BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

ORI022 Bisa Dijual Sebelum Jatuh Tempo di Pasar Sekunder, Ini Caranya

Hanum Kusuma Dewi30 September 2022
Tags:
ORI022 Bisa Dijual Sebelum Jatuh Tempo di Pasar Sekunder, Ini Caranya
Ilustrasi investor pria sedang berpikir mengenai investasi ORI022 dan bagaimana menjualnya jika butuh dana mendadak sebelum jatuh tempo ORI022. (shutterstock)

Perpindahan kepemilikan ORI022 di Pasar Sekunder hanya dapat dilakukan antar investor domestik

Bareksa.com​ - Ingin investasi Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI022, tapi apakah bisa dijual sebelum jatuh tempo pada 15 Oktober 2025? Berikut penjelasan mengenai perdagangan ORI022 di pasar sekunder. ​

Pemerintah menetapkan masa penawaran ORI022 berlangsung sejak 26 September hingga 20 Oktober 2022. Untuk berinvestasi di ORI022, kamu hanya cukup mengalokasikan uang mulai dari Rp1 juta dan kelipatan Rp 1 juta hingga Rp5 miliar.

Dengan demikian, kamu bisa membantu Negara menyediakan modal dalam membiayai pembangunan nasional, sekaligus dapat cuan 5,95% tetap (fixed) per tahun selama 3 tahun.

Memorandum Informasi Obligasi Negara Ritel Republik Indonesia seri ORI022, yang diterbitkan Kementerian Keuangan, menyebutkan bahwa ORI022 diterbitkan dalam bentuk tanpa warkat yang dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder.

Pasar sekunder adalah kegiatan perdagangan Surat Utang Negara Ritel yang sebelumnya telah dijual di Pasar Perdana.

Mengutip sumber yang sama, pasar perdana adalah kegiatan penawaran dan/atau penjualan Surat Utang Negara Ritel yang dilakukan di wilayah Indonesia untuk pertama kali.

Bagaimana mekanisme transaksi ORI022 di pasar sekunder?

Memorandum Informasi ORI022 menyatakan ORI022 dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder melalui mekanisme bursa, transaksi di luar bursa (over the counter), dan atau melalui sistem perdagangan elektronik (Electronic Trading Platform (ETP)). Investor yang akan melakukan penjualan ORI022 di Pasar Sekunder dapat menghubungi Mitra Distribusi.

Lebih lanjut, di Pasar Sekunder, ORI022 dapat dimiliki oleh individu, bank, lembaga keuangan lainnya, yayasan, perusahaan, dan masyarakat baik secara individu maupun lembaga, yang memenuhi kriteria investor domestik.

Investor dapat melakukan transaksi di Pasar Sekunder melalui Mitra Distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan Mitra Distribusi.

Dalam Memorandum Informasi ORI022, pemerintah menegaskan bahwa perpindahan kepemilikan ORI022 di Pasar Sekunder hanya dapat dilakukan antar investor domestik.

Mekanisme dalam Analogi

Teknisnya, seperti dalam analogi berikut. Mari kita ibaratkan ORI022 seperti mobil yang baru keluar dari pabrikan. Ketika kita memesan pertama kali, kita mendapatkannya langsung dari diler resmi.

Nah dalam ORI, diler resmi ini adalah mitra distribusi seperti Bareksa. Setelah masyarakat selesai memesan ORI022 dalam masa penawaran, mereka menjadi investor perdana. Para investor perdana bisa menjual ORI022 setelah mendapat kupon perdana melalui mitra distribusi, yaitu Bareksa.

Kemudian, pasar sekunder pun dimulai. ORI022 ini ibaratnya mobil langka yang hanya dibuat (dalam hal ini diterbitkan) pada masa penawaran saja. Makanya, kalau ada pembeli yang tidak kebagian mobil langka ini, mereka bisa membelinya di pasar mobil bekas, atau pasar sekunder (secondary market).

Jadi, pasar sekunder adalah pasar keuangan yang digunakan untuk memperdagangkan instrumen efek yang telah diterbitkan dalam penawaran umum perdana.


Tutorial Penjualan SBN di Pasar Sekunder

Langkah Pertama: Membuat RDN

1. Email Permohonan Penjualan

Smart investor Bareksa perlu mengirimkan email ke CS Bareksa ([email protected]) dan menginformasikan berminat menjual SBN. Smart investor juga perlu melengkapi data berupa nama dan Nomor SID.

Template email permohonan penjualan SBN seperti berikut:

To: [email protected]

Subject: Penjualan SBN (ORI021)

Body text:

Dear Tim CS,

Mohon dibantu untuk memproses penjualan SBN ritel ORI021 saya di pasar sekunder

Nama:

Nomor SID:

2. Konfirmasi CS

Di hari yang sama, CS Bareksa akan membalas permintaan penjualan SBN dengan membuatkan RDN terlebih dahulu. Pembuatan RDN membutuhkan waktu maksimal dua hari kerja.

3. Email e-statement

Investor akan menerima email e-statement pembukaan RDN BCA beserta nomor rekening.

4. Terima User ID

Dalam e-mail terpisah, setelah pembukaan RDN, investor akan menerima credentials yaitu User ID dan password untuk masuk ke platform perdagangan SBN di Binaartha Fixed Income Trading System (fitsonline.binaartha.com). Selain itu, investor juga menerima passkey/secret key yang khusus digunakan untuk bertransaksi di dalam platform fitsonline.binaartha.com.

Illustration



​​
Langkah Kedua: Transaksi SBN di Pasar Sekunder

Setelah investor memiliki RDN, investor dapat mengakses ​https://fitsonline.binaartha.com/ dan melakukan transaksi penjualan SBN.

1. Login

Akses halaman https://fitsonline.binaartha.com/

Lalu, masukkan User ID dan password.

Illustration



​​
2. Cek Portofolio

Di halaman Home, investor bisa melihat seri SBN yang dimiliki yang berwarna hijau, dan seri SBN yang tersedia untuk dibeli berwarna biru.

Investor juga dapat mengecek kepemilikan SBN di halaman My Portfolio. Pilih seri SBN yang ingin dijual, lalu klik tombol Sell.

Illustration

3. Isi Form Penjualan

Isi form penjualan berupa face value atau nilai nominal SBN yang ingin dijual. Minimal penjualan SBN adalah 1 unit atau dengan face value Rp1 juta. Setelah itu, klik tombol Check Quote

Illustration



​​4. Cek Harga

Berdasarkan form yang telah diisi sebelumnya, akan tampil harga SBN yang dalam hal ini ditunjukkan dalam persen. Misalnya harga 100,0000 artinya 100 persen dari harga par (harga saat penawaran). Artinya, bila investor menjual 1 unit, harganya sama dengan Rp1 juta.

Bila harga 101,0000 artinya 101 persen dari harga par, sehingga harganya menjadi Rp1.010.000.

Kemudian, interest adalah kupon berjalan dalam rupiah, dan akan ditambahkan dalam nilai transaksi.

Setelah mengetahui harga, investor bisa memasukkan Secret Key dan klik Process. Maka, penjualan SBN akan diproses.

Illustration
Illustration

5. Setelmen

Setelah transaksi penjualan SBN diproses, setelmen untuk SBN ritel yang dilakukan pada hari kerja (pukul 9:00 - 15:00 WIB) akan dilakukan pada hari yang sama (T+0). Transaksi SBN ritel di luar hari dan jam kerja akan dilakukan setelmen pada T+1, atau satu hari kerja bursa setelah transaksi. Bila investor ingin menarik dana tersebut, bisa melakukan withdraw dari RDN dan akan ditransfer ke rekening investor.

Bagaimana, tertarik untuk investasi ORI022?

Baca juga Kemenkeu Tetapkan Imbal Hasil ORI022 Sebesar 5,95%, Tertinggi Tahun Ini

Selain mendapatkan kupon per bulan, kamu berkesempatan meraih hadiah menarik kalau membeli ORI022 di Bareksa. Tersedia hadiah iPad Gen 9, Laptop Redmi Book 15, Smart TV Realme 43 inch, voucher reksadana Rp750.000 dan voucher reksadana Rp100.000.

Tertarik? Catat kode promo dan minimal pembelian ORI022 berikut ini.

Hadiah 1 iPad Gen 9

  • Minimal pembelian ORI022 Rp50 juta
  • Kode promo: ORI22PAD

Hadiah 1 Laptop Redmi Book 15

  • Minimal pembelian ORI022 Rp30 juta
  • Kode promo: ORI22LAP

Hadiah 1 Smart TV Realme 43 inch

  • Minimal pembelian ORI022 Rp10 juta
  • Kode promo: ORI22TV

Hadiah 3 voucher reksadana @ Rp750.000

  • Minimal pembelian ORI022 Rp5 juta
  • Kode promo: ORI22RDN

Hadiah 30 voucher reksadana @ Rp100.000

  • Minimal pembelian ORI022 Rp1 juta
  • Kode promo: ORI22RDN100

Kalau sudah tahu kode promo dan minimal transaksinya, simak juga syarat dan ketentuannya berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Promo ORI022 di Bareksa

1. Periode promo 26 September - 20 Oktober 2022

2. Pembelian berlaku untuk produk SBN seri ORI022 dengan memasukkan kode promo yang dipilih nasabah

3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa

4. Pembeli dengan nominal terbesar berhak memenangkan hadiah

5. Satu investor hanya berhak memenangkan 1 (satu) jenis hadiah pada program promo dalam satu periode selama kuota tersedia

6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 17 November 2022 melalui media sosial Bareksa dan email.

7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan.

8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa.

10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi.

Ayo semangat investasi sekaligus bantu negara dengan beli ORI022 dan raih hadiahnya di Bareksa!

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua