BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

SR017 Bisa Diperdagangkan di Pasar Sekunder, Begini Penjelasannya

Abdul Malik29 Agustus 2022
Tags:
SR017 Bisa Diperdagangkan di Pasar Sekunder, Begini Penjelasannya
Ilustrasi investor yang sedang bertransaksi membeli Surat Berharga Negara (SBN) Ritel termasuk Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR017. (Shutterstock)

SR017 ini seperti mobil yang baru keluar dari pabrikan, sehingga kitika Smart Investor memesan pertama kali, maka akan mendapatkannya langsung dari diler resmi

Bareksa.com - Masa penawaran instrumen surat berharga syariah yang khusus untuk investor ritel berjenis Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR017, sedang berlangsung. Pembelian produk investasi syariah yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran yakni pada 19 Agustus hingga 14 September 2022.

SR017 merupakan jenis Surat Berharga Syariah Negara yang memiliki masa berlaku 3 tahun dan akan jatuh tempo pada 10 September 2025. Tapi, SR017 bisa dijual sebelum jatuh tempo di pasar sekunder. Apa itu pasar sekunder?

Sebelum memahami pasar sekunder, Smart Investor perlu mengetahui istilah masa penawaran atau pasar perdana. Ketika SR017 pertama kali ditawarkan oleh pemerintah selama periode 19 Agustus hingga 14 September 2022, masa itu disebut dengan penawaran umum perdana atau pasar perdana.

Promo Terbaru di Bareksa

Jika ibaratkan, SR017 ini seperti mobil yang baru keluar dari pabrikan. Ketika Smart Investor memesan pertama kali, maka akan mendapatkannya langsung dari diler resmi. Dalam SR017, diler resmi ini adalah mitra distribusi seperti Bareksa.

Lalu, setelah masyarakat selesai memesan SR017 dalam masa penawaran, mereka menjadi investor perdana. Para investor perdana bisa menjual SR017 sejak tanggal 11 Desember 2022 atau setelah berakhirnya minimum holding period yang ditetapkan oleh pemerintah.

​SR017 ini ibaratnya mobil langka yang hanya dibuat (diterbitkan) pada masa penawaran. Kalau ada pembeli yang tidak kebagian mobil langka ini, mereka bisa membelinya di pasar mobil bekas, atau pasar sekunder (secondary market).

Jadi, pasar sekunder adalah pasar keuangan yang digunakan untuk memperdagangkan instrumen efek yang telah diterbitkan dalam penawaran umum perdana.

Investor yang telah membeli lewat Bareksa, bisa melakukan penjualan SR017 juga melalui Bareksa setelah masa minimum holding period selesai, atau sejak 11 Desember 2022.

Dalam hal ini, Bareksa akan membantu investor membuka rekening di sekuritas yang bekerja sama untuk menjual Surat Berharga Negara.

Sistem ETP

Teknisnya, menurut Memorandum Informasi Sukuk Negara Ritel seri SR017 yang diterbitkan pemerintah menyebutkan SR017 dapat diperdagangkan di pasar sekunder dengan mekanisme transaksi di Bursa Efek melalui sistem ETP (Electronic Trading Platform) dan atau Transaksi di luar Bursa Efek (over the counter).

​Perdagangan SR017 dengan mekanisme bursa dilakukan investor dengan menyampaikan minat beli/jual ke Bursa Efek melalui sistem ETP. Dalam hal terjadi kesesuaian harga antara investor penjual dan investor pembeli, transaksi penjualan diselesaikan melalui mekanisme bursa.

Transaksi di luar Bursa Efek (over the counter) dilakukan investor dengan cara melakukan negosiasi harga bersama dengan calon penjual atau pembeli SR017. Selanjutnya bank atau perusahaan efek yang ditunjuk akan menyelesaikan transaksi jual beli SR017.

Investor dapat melakukan transaksi di pasar sekunder melalui mitra distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan mitra distribusi.

Promo Investasi SR017 di Bareksa

Bagi investor yang memesan SR017 di Bareksa, ada hadiah menarik menanti. Investor dapat memilih sendiri jenis hadiah Promo SR017 di Bareksa, mulai dari 1 iPhone 11, 1 Laptop Redmi Book 15, 1 Smart TV Realme 43 inch, 3 voucher reksadana senilai masing-masing Rp1.000.000 dan 50 voucher reksadana senilai masing-masing Rp100.000.

Catat kode promo dan minimal beli SR017 untuk mengikuti Promo SR017 di Bareksa berikut ini :

Hadiah 1 iPhone 11

  • Minimal pembelian SR017 Rp50 juta

  • Kode promo : SR17PHONE

Hadiah 1 Laptop Redmi Book 15

  • Minimal pembelian SR017 Rp30 juta

  • Kode promo : SR17LAP

Hadiah 1 Smart TV Realme 43 inch

  • Minimal pembelian SR017 Rp10 juta

  • Kode promo : SR17TV

Hadiah 3 voucher reksadana @ Rp1.000.000

  • Minimal pembelian SR017 Rp5 juta

  • Kode promo : SR17REKSA

Hadiah 50 voucher reksadana @ Rp100.000

  • Minimal pembelian SR017 Rp1 juta

  • Kode promo : SR17REKSA100

Simak juga syarat dan ketentuan promonya berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Promo SR017 Bareksa

  1. Periode promo 19 Agustus - 14 September 2022

  2. Pembelian berlaku untuk produk SBN Ritel seri SR017 dengan memasukkan kode promo yang dipilih investor

  3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa

  4. Pembeli dengan nominal terbanyak berhak memenangkan hadiah

  5. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 13 Oktober 2022 melalui akun media sosial Bareksa dan email

  6. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindahtangankan

  7. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

  8. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa

  9. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Dengan berinvestasi SR017 di Bareksa, tidak hanya aman, cuan, berinvestasi di tempat terbaik, serta masih dapat hadiah lagi. Ayo segera pesan Sukuk Ritel SR017 di Bareksa sekarang.

Simak juga : Promo SBN Ritel Freedom di Bareksa: Beli SR017 Dapat Reksadana hingga Rp2 Juta

(KA01/Arief Budiman/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.



Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua