BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Sukuk Tabungan ST007 Punya Fasilitas Early Redemption, Apa Syaratnya?

Hanum Kusuma Dewi20 November 2020
Tags:
Sukuk Tabungan ST007 Punya Fasilitas Early Redemption, Apa Syaratnya?
Ilustrasi investasi dengan jangka waktu yang digambarkan dengan jam pasir dan tumpukan uang koin.

Fasilitas ini tidak dikenakan biaya oleh pemerintah, sehingga semuanya gratis

Bareksa.com - Sukuk Tabungan adalah investasi syariah yang ditawarkan bagi masyarakat Indonesia. Seri terbaru Sukuk Tabungan ST007 disebut juga Green Sukuk Ritel karena hasil penerbitannya akan digunakan untuk membiayai proyek bertemakan lingkungan.

Sebagai investasi, ST007 memberikan imbal hasil (kupon) sebesar 5,5 persen per tahun dengan sifat floating with floor. ST007 memiliki jangka waktu 2 tahun tetapi bisa dicairkan sebelum jatuh tempo dengan fasilitas pelunasan awal atau early redemption.

Syarat Early Redemption ST007

  1. Minimal pembelian Rp2 juta
  2. Nilai yang dapat dicairkan minimal Rp1 juta dan maksimal 50 persen dari total kepemilikan investor
  3. Nominal yang diajukan Rp1 juta dengan kelipatan Rp1 juta
  4. ST007 telah dimiliki selama 12 bulan
  5. Investor mengajukan pencairan awal di platform mitra distribusi (Bareksa) pada periode 26 Oktober 2021 pukul 9:00 WIB sampai 4 November 2021 pukul 10:00 WIB.

Bila persyaratan tersebut telah dipenuhi, investor bisa menerima pembayaran atau setelmen early redemption pada 10 November 2021, langsung di rekening terdaftar.

Promo Terbaru di Bareksa

Fasilitas ini tidak dikenakan biaya (redemption cost) oleh pemerintah, sehingga semuanya gratis.

Perlu dicatat, kupon yang diterima setelah early redemption akan disesuaikan dengan nilai ST007 yang tersisa dalam portofolio investor.

Pembelian Beberapa Kali

Perlu diketahui, fasilitas early redemption berlaku untuk 50 persen dari nilai investasi dengan sisa nilai investasi kelipatan Rp1 juta. Karena itu, investor yang berniat melakukan early redemption sebaiknya membeli ST007 dengan kelipatan Rp2 juta. Investor yang membeli ST007 senilai Rp1 juta, tidak memiliki fasilitas early redemption.

Pembelian ST007 dapat dilakukan dengan pemesanan beberapa kali selama masa penawaran 4-25 November 2020. Namun, fasilitas early redemption berlaku hanya untuk per pesanan.

Contoh, apabila investor membeli ST007 secara bertahap, yakni Rp1 juta pada pesanan pertama dan Rp3 juta pada pesanan kedua, total kepemilikan ST007 investor dalam portofolio menjadi Rp4 juta. Meskipun investor memiliki ST007 senilai Rp4 juta, hak early redemption yang didapat hanya Rp1 juta.

Hal itu terjadi karena pemesanan awal Rp1 juta tidak memiliki fasilitas early redemption sedangkan pemesanan kedua Rp3 juta memiliki fasilitas early redemption Rp1 juta. Adapun untuk melakukan early redemption investor harus menyisakan dana investasinya dengan kelipatan Rp1 juta.

* * *

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemerintah membuka masa penawaran Green Sukuk Ritel, Sukuk Tabungan seri ST007 pada 4-25 November 2020. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan ST007.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.






Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua