Berita / SBN / Artikel

Penawaran Dibuka, Begini Karakteristik Pokok Green Sukuk Ritel ST008

Masa penawaran ST008 berlangsung pada 1-17 November 2021
Abdul Malik • 01 Nov 2021
cover

Ilustrasi Muslimah investor yang gembira karena melihat hasil investasinya di reksadana syariah maupun SBN syariah termasuk Sukuk Tabungan ST008 meraih keuntungan. (Shutterstock)

Bareksa.com - Mulai hari ini, Senin (1/1/2021) masa penawaran Sukuk Tabungan (ST) seri ST008 mulai dibuka. Masa penawaran ST008 akan berlangsung hingga 17 November 2021.

Melalui Kementerian Keuangan, pemerintah mengumumkan penetapan imbal hasil dan selisih (spread) tetap Green Sukuk Ritel - ST008, untuk periode pertama adalah 4,8 persen per tahun. Tingkat imbalan itu berlaku sebagai tingkat imbalan minimal (floor).

Pemerintah menetapkan nilai investasi ST008 mulai dari Rp1 juta dan maksimal Rp1 miliar, dengan tenor investasi 2 tahun atau akan jatuh tempo ST008 pada 10 November 2023 mendatang.

Tertarik investasi di ST008? Berikut karakteristik pokok ST008 :

A. Struktur Sukuk : Wakalah.

B. Tanggal Penerbitan : 24 November 2021.

C. Tanggal Jatuh Tempo : 10 November 2023.

D. Nilai Nominal : - Nilai Nominal Sukuk Tabungan seri ST008 yang akan diterbitkan akan ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan hasil pelaksanaan penjualan.- Nilai Nominal Sukuk Tabungan seri ST008 per unit ditetapkan sebesar Rp1 juta.

E. Denominasi : Rupiah.

F. Imbalan/Kupon : Imbalan berupa sewa yang jumlahpembayarannya bersifat mengambang (disesuaikan setiap tiga bulan) dengan imbalan/kupon minimal (floating with floor).

G. Pelunasan ST008 : Pelunasan dilakukan sebesar 100 persen dari Nilai Nominal Sukuk Tabungan seri ST008.

H. Frekuensi Imbalan/Kupon : Dibayarkan secara periodik setiap bulan pada tanggal 10. Apabila tanggal 10 jatuh pada hari libur maka akan dibayarkan pada hari kerja berikutnya.

I. Ketentuan Perdagangan : Tidak dapat diperdagangkan dan tidak dapat dialihkan.

J. Early Redemption :

- Untuk investor dengan kepemilikan minimal Rp2 juta.

- Nominal Early Redemption minimum Rp1 juta dengan kelipatan sesuai nominal per unit SBSN yaitu Rp1 juta dan maksimum 50 persen dari setiap kepemilikan investor.

- Periode pengajuan: tanggal 26 Oktober2022 sampai 4 November 2022.- Setelmen: tanggal 10 November 2022.

K. Aset SBSN : Proyek dalam APBN Tahun Anggaran 2021dan BMN berupa tanah dan/atau bangunan, dengan nilai dan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh Menteri Keuangan untuk digunakan sebagai Aset SBSN dalam rangka penerbitan ST008.

Ingin investasi cuan, aman, mendukung pembangunan nasional serta membantu mengurangi dampak perubahan iklim? Ayo segera pesan Green Sukuk Ritel ST008 mulai Senin (1/11/2021) di Bareksa.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Green Sukuk Ritel ST008 ditawarkan 1-17 November 2021. Investasi mulai dari Rp1 juta dan maksimal Rp1 miliar. ST008 merupakan salah satu jenis SBN Ritel syariah dengan fitur tidak bisa diperdagangkan dengan tenor investasi 2 tahun dan kupon bersifat mengambang dengan batas minimal.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.