BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Beli SBR010 di Bareksa, Bisa Bayar via M-Banking dan OVO di Tokopedia

Hanum Kusuma Dewi07 Juli 2021
Tags:
Beli SBR010 di Bareksa, Bisa Bayar via M-Banking dan OVO di Tokopedia
Ilustrasi seorang investor sedang menggunakan handphone dan laptop untuk melakukan transaksi investasi SBN dan pembayaran dengan aplikasi online. (shutterstock)

Bayar SBN di Tokopedia bisa pakai metode virtual account, OVO, LinkAja dan pembayaran instan

Bareksa.com - Masa penawaran Surat Berharga Negara (SBN) ritel seri Savings Bond Ritel SBR010 sedang berlangsung mulai 21 Juni hingga 15 Juli 2021. Masyarakat Indonesia bisa membeli investasi yang aman dijamin negara ini secara online melalui aplikasi Bareksa.

Untuk investor yang sudah order beli SBR010 melalui aplikasi Bareksa, simpan kode billing dan selesaikan pembayaran dalam jangka waktu 3 jam setelah order dibuat. Metode pembayaran tersedia di Bareksa ada ATM, Internet Banking, Mobile Banking, E-commerce dan Teller Bank.

Bagi beberapa investor pengguna Mobile Banking mungkin menemukan metode bayar SBN ini di Bareksa terbatas pada beberapa bank saja, yaitu Bank Mandiri dan Bank BNI. Selain itu, tidak ada pembayaran dengan dompet digital seperti OVO atau LinkAja.

Promo Terbaru di Bareksa

Bila investor ingin membayar dengan M-Banking BCA, misalnya, atau metode lain seperti OVO dan LinkAja, investor bisa memilih metode E-commerce Tokopedia. Di Tokopedia, metode pembayaran lebih lengkap dan bisa menggunakan OVO juga.

Cara bayar SBN di aplikasi Tokopedia setelah memesan SBR010 di Bareksa

1. Login Akun Tokopedia

Masuk ke aplikasi Tokopedia dengan menggunakan nomor handphone atau akun terdaftar.

2. Pilih Menu Tagihan

Dari halaman depan, pilih menu Top-Up/Tagihan

Illustration

3. Pilih SBN di Kategori Layanan Pemerintah

Di kategori Layanan Pemerintah, pilih menu SBN.

Illustration

4. Masukkan Kode Billing

Masukkan kode billing yang didapat dari pemesanan (order) SBR010 di Bareksa. Kemudian, klik Cek Tagihan

Illustration

5. Periksa Detail Pembayaran

Akan muncul detail pembayaran mulai dari kode billing, nama dan jumlah tagihan.

Bila sudah sesuai, klik Pilih Pembayaran

Illustration

6. Pilih Metode Pembayaran

Illustration

Di bagian pembayaran, Lihat Semua metode pembayaran yang tersedia dan bisa digunakan untuk pembayaran SBN, termasuk:

  • OVO (OVO Cash dan OVO Points)
  • Saldo Tokopedia (TokoPoints)
  • Kartu Kredit dan Debit
  • Virtual Account (bisa diselesaikan dengan M-Banking) termasuk Mandiri Virtual Account, BCA Virtual Account, BRIVA, BNI Virtual Account, BTN Virtual Account, Danamon Virtual Account, CIMB Virtual Account serta Virtual Account lainnya dalam jaringan Prima.
  • Pembayaran Instan termasuk Klik BCA, BCA Klikpay, BRI e-Pay, Jenius Pay, JakOne Mobile Bank DKI, OCTO Clicks, Layanan Syariah LinkAja dan LinkAja.

Setelah memilih metode pembayaran yang diinginkan, ikuti petunjuk pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih dan klik Bayar. Kemudian simpan bukti pembayarannya, dengan cara tangkap layar (screen capture).

7. Kembali ke Aplikasi Bareksa

Buka Menu SBN dan lihat Riwayat Transaksi. Klik Transaksi pembelian SBN yang baru dibuat dan upload bukti pembayaran. Klik Konfirmasi Pembayaran.

Illustration

Transaksi pembelian SBN sudah selesai. Kepemilikan SBR010 dibuktikan dengan kode NTPN (Nomor Tanda Penerimaan Negara) yang terlihat di portofolio/riwayat transaksi. Investor juga akan mendapatkan e-mail dari Kementerian Keuangan yang berisi rincian pemesanan SBN Ritel.


* * *

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemerintah membuka penawaran SBN Ritel jenis SBR010 mulai 21 Juni 2021 hingga 15 Juli 2021. Dengan membeli SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara. SBN ritel bisa dipesan di sejumlah mitra distribusi yang ditunjuk Kemenkeu, termasuk Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa daftar ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.



Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua