Berita / SBN / Artikel

Milenial Dominasi Penerbitan SBN Ritel 2021, Capai 50 Ribu Investor

Porsi millennial mendominasi 39,1 persen jumlah investor SBN Ritel di 2021
Hanum Kusuma Dewi • 12 Jan 2022
cover

Ilustrasi sekelompok anak muda atau generasi milenial yang berinvestasi di reksadana dan SBN secara digital. (Shutterstock)

Bareksa - Penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) ritel yang khusus untuk investor perorangan telah disambut baik oleh masyarakat, terutama yang menyukai investasi secara online. Generasi muda menjadi pembeli paling banyak instrumen investasi yang dijamin negara ini. 

Menurut data Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, hasil penerbitan SBN Ritel tahun 2021 mencapai Rp97,2 triliun. Dari banyaknya investor yang berpartisipasi, generasi milenial (yang lahir 1980-2000) mendominasi dengan porsi 39,1 persen atau setara 50.917 investor. 

Grafik Investor SBN Ritel 2021 per Generasi 


Sumber: DJPPR Kemenkeu

Direktur Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kemenkeu Luky Alfirman menyampaikan SBN ritel yang kini tersedia secara online berhasil menarik generasi milenial yang menyukai kenyamanan, kepraktisan, dan kemudahan dalam berinvestasi.

"Secara nominal, mayoritas memang generasi baby boomers, tetapi generasi X atau milenial dan generasi Z mencatat porsi jumlah investor terbesar dengan total 57.917 investor dari total 130.293 investor," ujar Luky dalam paparannya pada Investor Gathering Kemenkeu 2021. 

Dia menjelaskan bahwa penerbitan SBN ritel salah satu cara untuk membendung ketergantungan asing. Saat ini, porsi investor asing di SBN atau obligasi negara secara keseluruhan sudah berkurang, sehingga harga SBN di pasar obligasi tidak lagi fluktuatif karena tergantung dana asing yang keluar masuk. 

Rencana Penerbitan SBN Ritel 2022

Sesuai dengan rencana 2022 yang telah disampaikan sebelumnya, DJPPR Kemenkeu menargetkan penerbitan SBN hingga Rp100 triliun dari 6 seri SBN ritel plus 1 seri sukuk wakaf (CWLS). Komposisi seri penerbitan tersebut sama seperti realisasi penerbitan SBN ritel 2021. 

Pada rencana 2022, seri SBN ritel yang lebih banyak diterbitkan adalah yang bersifat tradable, yaitu Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Sukuk Ritel (SR) masing-masing 2 seri. Sedangkan seri Savings Bond Ritel dan Sukuk Tabungan yang tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder akan diterbitkan masing-masing 1 seri. 

Penerbitan SBN Ritel yang terdekat adalah ORI021, yang menurut jadwal akan mulai ditawarkan pada 24 Januari hingga 17 Februari 2022. Baca juga: Jangan Sampai Ketinggalan! Ini Jadwal Lengkap Penerbitan SUN dan SBSN Ritel 2022

​ORI adalah bagian dari Surat Utang Negara yang khusus untuk investor individual atau ritel. Selain untuk membiayai Anggaran Negara, tujuan diterbitkannya ORI adalah untuk memberi kesempatan kepada investor individual untuk secara langsung memiliki dan memperdagangkan secara aktif dalam perdagangan Obligasi Negara

Keuntungan ORI berupa kupon yang besarannya tetap dan dibayarkan setiap bulan. ORI dapat diperjualbelikan di pasar sekunder setelah investor mendapatkan kupon perdana sehingga investor yang membeli ORI tidak harus memegangnya hingga jatuh tempo tetapi bisa menjualnya di pasar sekunder. 

Baca juga ORI021 Segera Terbit, Ini Bedanya ORI dengan SBN Ritel Lainnya

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Baca juga: 3 Tahun Berturut, Bareksa Raih Penghargaan Mitra Distribusi SBN Terbaik dari Kemenkeu RI

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Baca juga Siap-siap ORI021 Akan Segera Terbit, Ini Cara Daftar SBN Ritel di Bareksa

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelum Juni 2021, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.