Berita / SBN / Artikel

Terbit Senin Pekan Depan, Perhatikan Struktur ORI020 Berikut Ini!

Berbeda dengan ORI019, pada ORI020 pemerintah menetapkan maksimum pemesan hanya Rp2 miliar
Abdul Malik • 28 Sep 2021
cover

Ilustrasi perempuan investor yang gembira karena telah berinvestasi di ORI020 dan memantaunya melalui ponsel. (Shutterstock)

Bareksa.com - Untuk kedua kalinya, pemerintah akan kembali menerbitkan Obligasi Ritel Negara (ORI) tahun ini. Kali ini ORI seri ORI020 yakni pada 4 hingga 21 Oktober 2021. Sebelumnya pada 26 Januari 2021-18 Februari 2021, pemerintah telah menerbitkan ORI019.

ORI020 merupakan salah satu sumber pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di tahun ini atau 2021. Saat bersamaan ORI020 merupakan pilihan instrumen investasi dengan risiko rendah nyaris tidak ada risiko, bagi para pemilik modal ritel.

"Tak cuma sekadar instrumen yang aman, menguntungkan dan mudah, ORI juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk membangun negeri," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfriman beberapa waktu lalu.

Seperti ORI seri sebelumnya, ORI020 juga akan dijual melalui jalur online. ORI020 nantinya bisa dibeli melalui 27 mitra distribusi baik bank, sekuritas dan fintech. Salah satu mitra distribusi adalah Bareksa, platform e-investasi terbesar di Indonesia.

Anda juga ingin berinvestasi di ORI seri ORI020? Ada baiknya memperhatikan struktur ORI020 yang dirilis Kementerian Keuangan berikut :

Sumber: Kementerian Keuangan

ORI020 akan jatuh tempo pada 15 Oktober 2024. Investor ritel bisa memesan ORI020 dengan minimum pemesanan senilai Rp1 juta dan maksimum pemesanan Rp2 miliar.

Mengenai batas maksimum pemesanan ORI020, kebijakan pemerintah ini berbeda dibandingkan ORI sebelumnya yakni ORI019. Pada ORI019, pemerintah menetapkan batas maksimum pemesanan Rp3 miliar.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI020 merupakan salah satu jenis SBN Ritel yang memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta dan maksimal Rp2 miliar.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.