BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Avrist AM : ST008 Segera Terbit, Minat Investor Terhadap SBN Ritel Masih Tinggi

Abdul Malik22 Oktober 2021
Tags:
Avrist AM : ST008 Segera Terbit, Minat Investor Terhadap SBN Ritel Masih Tinggi
Ilustrasi perempuan investor yang gembira karena telah berinvestasi di SBN Ritel termasuk ORI, SR, ST, dan SR, dan reksadana. (Shutterstock)

Minat investor berinvestasi di SBN Ritel karena inflasi dan bunga pasar uang saat ini masih rendah

Bareksa.com - Direktur Avrist Asset Management, Tubagus Farash Akbar Farich, menilai minat investor terhadap reksadana dan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel masih akan tinggi sepanjang tahun ini.

"Contohnya jumlah investor ritel di reksadana kami tumbuh 100 persen dibandingkan tahun lalu. Dari 41.000 pada agustus 2020 menjadi 155.000 pada agustus 2021," kata Farash kepada Bareksa, Kamis (21/10/2021).

Tidak berbeda, Farash menyampaikan demand pada SBN Ritel seperti pada ORI020 tetap besar demand -nya seperti ORI019. Dia mengatakan jika pemerintah menaikkan target penerbitan dari Rp15 triliun, pun bisa terpenuhi.

Promo Terbaru di Bareksa

"Kayaknya demand bisa di atas Rp20 triliun, tapi Kementerian Keuangan mungkin batasi penerbitannya seperti di lelang dikurangi banyak pada sisa tahun ini karena defisit APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) kayaknya lebih rendah dari estimasi awal," papar Farash.

ST008

Menurutnya tingginya minat investor ritel berinvestasi pada SBN Ritel, juga disebabkan karena inflasi dan bunga pasar uang saat ini masih rendah. Karena itu investor mencari instrumen investasi lainnya sebagai bagian diversifikasi investasi. Sukuk Tabungan seri ST008 bisa menjadi altarnatif tambahan bagi investor ritel.

"ST008 akan diminati karena saya rasa dari sisi demand invividu masih sangat kuat," kata Farash.

Ingin berinvestasi di Sukuk Tabungan seri ST008? Jika iya, tunggu pengumuman lebih lanjut dari Kementerian Keuangan ya. Rencana awalnya, ST008 akan diterbitkan pada 1-17 November 2021. Terus pantengin di Bareksa.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ST008 merupakan salah satu jenis SBN Ritel syariah dengan fitur tidak bisa diperdagangkan dengan tenor investasi 2 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta dan maksimal Rp2 miliar.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua