BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Catat! Pasca ORI022, Segera Terbit ST009, SBN Ritel Terakhir di 2022

Abdul Malik20 Oktober 2022
Tags:
Catat! Pasca ORI022, Segera Terbit ST009, SBN Ritel Terakhir di 2022
Ilustrasi Muslimah investor yang gembira karena mendapatkan cuan dari investasinya di SBN Ritel syariah dan berencana investasi di ST009. (Shutterstock)

ST009 merupakan SBN Ritel keenam atau terakhir yang diterbitkan pemerintah di 2022

Bareksa.com - Pemerintah resmi menutup masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) pada Kamis (20/10/2022) pukul 10.00 WIB. Pasca ORI022, pemerintah akan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel seri apa di sisa tahun ini?

Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Deni Ridwan mengatakan rencana penerbitan SBN Ritel tahun ini masih berjalan sesuai rencana awal. Tahun ini, pemerintah berencana menerbitkan 6 seri SBN Ritel dengan 5 di antaranya sudah diterbitkan.

Lima SBN Ritel yang sudah diterbitkan pemerintah yakni Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021 dengan masa penawarannya pada 24 Januari hingga 17 Februari 2022. Lalu, ada Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR016 yang telah ditawarkan pada 25 Februari 2022 hingga 17 Maret 2022.

Promo Terbaru di Bareksa

Kemudian Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR011, dengan masa penawaran 25 Mei - 16 Juni 2022. Pemerintah kembali menerbitkan SBN Ritel pada 19 Agustus 2022 yakni Sukuk Ritel (SR) seri SR017 dengan masa penawaran hingga 14 September 2022. Lalu ORI022 dengan masa penawaran 26 September hingga 20 Oktober 2022.

Adapun SBN Ritel seri terakhir yang akan ditawarkan pada tahun ini adalah Sukuk Tabungan (ST) seri ST009, rencananya akan diterbitkan pada bulan depan atau November 2022. "Insya Allah masih sesuai schedule," kata Deni kepada Bareksa, Rabu (19/10/2022).

Jadi, dari total 6 seri SBN Ritel di 2022, ada empat seri yang bersifat tradable dan dua seri non-tradable. Kemudian, menurut pengelolaan, ada 3 SBN Ritel syariah atau SBSN dan 3 SBN Ritel konvensional.

Enam seri SBN Ritel bisa dibeli secara online melalui mitra distribusi, salah satunya Bareksa. Untuk Kamu yang belum memiliki akun SBN di Bareksa, sebaiknya segera mendaftar sekarang agar bisa ikut masa penawaran SBN Ritel selanjutnya.

Sebelumnya Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Luky Alfirman sebelumnya menyampaikan salah satu tujuan penerbitan SBN Ritel adalah sebagai instrumen investasi yang aman dan menguntungkan bagi masyarakat.

"Dengan jangka waktu atau tenor antara 2-3 tahun, SBN Ritel dapat dipergunakan untuk mempersiapkan dana pendidikan serta pensiun yang berjangka menengah dan panjang dengan re-investasi SBN Ritel yang jatuh tempo," kata Luky kepada Bareksa.

Siap dapat cuan sekaligus bantu negara siapkan modal untuk pembangunan nasional? Investasi SBN Ritel di Bareksa ya.

(Martina Priyanti/AM)

***
Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua