BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Cara Daftar dan Beli SR017 di Bareksa, Midis SBN Terbaik 3 Tahun Berturut

Hanum Kusuma Dewi09 Agustus 2022
Tags:
Cara Daftar dan Beli SR017 di Bareksa, Midis SBN Terbaik 3 Tahun Berturut
ilustrasi investor syariah wanita berhijab duduk memegang tablet gadget sambil tersenyum melihat portofolio investasi

Bareksa menerima lima penghargaan sebagai Mitra Distribusi SBN terbaik dari Kementerian Keuangan

Bareksa.com - Masyarakat investor punya pilihan investasi aman dijamin negara, yaitu melalui Surat Berharga Negara Ritel (SBN Ritel). Setelah penawaran tiga seri SBN Ritel, kini tersisa tiga dari enam seri SBN Ritel 2022.

Penawaran terdekat adalah Sukuk Ritel seri SR017 yang rencananya mulai ditawarkan 19 Agustus 2022 (tentatif). Jadwal lengkapnya akan dipublikasikan setelah kick off meeting.

Apa itu Sukuk Ritel (SR)?

Sukuk Ritel adalah surat penyertaan kepemilikan aset negara, dan bukan surat utang, yang berlaku dalam jangka waktu 3 tahun. Sukuk Ritel SR017 dapat diperdagangkan (tradable) di pasar sekunder sebelum jatuh tempo.

Promo Terbaru di Bareksa

Sukuk Ritel adalah salah satu jenis Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) karena dikelola secara syariah. Sukuk mendapatkan opini syariah atau fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Keuntungan Sukuk Ritel berupa imbal hasil (kupon) yang bersifat fixed atau tetap besarannya hingga jatuh tempo. Imbal hasil ini dihitung secara tahunan, tetapi dibayarkan secara bulanan langsung ke rekening investor.

Smart investor yang berniat membeli SR017 dan SBN Ritel lainnya bisa berinvestasi sekaligus membantu negara. Sebab, dana hasil penerbitan SBN ritel akan digunakan untuk membiayai pembangunan dalam APBN.

Baca juga Mau Investasi SR017? Kenali Istilah Terkait Sukuk Ritel dan SBN Ini

Tertarik ingin investasi SR017?

Bagaimana caranya untuk beli SBN Ritel seri SRI017 di Bareksa? Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan SR017 pada masa penawaran dibuka.

Investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang. Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas.

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar siap ketika nanti masa penawaran dibuka. Daftar jauh-jauh hari untuk menyediakan waktu proses verifikasi yang sekitar 2x24 jam.

Cara Daftar Akun SBN Ritel di Bareksa

Bagaimana cara daftar akun SBN di Bareksa? Begini tutorialnya :

1. Login

Login aplikasi Bareksa menggunakan email dan password terdaftar.

2. Pilih SBN

Dari halaman utama (home), lihat bagian SBN.

3. Mulai Investasi SBN

Akan tampil deskripsi mengenai SBN. Investor bisa pilih Pelajari Dulu, atau bila sudah yakin bisa langsung klik Mulai Investasi SBN.

4. Verifikasi/Tambah Rekening

Akan tampil data rekening investor. Investor bisa memilih rekening yang ada atau menambah rekening baru.

5. Konfirmasi

Bila menambah rekening baru, pastikan nama pemilik rekening sama dengan nama pada e-KTP. ​Setelah itu centang kesepakatan dan klik Konfirmasi.

6. Tunggu verifikasi

Pembukaan akun SBN sedang diproses dan butuh waktu sekitar 2x24 jam. Investor akan mendapatkan notifikasi setelah proses selesai.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di super app investasi Bareksa yang tersedia di iOS dan Android, agar dapat segera memesan SR017 saat mulai masa penawaran nanti.

(hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua