BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

10 Keuntungan Investasi ORI022, Yuk Beli Obligasi Negara Ritel

Hanum Kusuma Dewi28 September 2022
Tags:
10 Keuntungan Investasi ORI022, Yuk Beli Obligasi Negara Ritel
Ilustrasi wanita muda tertawa gembira membayangkan akan mendapatkan cuan sekaligus bantu pemerintah menyediakan modal pembangunan dengan berinvestasi ORI022. (Shutterstock)

ORI022 dapat dibeli di mitra distribusi SBN Ritel, salah satunya Bareksa

Bareksa.com - Ingin dapat cuan dari berinvestasi sekaligus bantu Negara menyediakan modal untuk pembangunan nasional? Kamu bisa berinvestasi di Surat Berharga Negara (SBN) Ritel jenis Obligasi Negara Ritel atau ORI seri ORI022.

Pemerintah telah membuka masa penawaran ORI022 pada Senin, 26 September 2022 dan akan berlangsung selama 25 hari, atau masa penawaran ORI022 akan ditutup pada 20 Oktober 2022.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko atas nama Menteri Keuangan menetapkan kupon ORI022 adalah 5,95% per tahun bersifat tetap (fixed rate) sampai dengan jatuh tempo. Artinya, imbal hasil ORI022 tidak akan naik atau turun hingga jatuh tempo 15 Oktober 2025.

Promo Terbaru di Bareksa

Baca juga Kemenkeu Tetapkan Imbal Hasil ORI022 Sebesar 5,95%, Tertinggi Tahun Ini

Illustration

Sumber: Kementerian Keuangan

ORI022 merupakan seri kelima SBN Ritel yang diterbitkan pemerintah pada 2022. ORI022 ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia (WNI) melalui mitra distribusi di pasar perdana.

Kamu bisa beli ORI022 secara online di sejumlah mitra distribusi SBN Ritel yang telah ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Keuangan, salah satunya Bareksa.

Nah, salah satu kelebihan ORI022 seperti khasnya SBN Ritel lainnya, dana yang diperoleh dari hasil penjualan ORI022 akan menjadi bagian dalam sumber pembiayaan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Jadi, hanya dengan modal mulai dari Rp1 juta untuk 1 unit hingga Rp5 miliar untuk 5.000 unit, kamu sebagai seorang investor bisa ikut membantu negara sekaligus berinvestasi plus dapat cuan.

10 Keuntungan Investasi di ORI022

Tapi, apa saja keuntungan yang akan diperoleh jika membeli ORI? Melansir laman Kementerian Keuangan mengenai Memorandum Informasi ORI022, berikut 10 keuntungan berinvestasi di ORI022 :

Pertama, pembayaran Kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang SUN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya.

Kedua, pada saat diterbitkan, kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ketiga, kupon dengan tingkat bunga tetap sampai dengan waktu jatuh tempo.

Keempat, kupon dibayar setiap bulan.

Kelima, kemudahan akses untuk melakukan Transaksi Pembelian melalui Sistem Elektronik.

Keenam, dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder melalui mekanisme bursa, transaksi di luar bursa (over the counter), dan/atau melalui sistem Electronic Trading Platform (ETP).

Ketujuh, tersedianya informasi harga yang wajar atau sedang terjadi di Pasar Sekunder dari Mitra Distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan Mitra Distribusi.

Kedelapan, berpotensi memperoleh keuntungan bila ORI dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di Pasar Sekunder.

Kesembilan, dapat dijaminkan kepada pihak lain, antara lain jaminan dalam pengajuan pinjaman pada bank umum, lembaga keuangan lainnya, atau jaminan dalam rangka transaksi efek. Kebijakan peminjaman atau penjaminan ORI mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Kesepuluh, memperoleh kesempatan untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Bagaimana, kamu mau kan dapat cuan investasi sekaligus membantu negara? Investasi ORI022 di Bareksa ya.

(Martina Priyanti/hm)

***


Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.





Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua