BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Fitch Ratings : Peringkat Samurai Bond Indonesia BBB Outlook Stabil

Bareksa18 Juli 2020
Tags:
Fitch Ratings : Peringkat Samurai Bond Indonesia BBB Outlook Stabil
Ilustrasi obligasi surat utang negara surat berharga negara yang digambarkan dengan kertas sertifikat obligasi dengan kacamata dan pulpen.

Peringkat akhir sejalan dengan peringkat default emiten mata uang asing jangka panjang Indonesia (IDR)

Bareksa.com - Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings memberikan peringkat akhir BBB, terhadap surat utang negara berdenominasi yen Jepang atau samurai bond yang bernilai 100 miliar yen. Seperti dilansir Kontan, Fitch Ratings mengumumkan penetapan peringkat kredit akhir BBB untuk samurai bond Indonesia menggantikan ekspektasi BBB (EXP).

"Peringkat akhir sejalan dengan peringkat default emiten mata uang asing jangka panjang Indonesia (IDR) dari BBB dengan outlook stabil," tulis Fitch Ratings.

Disebutkan, terdapat beberapa faktor yang disebut Fitch bisa mengerek peringkat kredit Indonesia. Mulai dari turunnya kerentanan eksternal lewat naiknya cadangan devisa, berkurangnya ketergantungan terhadap volatilitas harga komoditas, perbaikan berkelanjutan dari indikator struktural, hingga naiknya rasio pendapatan pemerintah.

Promo Terbaru di Bareksa

Sementara untuk faktor yang berpotensi tindakan peringkat negatif (downgrade), Fitch menyebut penurunan cadangan devisa berkelanjutan dan peningkatan yang cepat dalam keseluruhan beban utang. Selain itu, melemahnya kerangka kebijakan yang bisa merusak stabilitas ekonomi makro juga dinilai menjadi sentimen negatif.

Penerbitan

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu) pada 2 Juli 2020, telah berhasil mengantongi 100 miliar yen Jepang melalui penerbitan samurai bond yang terdiri dari 5 seri, yakni RIJPY0723, RIJPY0725, RIJPY0727, RIJPY0730, dan RIJPY0740.

"Pemerintah Indonesia berhasil menerbitkan 100 miliar yen Jepang samurai bonds yang menjadi penerbitan sovereign pertama di pasar Jepang untuk 2020 dan penerbitan pertama dari penerbit Asia setelah masa pandemi," sebut DJPPR dalam siaran persnya.

Adapun joint lead arrangers dalam transaksi dimaksud adalah Daiwa Securities Co. Ltd., Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities Co., Ltd., Nomura Securities Co., Ltd., dan SMBC Nikko Securities Inc.

(AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Masa pemesanan Obligasi Negara Ritel seri ORI017 sudah ditutup 9 Juli 2020 pukul 10.00 WIB. Tunggu penerbitan SBN ritel berikutnya di Bareksa. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBN.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBN? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua