BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Early Redemption ST007 Dibuka, Yuk Tunggu Penerbitan ST008

Abdul Malik26 Oktober 2021
Tags:
Early Redemption ST007 Dibuka, Yuk Tunggu Penerbitan ST008
Ilustrasi Muslimah yang bernvestasi di reksadana syariah dan SBN, termasuk ST007 dan ST008. (Shutterstock)

Mulai 26 Oktober 2021 hingga 4 November 2021, investor ST007 dapat melakukan pencairan sebelum jatuh tempo

Bareksa.com - Ada kabar buat investor Suku Tabungan (ST) seri ST007. Mulai hari ini atau Selasa 26 Oktober 2021 hingga 4 November 2021, investor ST007 dapat melakukan pencairan sebelum jatuh tempo (Early Redemption).

Melansir laman resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu), sesuai dengan memorandum informasi Sukuk Tabungan (ST) seri ST007, maka pemerintah menyediakan fasilitas early redemption ST007 dengan pokok-pokok ketentuan dan persyaratan sebagai berikut :

Illustration

Sumber: Kementerian Keuangan

Promo Terbaru di Bareksa

Tata cara pengajuan early redemption sebagai berikut :

a. Pengajuan pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption) dilakukan pada masa pengajuan (window) early redemption melalui sistem elektronik yang ada di mitra distribusi tempat pemilik ST007 melakukan pemesanan secara elektronik yang terhubung dengan jaringan internet.

b. Investor melakukan pengajuan pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption) dengan memasukkan jumlah nilai ST007 yang diajukan melalui sistem elektronik pada mitra distribusi.

c. Setiap pengajuan pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption) akan diteruskan secara real time ke sistem elektronik pada Kementerian Keuangan.

d. Sistem elektronik pada Kementerian Keuangan akan melakukan validasi atas pengajuan pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption) terhadap kesesuaian atas ketentuan mengenai pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption).

e. Pada tanggal setelmen, pemilik ST007 akan menerima pokok ST007 sebesar nominal yang diajukan pada saat periode pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption) beserta kupon selama 1 (satu) bulan yang jatuh tempo pada 10 November 2021, sesuai ketentuan dan persyaratan yang berlaku. Apabila pembayaran pokok dan kupon ST tersebut bertepatan.

f. Dengan hari di mana operasional sistem pembayaran tidak diselenggarakan oleh Bank Indonesia, maka pembayarannya akan dilakukan pada hari kerja berikutnya tanpa kompensasi bunga.

g. Dalam hal sistem elektronik pada mitra distribusi tidak lagi tersedia yang mengakibatkan pemilik ST007 tidak dapat melakukan pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption), maka pemerintah berwenang mengalihkan pengajuan pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption) kepada mitra distribusi lain atau mengambil kebijakan lain yang akan ditentukan kemudian.

Bareksamerupakan salah satu mitra distribusi SBN Ritel yang salah satunya seri Sukuk Tabungan seri ST007.

Seri ST008

Menyusul seri ST007, pemerintah akan menerbitkan Sukuk Tabungan seri ST008 yang sekaligus SBN Ritel terakhir diterbitkan sepanjang tahun ini.

Merujuk jadwal penerbitan SBN Ritel 2021 yang disampaikan Kementerian Keuangan pada awal-awal tahun, selanjutnya akan terbit Sukuk Tabungan (ST) seri ST008 pada 1-17 November 2021.

Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Risiko Kementerian Keuangan, Deni Ridwan menyampaikan sejauh ini rencana penerbitan ST008 pada November 2021, masih sesuai jadwal. "Kita masih ada Sukuk Tabungan yang non-tradable untuk akhir tahun," kata Deni kepada Bareksa, Senin (18/10/2021).

Siap berinvestasi? Tungggu kabar lebih selanjutnya dan ST008 juga akan bisa dibeli di Bareksa.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ST008 merupakan salah satu jenis SBN Ritel syariah dengan fitur tidak bisa diperdagangkan dengan tenor investasi 2 tahun.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua