BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Siap-Siap Beli SBR011, Daftar SBN Ritel di Bareksa Sekarang

Hanum Kusuma Dewi29 April 2022
Tags:
Siap-Siap Beli SBR011, Daftar SBN Ritel di Bareksa Sekarang
Ilustrasi investor wanita memegang handphone untuk membeli SBN ritel di Bareksa . (shutterstock)

Smart investor Bareksa yang pernah beli reksadana hanya perlu verifikasi rekening

Bareksa.com - Masyarakat investor punya pilihan investasi aman dijamin negara, yaitu melalui Surat Berharga Negara Ritel (SBN Ritel). Setelah penawaran dua seri SBN Ritel, kini tersisa empat dari enam seri SBN Ritel 2022.

Penawaran terdekat adalah Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR011 yang rencananya mulai ditawarkan 25 Mei 2022 (tentatif). Jadwal pasti akan dipublikasikan setelah kick off meeting setelah libur Lebaran.

Apa itu SBR?

Savings Bond Ritel atau SBR adalah surat utang negara atau obligasi negara dengan jangka waktu 2 tahun yang sifatnya mirip tabungan karena harus disimpan hingga jatuh tempo. Meski tidak bisa diperdagangkan, SBR punya fasilitas pencairan awal (early redemption) setelah 12 bulan.

Promo Terbaru di Bareksa

Keuntungan SBR berupa kupon (bunga) yang bersifat floating with floor, yaitu bisa naik tetapi tidak bisa turun dari batas minimal (floor). Keuntungan berupa kupon ini dibayarkan secara bulanan langsung ke rekening investor.

Smart investor yang membeli SBR dan SBN Ritel lainnya bisa berinvestasi sekaligus membantu negara. Sebab, dana hasil penerbitan SBN ritel akan digunakan untuk membiayai pembangunan dalam APBN.

Baca juga Ada Peran Investor Sukuk Negara Sukseskan Mudik Lebaran 2022, Ini Proyek Dibiayai SBSN

Tertarik ingin investasi SBR011?

Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan ​SBR011 pada masa penawaran dibuka nanti.

Adapun investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang. Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas.

Baca juga Jangan Habiskan THR Lebaran, SBN Ritel Seri SBR011 Segera Terbit

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar siap ketika nanti masa penawaran dibuka. Daftar jauh-jauh hari untuk menyediakan waktu proses verifikasi yang sekitar 2 x 24 jam.

Cara Daftar Akun SBN Ritel di Bareksa

1. Login

Login aplikasi Bareksa menggunakan email dan password terdaftar.

2. Pilih SBN

Dari halaman utama (home), lihat bagian SBN.

3. Mulai Investasi SBN

Akan tampil deskripsi mengenai SBN. Investor bisa pilih Pelajari Dulu, atau bila sudah yakin bisa langsung klik Mulai Investasi SBN.

4. Verifikasi/Tambah Rekening

Akan tampil data rekening investor. Investor bisa memilih rekening yang ada atau menambah rekening baru.

5. Konfirmasi

Bila menambah rekening baru, pastikan nama pemilik rekening sama dengan nama pada e-KTP. ​Setelah itu centang kesepakatan dan klik Konfirmasi.

6. Tunggu verifikasi

Pembukaan akun SBN sedang diproses dan butuh waktu sekitar 2x24 jam. Investor akan mendapatkan notifikasi setelah proses selesai.

Ayo daftar SBN Ritel sekarang di super app investasi Bareksa yang tersedia di iOS dan Android, agar dapat segera memesan SBR011 saat mulai masa penawaran nanti.

Baca juga Tutorial Cara Jual SBN ORI021 di Pasar Sekunder

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua