BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Begini Kata Prita Ghozie Soal Cuan dari Investasi ORI021

Abdul Malik31 Januari 2022
Tags:
Begini Kata Prita Ghozie Soal Cuan dari Investasi ORI021
Banner ORI021 Pilihan Berharga untuk Semangat Baru Kementerian Keuangan

Kalaupun salah hitung, dana darurat kurang, keunggulan seri ORI021 ini tradable, kalau butuh bisa dijual di pasar sekunder

Bareksa.com - Prita Ghozie, financial planner dan investment coach Bareksa, menyatakan jika kita termasuk investor dengan profil risiko rendah, maka selain reksadana pasar uang (RDPU) juga bisa memilih Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021.

Untuk reksadana pasar uang, Prita dalam Bareksa InveStream bertajuk From Spending to Investing, Rabu (26/1/2022), menyampaikan bisa dilakukan secara rutin. Investasi berkala dimaksud kata Prita merupakan habit reksadana.

"Habit ORI adalah menahan diri, karena SBN Ritel sebagai obligasi ada durasi, 2-3 tahun, sekarang 3 tahun. Kita akan belajar, modal investasi kita selama 3 tahun maka gimana kita tidak mudah menyabotase, bisa menahan diri maka seorang yang save, ini sangat cocok," kata Prita.

Promo Terbaru di Bareksa

Menurut Prita dengan berinvestasi di ORI021 maka investor pemula sekalipun, dipaksa untuk menahan dengan durasi 3 tahun. "Kalaupun salah hitung, dana darurat kurang, keunggulan seri ORI021 ini tradable.Let say butuh untuk jual, dia (ORI021) bisa dijual ke pasar sekunder, di mana pasar primer saat beli pertama dan kalau mau lepas kita lepas di pasar sekunder," ujar Prita.

Keuntungan Investasi ORI021

Apa saja sebenarnya keuntungan yang akan diperoleh investor jika membeli ORI021? Melansir Memorandum Informasi ORI021 yang diterbitkan Kementerian Keuangan, berikut 10 keuntungan berinvestasi di ORI021 :

Pertama, pembayaran Kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang SUN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya.

Kedua, pada saat diterbitkan, kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN.

Ketiga, kupon dengan tingkat bunga tetap sampai dengan waktu jatuh tempo.

Keempat, kupon dibayar setiap bulan.

Kelima, kemudahan akses untuk melakukan Transaksi Pembelian melalui Sistem Elektronik.

Keenam, dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder melalui mekanisme bursa, transaksi di luar bursa (over the counter), dan/atau melalui sistem Electronic Trading Platform (ETP).

Ketujuh, tersedianya informasi harga yang wajar atau sedang terjadi di Pasar Sekunder dari Mitra Distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan Mitra Distribusi.

Kedelapan, berpotensi memperoleh keuntungan bila ORI dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di Pasar Sekunder.

Kesembilan, dapat dijaminkan kepada pihak lain, antara lain jaminan dalam pengajuan pinjaman pada bank umum, lembaga keuangan lainnya, atau jaminan dalam rangka transaksi efek. Kebijakan peminjaman atau penjaminan ORI mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Kesepuluh, memperoleh kesempatan untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Tertarik raih cuan investasi sekaligus bantu negara? Ayo segera pesan ORI021 di Bareksa.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan ORI021. Adapun investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang.

Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas. Lengkapnya baca ​cara daftar ulang akun SBN Ritel di Bareksa.

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar bisa memesan ORI021 pada masa penawaran. Jangan ketinggalan karena kuota terbatas.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua