Berita / SBN / Artikel

Begini Mekanisme Penjualan ORI019 di Pasar Sekunder

ORI merupakan merupakan instrumen Surat Utang Negara (SUN) yang dapat diperjualbelikan di pasar sekunder
Abdul Malik • 28 Jan 2021
cover

Ilustrasi investasi di Surat Berharga Negara (SBN). (Shutterstock)

Bareksa.com - Pemerintah mulai 25 Januari hingga 18 Februari 2021, menawarkan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI019. Marketplace Bareksa menjadi salah satu mitra distribusi ORI019.

Seperti diketahui ORI adalah instrumen surat utang yang 100 persen dijamin oleh negara. ORI memiliki jangka waktu tiga tahun, tapi bisa dijual sebelum jatuh tempo dan diperdagangkan (tradable).

Bagaimana mekanisme transaksi ORI di pasar sekunder?

Kementerian Keuangan menyebutkan tahap pertama, ORI merupakan merupakan instrumen Surat Utang Negara (SUN) yang dapat diperjualbelikan di pasar sekunder.

Kedua, perdagangan ORI di pasar sekunder dilakukan sebagaimana instrumen obligasi lainnya dilakukan di luar bursa (over the counter/OTC) dan atau melalui sistem ETP (Electronic Trading Platform).

Ketiga, apabila investor bermaksud untuk memperdagangkan ORIsebelum jatuh tempo, investor dapat menghubungi Midis (mitra distribusi) di mana investor pertama kali membeli ORI.

Keempat, apabila investor ingin membeli ORI di pasar sekunder, dapat menghubungi bank dan perusahaan sekuritas yang melayani pembelian Surat Berharga Negara (PPEEBUS - Perantara PedagangEfek untuk Efek Bersifat Utang dan Sukuk).

Kementerian Keuangan menyebutkan perpindahan kepemilikan ORI019 di pasar sekunder hanya dapat dilakukan antar investor domestik.

Mekanisme dalam Analogi

Teknisnya, seperti dalam analogi berikut. Mari kita ibaratkan ORI019 seperti mobil yang baru keluar dari pabrikan. Ketika kita memesan pertama kali, kita mendapatkannya langsung dari diler resmi. Nah dalam ORI, diler resmi ini adalah mitra distribusi seperti Bareksa.

Setelah masyarakat selesai memesan ORI019 dalam masa penawaran, mereka menjadi investor perdana. Para investor perdana bisa menjual ORI019 setelah mendapat kupon perdana melalui mitra distribusi, yaitu Bareksa. ​

Kemudian, pasar sekunder pun dimulai.ORI019 ini ibaratnya mobil langka yang hanya dibuat (dalam hal ini diterbitkan) pada masa penawaran saja. Makanya, kalau ada pembeli yang tidak kebagian mobil langka ini, mereka bisa membelinya di pasar mobil bekas, atau pasar sekunder (secondary market).

Maka, pasar sekunder adalah pasar keuangan yang digunakan untuk memperdagangkan instrumen efek yang telah diterbitkan dalam penawaran umum perdana.

Tertarik untuk berinvestasi ORI019? Bisa melalui marketplace Bareksayang menjadi salah mitra distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online) ORI019.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI019 adalah satu seri SBN ritel yang bisa dipesan online di sejumlah mitra distribusi Kemenkeu, termasuk Bareksa. 

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.