BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Indonesia Terima Penghargaan Internasional Atas Penerbitan SBN Global

Hanum Kusuma Dewi20 Januari 2022
Tags:
Indonesia Terima Penghargaan Internasional Atas Penerbitan SBN Global
Ilustrasi penghargaan global untuk obligasi atau global bond Indonesia yang digambarkan dengan piala dan bola dunia. (shutterstock)

Penghargaan dari Global Capital untuk debut transaksi Liability Management USD1,25 miliar dan debut SDG bond EUR500 juta

Bareksa.com - Indonesia kembali menerima penghargaan internasional dari atas penerbitan obligasi negara global (global bonds). Berdasarkan siaran pers Kementerian Keuangan, Indonesia menerima penghargaan pada 13 Januari 2022 untuk kategori Best Bond dan Best SSA (Sovereign, Supranationals, Agency) Bonds dari Global Capital, sebuah jaringan media internasional yang berfokus di pasar keuangan.

Penghargaan tersebut diberikan untuk debut transaksi Liability Management sebesar USD1,25 miliar dan debut penerbitan SDG (sustainable development goals) bonds sebesar EUR500 juta yang diterbitkan pada September 2021. Sebagai informasi, Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang menerbitkan SDG Bond di pasar keuangan global pada saat itu.

Adapun SDG bond adalah obligasi negara yang hasil penerbitannya digunakan untuk pembangunan berkelanjutan atau proyek-proyek ramah lingkungan sesuai dengan standar internasional. SDG bond mirip dengan skema green bond atau green sukuk.

Promo Terbaru di Bareksa

Penghargaan dari Global Capital ini melengkapi penghargaan dari The Asset dalam kategori Best Bond-Indonesia untuk transaksi global bonds yang sama, yaitu Liability Management sebesar USD1,25 miliar dan debut penerbitan SDG bonds sebesar EUR500 juta di bulan September 2021.

Kedua transaksi tersebut dianggap semakin mengukuhkan reputasi Indonesia sebagai the savviest bond issuer in Asia karena Indonesia masuk ke pasar dalam momentum dan instrumen yang tepat di tengah-tengah meningkatnya kebutuhan akan penempatan portofolio ESG (environment, sustainable, governance) di pasar global.

“Diterimanya penghargaan tersebut menunjukkan pengakuan dan apresiasi dunia internasional atas komitmen Pemerintah RI dalam menerbitkan instrumen pembiayaan yang inovatif dan berkelanjutan. Penghargaan tersebut akan terus memacu Pemerintah RI untuk meraih kinerja yang lebih baik lagi dalam pengelolaan portofolio instrumen global bond,” ujar Luky Alfirman, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko dalam siaran pers 20 Januari 2022.

Dengan penghargaan tersebut, Pemerintah akan terus berkomitmen untuk memenuhi standar yang berlaku untuk penerbitan SDGs bond dan menyampaikan laporan tahunan atas penerbitan tersebut. Selain itu, ke depan Pemerintah akan melaksanakan kembali transaksi liability management untuk mengelola portofolio instrumen global bond.

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Masyarakat Indonesia bisa berpartisipasi dalam pembiayaan anggaran negara dengan membeli obligasi atau Surat Berharga Negara (SBN) ritel yang ditawarkan secara online melalui mitra distribusi yang ditunjuk Kemenkeu, termasuk Bareksa. Terbaru, Pemerintah akan menawarkan Obligasi Negara Ritel seri ORI021 mulai 24 Januari 2022.

ORI021 memberikan keuntungan berupa kupon sebesar 4,9 persen per tahun dan bisa menjadi investasi aman karena dijamin negara. Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan ​ORI021 pada masa penawaran dibuka nanti.

Baca juga ​Kemenkeu Tetapkan Kupon ORI021 sebesar 4,9 Persen per Tahun

Adapun investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang. Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas. Lengkapnya baca ​cara daftar ulang akun SBN Ritel di Bareksa.

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBN. Data yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di Bareksa agar siap ketika nanti masa penawaran dibuka. Daftar jauh-jauh hari untuk menyediakan waktu proses verifikasi yang sekitar 2 x 24 jam.

Baca juga ​Siap-siap ORI021 Akan Segera Terbit, Ini Cara Daftar SBN Ritel di Bareksa

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua