuntungan Investasi Sukuk Tabungan
Ilustrasi investor wanita muda sedang melihat layar handphone untuk melakukan daftar akun SBN ritel di Bareksa. (shutterstock)

ST009 nantinya dapat dibeli di mitra distribusi SBN Ritel, salah satunya Bareksa

Bareksa.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mengumumkan masa penawaran Sukuk Tabungan (ST) seri ST009 akan berlangsung pada 11-30 November 2022. ST009 merupakan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel keenam dan seri terakhir di tahun ini.

ST009 adalah Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang dikelola dengan prinsip syariah. Sukuk Tabungan, seperti namanya, bersifat aman dan memiliki jangka waktu dua tahun.

Sukuk atau obligasi syariah ini memberikan keuntungan bagi masyarakat investor yang memegangnya. Keuntungan sukuk berupa imbal hasil (kupon) yang dihitung dalam persentase tahunan, tetapi dibayar secara bulanan.

Promo Terbaru di Bareksa

ST009 nantinya dapat dibeli di mitra distribusi SBN Ritel yang ditetapkan Kementerian Keuangan, salah satunya Bareksa. Iya, mulai Jumat pekan depan (11/11/2022), kamu dapat membeli ST009 di Bareksa.

Tapi, keuntungan apa saja yang akan diperoleh jika berinvestasi di ST009? Merujuk pada Memorandum Informasi Sukuk Tabungan seri sebelumnya yakni ST008 yang diterbitkan Kementerian Keuangan, ada 8 keuntungan investasi di Sukuk Tabungan yakni:

Pertama, pembayaran imbalan/kupon dan nilai nominal Sukuk Tabungan dijamin oleh Negara berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN setiap tahunnya, sehingga Sukuk Tabungan tidak mempunyai risiko gagal bayar.

Kedua, pada saat diterbitkan, imbalan/kupon Sukuk Tabungan ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ketiga, imbalan/Kupon mengambang dengan jaminan kupon minimal (floor) sampai dengan tanggal jatuh tempo. Artinya, imbalan bisa naik bila acuan naik, tetapi tidak bisa turun lebih rendah daripada batas minimal.

Keempat, imbalan/kupon Sukuk Tabungan dibayar setiap bulan.

Kelima, terdapat fasilitas early redemption tanpa dikenakan biaya atau redemption cost. Maksudnya, Sukuk Tabungan bisa dicairkan sebelum jatuh tempo, dengan persyaratan berlaku.

Keenam, kemudahan akses untuk melakukan pemesanan pembelian dan pengajuan early redemption melalui sistem elektronik.

Ketujuh, memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Kedelapan, memberikan akses kepada investor untuk berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip-syariah.

Prediksi Imbal Hasil ST009

Tertarik investasi ST009? Tim Analis Bareksa menilai dalam penerbitan 5 seri Sukuk Tabungan sebelumnya, spread (selisih) antara imbal hasil dengan bunga acuan BI (BI 7DRRR) berkisar antara 1,3% - 1,95%. Maka melihat kisaran spread tersebut dengan acuan saat ini di 4,25%, maka Tim Analis Bareksa memproyeksikan imbal hasil atau kupon ST009 bisa mencapai 6% hingga 6,25% per tahun.

Prediksi imbal hasil tersebut tentu jauh lebih besar dari bunga deposito perbankan nasional yang saat ini rata-rata menawarkan bunga 3,49% per tahun. Selain itu bunga deposito masih harus dipotong pajak 20%, sedangkan imbal hasil ST009 hanya dipotong pajak 10%.

SBN di Bareksa

ST009 hanya dapat dibeli selama masa penawaran berlangsung melalui mitra distribusi resmi SBN Ritel yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan, salah satunya Bareksa. Supaya tidak ketinggalan masa penawaran, kamu sebaiknya segera mendaftarkan akun SBN karena proses verifikasi pendaftaran akun membutuhkan waktu.

Untuk kamu yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan SR017 pada masa penawaran dibuka. Kamu yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel di Bareksa sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang.

Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas.

Untuk investor yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Ayo segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar siap ketika nanti masa penawaran dibuka. Daftar jauh-jauh hari untuk menyediakan waktu proses verifikasi yang sekitar 2x24 jam.

Cara Daftar Akun SBN Ritel di Bareksa

Bagaimana cara daftar akun SBN di Bareksa? Begini tutorialnya :

1. Login
Login aplikasi Bareksa menggunakan email dan password terdaftar.

2. Pilih SBN
Dari halaman utama (home), lihat bagian SBN.

3. Mulai Investasi SBN
Akan tampil deskripsi mengenai SBN. Investor bisa pilih Pelajari Dulu, atau bila sudah yakin bisa langsung klik Mulai Investasi SBN.

4. Verifikasi/Tambah Rekening
Akan tampil data rekening investor. Investor bisa memilih rekening yang ada atau menambah rekening baru.

5. Konfirmasi
Bila menambah rekening baru, pastikan nama pemilik rekening sama dengan nama pada e-KTP. ​Setelah itu centang kesepakatan dan klik Konfirmasi.

6. Tunggu verifikasi
Pembukaan akun SBN sedang diproses dan butuh waktu sekitar 2x24 jam. Investor akan mendapatkan notifikasi setelah proses selesai.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di super app investasi Bareksa yang tersedia di iOS dan Android, agar dapat segera memesan ST009 saat mulai masa penawaran nanti.

Yuk investasi ST009. Dengan investasi di ST009, investor tidak hanya mendapatkan cuan dari imbal hasil, tapi juga ikut membiayai pembangunan nasional khususnya proyek ramah lingkungan. Bagaimana, siap investasi di ST009?

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua