Imbalan ST007 Floating With Floor, Apa Artinya?

Imbalan Sukuk Tabungan berupa uang sewa (ujrah) yang sesuai dengan prinsip syariah
Hanum Kusuma Dewi • 05 Nov 2020
cover

Kupon floating with floor disebut juga mengambang dengan batas minimum

Bareksa.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan sedang menawarkan produk investasi untuk masyarakat yang aman dan dijamin negara, yaitu Sukuk Tabungan seri ST007. Disebut juga sebagai Green Sukuk Ritel, ST007 adalah investasi syariah yang mengusung tema lingkungan. 

Sebagai investasi, ST007 memberikan keuntungan berupa imbalan (kupon) minimum sebesar 5,5 persen per tahun. Penetapan kupon ini berdasarkan acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate saat ini di 4 persen, ditambah dengan selisih (spread) tetap sebesar 1,5 persen, sehingga hasilnya 5,5 persen. 

Perlu dipahami, kupon atau imbalan ini sifatnya floating with floor. Apa itu floating with floor

Kupon floating with floor disebut juga mengambang dengan batas minimum. Artinya, nilai kupon bisa naik bila acuan naik, tetapi tidak bisa turun dari batas minimum yang ditetapkan dan akan ditinjau (review) setiap tiga bulan sekali. 

Untuk memahaminya, mari kita gunakan simulasi. 

Bila Acuan Naik

Misalnya, BI 7-Day Reverse Repo Rate naik menjadi 4,5 persen. Maka, kupon ST007 bisa ditinjau untuk naik dengan perhitungan: 4,5 persen ditambah 1,5 persen menjadi 6 persen per tahun. 


Bila Acuan Turun

Bila BI 7-Day Reverse Repo Rate turun misalnya menjadi 3,5 persen. Angka ini lebih rendah dari acuan ketika kupon diumumkan, maka kupon ST007 akan tetap di 5,5 persen per tahun. 

Nah dengan simulasi tersebut kita bisa memahami bahwa investasi di Sukuk Tabungan ST007 menguntungkan. Sebab, imbalan atau kuponnya sudah pasti lebih tinggi daripada acuan. Selain itu, tidak ada risiko suku bunga turun karena sudah ditetapkan batas minimalnya. 

Sesuai Syariah

Sukuk adalah Surat Berharga Syariah Negara, yang pengelolaannya berbeda dengan obligasi konvensional. Sukuk Tabungan adalah bukti kepemilikan atas aset negara, dan bukan surat utang. 

Pada sukuk, imbal hasil yang diberikan adalah berupa uang sewa (ujrah) yang sesuai dengan prinsip syariah Islam dan tidak mengandung unsur riba. Pertanyaannya, sukuk ini berdasarkan prinsip syariah dan menghindari bunga, mengapa bisa memberikan imbalan yang mengambang atau floating

Untuk memahami hal ini, mari kita gunakan analogi. Seperti penjelasan sebelumnya, imbalan sukuk tabungan yang diterima oleh investor berupa uang sewa atau ujrah. Kita analogikan investor sebagai pemilik rumah kontrakan, kemudian pemerintah sebagai penyewa rumah tersebut. 

Dalam analogi ini, pemerintah setiap bulan membayar uang sewa kepada investor yang memiliki rumah. Besaran uang sewa tersebut sudah ditetapkan di awal, tetapi setiap tiga bulan harus ditinjau ulang, karena melihat kondisi ekonomi yang ada seperti tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan lain-lain. 

Lantas, acuan untuk penyesuaian imbalan tersebut adalah BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI 7DRRR). Penggunaan acuan ini bukan berarti imbalan sukuk bentuknya jadi bunga bank, yang hukumnya haram dalam Islam, melainkan hanya menjadikannya patokan. Perlu diingat, besaran imbalan sudah ditetapkan sebelumnya, yaitu BI 7DRRR ditambah selisih 1,5 persen. 

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemerintah membuka masa penawaran Green Sukuk Ritel, Sukuk Tabungan seri ST007 pada 4-25 November 2020. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan ORI018.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.