BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Pemerintah Resmi Luncurkan Green Sukuk Ritel ST007, Investasi Sekaligus Menjaga Bumi

Hanum Kusuma Dewi06 November 2020
Tags:
Pemerintah Resmi Luncurkan Green Sukuk Ritel ST007, Investasi Sekaligus Menjaga Bumi
Direktur Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan RI, Luky Alfirman dalam Grand Launching Sukuk Tabungan ST007

Dana hasil penerbitan ST007 akan digunakan untuk proyek-proyek berbasis lingkungan

Bareksa.com - Pemerintah membuka masa penawaran Sukuk Tabungan seri ST007, dengan mengusung tema lingkungan sehingga disebut Green Sukuk Ritel. Surat Berharga Syariah Negara ini merupakan seri terakhir yang ditawarkan untuk investor ritel tahun ini.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Luky Alfirman mengatakan tujuan penerbitan Green Sukuk Ritel-Sukuk Tabungan seri ST007 ini tidak hanya untuk memenuhi pembiayaan APBN, tetapi juga untuk memberikan kesempatan kepada setiap Warga Negara Indonesia untuk dapat berpartisipasi mendukung pembangunan nasional.

"Berinvestasi di Green Sukuk Ritel-Sukuk Tabungan ST007 sekaligus membantu mengatasi dampak dari perubahan iklim karena hasil penerbitannya akan digunakan untuk membiayai proyek-proyek hijau dalam APBN," ujar Luky dalam sambutannya di acara Grand Launching Green Sukuk Ritel-Sukuk Tabungan ST007 secara virtual, 4 November 2020.

Promo Terbaru di Bareksa

Sukuk Tabungan adalah pernyataan kepemilikan sebagian aset negara, yang memiliki jangka waktu dua tahun. Bila kita membeli Sukuk Tabungan artinya kita membeli aset negara. Aset ini kemudian akan kita sewakan kembali kepada pemerintah hingga saat jatuh tempo, atau masa berlakunya habis.

Imbalan atau kupon ST007 telah ditetapkan 5,5 persen persen per tahun dengan sistem floating with floor. Artinya, imbalan bisa naik bila acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate naik, tetapi tidak bisa turun dari batas minimal (floor) di 5,5 persen.

Peluncuran ST007 ini mengusung tema lingkungan dengan tagline “Dari Diri Untuk Bumi” dan tagar #JadiLebihBijak. Green Sukuk Ritel ini adalah yang kedua setelah tahun lalu Pemerintah Indonesia juga meluncurkan ST006. Hingga saat ini, Indonesia adalah satu-satunya penerbit Green Sukuk Ritel di dunia.

Mengapa ST007 disebut Green Sukuk Ritel? Sebab, dana hasil penerbitan ST007 akan digunakan untuk proyek-proyek berbasis lingkungan (green projects) yang sesuai dengan komitmen pemerintah dalam green framework untuk mengurangi efek emisi karbon di dunia. Proyek yang masuk dalam green framework antara lain transportasi, sarana prasarana kereta api, energi, energi terbarukan, manajemen sampah, manajemen air, dan pertanian.

Investasi di ST007 bisa dimulai dengan modal terjangkau Rp1 juta, tetapi dampak yang diberikan bisa sangat besar. Menurut Senior Specialist for Sustanaible Finance, UNDP, Mariska Adeline Sukmajaya, mengatakan investasi ST007 bisa mendukung penurunan karbon.

"Dengan Rp1 juta yang kita taruh dalam pembiayaan negara ini, kita bisa ikut berkontribusi dalam menurukan gas emisi rumah kaca hingga 2 ton," ujar Mariska dalam talkshow di acara Grand Launching ST007.

Sementara itu, Direktur Pembiayaan Syariah DJPPR Dwi Irianti Hadiningdyah menjelaskan berbagai proyek yang dibiayai oleh Sukuk. Contohnya, Rel Kereta Api Cirebon-Kroya, Rel Kereta Api Manggarai, National Park di Halmahera dan di Bogor.

"Sukuk Tabungan menggunakan label green ini dari sisi nasionalis juga menunjukkan kepedulian terhadap bumi. Investor tidak hanya mendapatkan imbalan, tetapi juga berkontribusi menjaga bumi untuk masa depan," jelas Dwi.

Sukuk Tabungan ST007 bisa dipesan selama masa penawaran secara online melalui sejumlah mitra distribusi, termasuk Bareksa. Masa penawaran ST007 dimulai 4 November 2020 pukul 9:00 WIB hingga 25 November 2020 pukul 10:00 WIB.

Baca juga 17 Ketentuan Green Sukuk Ritel ST007, sebelum membelinya.

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemerintah membuka masa penawaran Green Sukuk Ritel, Sukuk Tabungan seri ST007 pada 4-25 November 2020. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan ORI018.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.




Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua