BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Darurat Corona Bisa Investasi SR012, Beli di Bareksa Bayar Pakai OVO di Tokped

Bareksa17 Maret 2020
Tags:
Darurat Corona Bisa Investasi SR012, Beli di Bareksa Bayar Pakai OVO di Tokped
Ilustrasi wanita syariah berhijab sedang menggunakan handphone smartphone ponsel untuk membeli produk investasi syariah secara online dengan pembayaran digital.

Pembayaran e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak menawarkan banyak pilihan metode bayar

Bareksa.com - Pemerintah memudahkan masyarakat untuk berinvestasi sekaligus membantu negara dengan menerbitkan instrumen Surat Berharga Negara (SBN) khusus investor ritel. Terbaru ada Surat Berharga Syariah Negara jenis Sukuk Ritel seri SR012, yang bisa dibeli secara online melalui sejumlah mitra distribusi, salah satunya adalah Bareksa. Kemudahan ini ditambah lagi dengan kanal pembayaran yang semakin beragam melalui melalui e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak.

SR012 termasuk ke dalam instrumen investasi karena masyarakat yang membeli akan mendapatkan keuntungan dari kupon (imbal hasil) tetap sebesar 6,3 persen per tahun. Di saat pemerintah mengimbau masyarakat bekerja, belajar dan beribadah di rumah untuk mengurangi risiko penyebaran pandemi virus corona covid-19, kita masih bisa berinvestasi dengan membeli SR012 yang ditawarkan secara online (e-SBN) sehingga masyarakat tidak perlu pergi ke bank atau bahkan ke luar rumah.

Waktu pesan di sbn.bareksa.com kita bisa pilih metode manapun: ATM, internet banking, teller, atau e-commerce. Namun, sebagian investor ada yang menyukai pembayaran menggunakan dompet digital seperti OVO, m-banking dan transfer melalui virtual account.

Promo Terbaru di Bareksa

Meski pilihan OVO, m-banking atau transfer melalui virtual account tidak tampil ketika kita memesan SR012 di Bareksa, kita bisa memilih metode pembayaran melalui e-commerce, seperti Tokopedia atau Bukalapak yang menawarkan banyak pilihan metode bayar. Yang terpenting, kalau sudah memesan secara online, segera catat atau salin (copy) kode billing yang kita dapatkan.

Lalu, kita harus segera membayar dalam jangka waktu 3 jam setelah pemesanan. Misal investor memesan pada pukul 9.00 WIB, pembayaran harus dilakukan sebelum pukul 12.00 WIB di hari yang sama.

Berikut langkah-langkah pembayaran melalui e-commerce Tokopedia dan Bukalapak.

CARA BAYAR SR012 DI TOKOPEDIA

1. Menu Top-Up & Tagihan

Illustration

Setelah login ke aplikasi/situs Tokopedia, cari menu Top-Up & Tagihan.

2. Penerimaan Negara

Kemudian di menu Bayar, cari ikon Penerimaan Negara

Illustration

3. Bayar PNBP

Di bagian produk penerimaan negara, pilih Bayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan masukkan kode billing. Setelah itu, klik Bayar.

Illustration

4. Konfirmasi Tagihan

Halaman berikutnya akan muncul jumlah tagihan sesuai dengan pesanan yang kita buat. Contoh di sini, pesanan senilai Rp10 juta dan kita bisa klik Lanjut.

Illustration

5. Pilih Metode Bayar

Dari sini kita bisa memilih metode pembayaran yang tersedia, mulai dari OVO, kartu debit, atau transfer m-banking melalui virtual account (VA). Kemudian, ikuti petunjuk untuk pembayaran sesuai metode yang kita pilih.

Illustration

Setelah itu jangan lupa capture halaman yang menampilkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) untuk di-upload sebagai bukti pembayaran di Bareksa.

Illustration

Dari sini, silakan kembali ke halaman web sbn.bareksa.com untuk upload bukti pembayaran Anda, berupa foto atau screen capture di menu Transaksi.

CARA BAYAR SR012 DI BUKALAPAK

1. Menu Lainnya

Setelah login ke aplikasi/situs Bukalapak, cari Menu Lainnya.

Illustration

2. Penerimaan Negara

Di bagian menu Sosial & Masyarakat, pilih menu Penerimaan Negara.

Illustration

3. Masukkan Kode Billing

Masukkan kode billing lalu klik Lanjut.

Illustration

4. Konfirmasi Pesanan

Halaman ini akan menampilkan detail pesanan SR012 dan nilainya. Bila sesuai dengan yang sudah dipesan, klik Bayar Sekarang.

Illustration

5. Pilih Metode Pembayaran

Terdapat berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih, mulai dari DANA, transfer bank, transfer m-banking melalui virtual account dengan berbagai bank yang bisa dipilih, kartu debit, One Klik, BCA Klikpay, dan CIMB Clicks. Lalu Klik Bayar.

Illustration

Setelah itu, ikuti petunjuk berdasarkan metode yang dipilih untuk melakukan pembayaran. Kemudian, jangan lupa capture halaman yang menampilkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) untuk di-upload sebagai bukti pembayaran di Bareksa.

Dari sini, silakan kembali ke halaman web sbn.bareksa.com untuk upload bukti pembayaran Anda, berupa foto atau screen capture di menu Transaksi.

Ingat, pembayaran SR012 menggunakan metode apapun harus dilakukan dalam waktu 3 jam setelah order agar pesanan tidak hangus.

Mengapa ada batas waktu pembayaran?

SR012 ini ini adalah jenis e-SBN yang mengusung sifat transaksi online: cepat, mudah, dan efisien. Layaknya kita berbelanja secara online, baik itu membeli tiket, membeli barang melalui e-commerce, ataupun membayar apapun secara online pasti ada batasan waktunya.

Begitu kita membayar, pasti kita langsung mendapatkan bukti transaksi dan kepemilikan SR012 yang bisa dilihat di menu Transaksi dan Portofolio di sbn.bareksa.com. Namun, bila kita tidak membayar dalam jangka waktu 3 jam tersebut, pemesanan kita bisa dialihkan kepada investor lain yang juga ingin memiliki SR012 sebagai investasi.

Namun, tidak perlu khawatir pesanan kita bisa dialihkan kepada orang lain sebelum jangka waktu 3 jam tersebut. Sebab, transaksi pemesanan SR012 ini sifatnya akan diproses sesuai dengan urutan pesanan yang masuk, alias first come first serve.

***

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi dari mana saja dan kapan saja.

Ayo segera pesan sekarang sebelum penawaran berakhir 18 Maret 2020 pukul 10:00 WIB!

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua