BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Penawaran SR017 Mulai 19 Agustus, Ini 9 Keuntungan Investasi SBN Ritel Seri Sukuk Negara

Hanum Kusuma Dewi08 Agustus 2022
Tags:
Penawaran SR017 Mulai 19 Agustus, Ini 9 Keuntungan Investasi SBN Ritel Seri Sukuk Negara
Ilustrasi Muslimah investor pemula yang gembira karena berhasil meraih keuntungan dari investasinya di reksadana dan SBN Ritel dan SBSN Ritel termasuk Sukuk Ritel. (Shutterstock)

SR017 nantinya bisa dibeli secara online di sejumlah mitra distribusi termasuk Bareksa

Bareksa.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan kembali menerbitkan instrumen surat berharga negara (SBN) untuk investor ritel berjenis Sukuk Ritel seri SR017. Pembelian produk investasi syariah yang dijamin negara ini bisa dilakukan pada periode penawaran, yang rencananya akan dimulai pada 19 Agustus 2022.

SR017 adalah jenis obligasi syariah atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang memiliki masa berlaku 3 tahun. SR017 bersifat tradable, alias bisa diperjualbelikan sebelum jatuh tempo di pasar sekunder.

Adapun Sukuk adalah pernyataan kepemilikan terhadap aset negara, dan bukan surat utang. Sukuk adalah instrumen syariah karena dikelola berdasarkan prinsip-prinsip syariah dan mendapatkan fatwa atau opini syariah dari Majelis Ulama Indonesia.

Promo Terbaru di Bareksa

Baca juga ​Mau Investasi SR017? Kenali Istilah Terkait Sukuk Ritel dan SBN Ini

Lalu, apa saja sebenarnya keuntungan yang bisa diperoleh investor jika investasi di SR017?

Keuntungan berinvestasi di Sukuk Ritel

Menilik dari publikasi Kementerian Keuangan mengenai manfaat investasi Sukuk Ritel, ada 9 manfaat yang bisa didapatkan investor yakni :

Pertama, pembayaran imbalan/kupon dan nilai nominal Sukuk ritel dijamin oleh pemerintah berdasarkan Undang-Undang SBSN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya, sehingga Sukuk Ritel nantinya hampir tidak mempunyai risiko gagal bayar.

Kedua, imbalan/kupon dengan jumlah tetap (fixed coupon) sampai pada Tanggal Jatuh Tempo.

Ketiga, imbalan/kupon dibayar setiap bulan.

Keempat, kemudahan akses untuk melakukan pemesanan pembelian melalui sistem elektronik.

Kelima, dapat diperdagangkan di pasar sekunder dengan mekanisme transaksi di Bursa Efek dan transaksi di luar Bursa Efek (over the counter).

Keenam, berpotensi memperoleh capital gain dalam hal Sukuk Negara Ritel Seri dimaksud dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di pasar sekunder.

Ketujuh, dapat dipinjamkan atau digadaikan kepada pihak lain, termasuk jaminan dalam rangka transaksi efek, sesuai kebijakan dan mengikuti ketentuan serta persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Kedelapan, berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Kesembilan, turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Banyak dan menarik bukan keuntungan yang akan diperoleh jika berinvestasi SR017. Bagaimana, siap beli SR017 di Bareksa?

Baca juga Ini Cara Investasi SR017 di Bareksa, Salah Satu Midis SBN Ritel Terbaik Tanah Air

(Martina Priyanti/hm)

***


Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun di Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun di Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk Ritel di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua