Berita / SBN / Artikel

Apa Penyebab SR015 Laris Manis Hingga Pemesanan Tembus Rp24 Triliun?

Investor diprediksi masih akan terus memburu SR015 hingga masa penawarannya ditutup pada 15 September
Abdul Malik • 10 Sep 2021
cover

Ilustrasi perempuan investor yang gembira karena sudah berinvestasi di SR015. (Shutterstock)

Bareksa.com - Masa penawaran Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR015 tinggal hitungan hari sebelum ditutup pada 15 September 2021. Hingga Kamis sore (9/9/2021), pemesanan SR015 telah menembus angka Rp24 triliun. Apa penyebab SR015 nampak laris manis diserbu investor?

Menurut Head of Fixed Income Research Mandiri Sekuritas, Handy Yunianto, salah satu faktor yang memicu tingginya minat investor ritel terhadap SR015 adalah tingkat risiko yang terbilang rendah. Faktor lainnya, terbitnya insentif Pajak Penghasilan (PPh) bunga obligasi yang diturunkan menjadi 10 persen.

Handy mengatakan di tengah ketidakpastian yang masih tinggi dari penyebaran virus Corona, sukuk berdurasi pendek merupakan piilihan investasi yang tepat bagi pada investor ritel.

"Dengan bunga deposito yang sudah rendah saat ini, credit risk SR015 juga bisa dibilang 0 persen," katanya dilansir Bisnis (9/9/2021).

Handy mengatakan meski kupon SR015 tidak setinggi seri pendahulunya, tingkat kupon tersebut relatif masih menarik. Alasannya, tingkat suku bunga yang berlaku pada masa penawaran SR015 dengan seri terdahulunya berbeda.

Berpotensi Lewati Penjualan ORI019

Makanya, dengan masa penawaran yang masih berlangsung hingga 15 September mendatang, Handy memperkirakan jumlah penjualan SR015 dapat mendekati angka penjualan obligasi ritel (ORI) seri ORI019 yang ditawarkan pada awal tahun ini, yakni di kisaran Rp26 triliun.

"Mungkin bisa melebihi target itu, kecuali penjualannya ditutup lebih cepat oleh pemerintah," lanjutnya.

Senada dengan Hendy, Head of Investment Research Infovesta Utama, Wawan Hendrayana menyampaikan jumlah penjualan SR015 berpotensi melebihi seri ORI019. Penilaian tersebut seiring dengan minat investor terhadap instrumen yang aman, return yang pasti, serta risiko yang rendah.

Menurut Wawan, return dari SR015 terbilang masih lebih tinggi bila dibandingkan dengan deposito. Jika investor berinvestasi di deposito, akan mendapatkan bunga kotor sesuai dengan suku bunga acuan Bank Indonesia, yakni 3,5 persen. Dengan begitu, investor akan mendapatkan return bersih sekitar 2,7 persen dari deposito.

"Sementara, dengan aturan pajak obligasi yang diturunkan menjadi 10 persen, investor SR015 akan mendapat net return 4,59 persen per tahunnya," kata Wawan.

Dia menilai investor kemungkinan masih akan terus memburu SR015 hingga masa penawarannya ditutup. Dia memprediksi jumlah penjualan SR015 akan berada di kisaran Rp24 triliun hingga Rp25 triliun sampai masa penawaran berakhir.

Promo SR015 di Bareksa

Siapa sih yang tidak ingin investasi di produk yang halal, menguntungkan, aman, bisa membantu negara, dan masih dapat hadiah lagi. Nah di pekan terakhir masa penawaran Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR015Bareksa menyelenggarakan promo SR015 Last Week Deal. 

Smart investor berkesempatan untuk mendapatkan hadiah emas 1 gram dan 30 voucher reksadana senilai Rp50.000 dengan menggunakan kode promo LASTSR15 untuk nasabah yang melakukan pembelian SR015 minimal Rp1 juta.

Yuk cek syarat dan ketentuannya berikut ini :

1. Periode promo berlangsung pada 7 - 15 September 2021

2. Pembelian berlaku untuk produk SBN Ritel seri SR015 dengan memasukkan kode promo LASTSR15

3. Pembelian berlaku kelipatan

4. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa

5. Pembeli dengan nominal terbanyak (untuk hadiah emas) dan tercepat (untuk hadiah reksadana) berhak memenangkan hadiah

6. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada 28 September 2021 melalui akun media sosial Bareksa dan email

7. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindah tangankan

8. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

9. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa

10. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika nasabah terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi.

Jangan sampai ketinggalan untuk investasi di SR015. Segera pesan SR015 di Bareksa dan raih hadiahnya. Langsung pakai kode promonya di www.bareksa.com atau melalui aplikasi Bareksa. ​

Hati-hati terhadap penipuan, promo hanya diumumkan melalui media sosial dan website resmi Bareksa. Pastikan sudah follow dan pantengin terus akun Bareksa ya.

(Martina Priyanti/AM)

​***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR015 ditawarkan mulai 20 Agustus hingga 15 September 2021. SR015 merupakan salah satu jenis SBN Ritel syariah yang memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 miliar dan maksimal Rp3 miliar.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.