BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Siap-siap! Menyusul ORI020, Bulan Depan Pemerintah Terbitkan ST008

Abdul Malik21 Oktober 2021
Tags:
Siap-siap! Menyusul ORI020, Bulan Depan Pemerintah Terbitkan ST008
Ilustrasi perempuan investor sedang memantau jadwal penerbitan SBN Ritel, termasuk Sukuk Tabungan, ORI, SBR dan Sukuk Ritel. (Shutterstock)

Sukuk Tabungan dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury)

Bareksa.com - Menyusul penerbitan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI020, pemerintah masih berencana masih akan menerbitkan lagi Surat Berharga Negara (SBN) Ritel yakni Sukuk Tabungan (ST) seri ST008.

ST008 merupakan SBN Ritel keenam sekaligus SBN Ritel terakhir yang diterbitkan pada tahun ini.

Illustration

Jika smart investor berminat investasi di Sukuk Tabungan, ada baiknya simak ulasan berikut untuk memastikan apakah instrumen investasi ini cocok dengan profil risiko kamu ya.

Promo Terbaru di Bareksa

Lalu apa sebenarnya instrumen investasi Sukuk Tabungan itu?

Melansir laman resmi Sikapi Uangmu OJK, Sukuk Tabungan adalah produk investasi berbasis syariah yang diterbitkan oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan.

Sebagai salah satu varian produk investasi ritel, Sukuk Tabungan sangat terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat. Sukuk Tabungan yang pemerintah terbitkan sebelumnya, minimum pembeliannya Rp1 juta. Di sisi lain Sukuk Tabungan memiliki jangka waktu yang sesuai dengan kebutuhan tabungan investasi masyarakat yakni dua tahun.

Meski tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder seperti ORI atau Sukri, tetapi Sukuk Tabungan tetap likuid alias bisa ditarik sewaktu-waktu karena ada fasilitas pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption).

Berikut Karekteristik Sukuk Tabungan

Illustration

Sumber: Kementerian Keuangan

Kementerian Keuangan menyebutkan Sukuk Tabungan dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Siap berinvestasi di ST008? Pantengin jadwalnya di Bareksa ya.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ST008 merupakan salah satu jenis SBN Ritel syariah dengan fitur tidak bisa diperdagangkan dengan tenor investasi 2 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta dan maksimal Rp2 miliar.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua