BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Simulasi Perhitungan Imbalan ST006 Kalau Beli Rp1 Juta sampai Rp3 Miliar

Bareksa06 November 2019
Tags:
Simulasi Perhitungan Imbalan ST006 Kalau Beli Rp1 Juta sampai Rp3 Miliar
Ilustrasi investor memegang lembaran uang rupiah kertas pecahan 100.000 untuk modal mendapat keuntungan investasi reksadana saham obligasi surat berharga negara

ST006 memiliki imbalan mengambang dengan batasan minimal (floating with floor) 6,75 persen per tahun

Bareksa.com - Masyarakat Indonesia kini bisa berinvestasi sekaligus membantu negara dengan membeli Sukuk Tabungan (ST) seri terbaru, ST006 yang dijual secara online. Produk yang termasuk Surat Berharga Negara (SBN) syariah ini menggunakan prinsip-prinsip Islami yang memberikan keuntungan bagi investornya tanpa riba.

Sukuk Tabungan adalah bukti kepemilikan sebagian aset negara yang disewakan kepada pemerintah dan bukan surat utang. Bila kita membeli sukuk, artinya kita membeli aset negara.

Aset ini kemudian akan kita sewakan kembali kepada pemerintah hingga saat jatuh tempo, atau masa berlakunya habis. Pada saat jatuh tempo, pemerintah akan mengembalikan uang pokok kita secara utuh dan aset negara pun kita kembalikan.

Promo Terbaru di Bareksa

ST006 memiliki imbalan mengambang dengan batasan minimal (floating with floor) 6,75 persen per tahun yang diperoleh dari BI 7 Day Reverse Repo Rate (5,00 persen) + spread 175 bps (1,75 persen).

Investasi ini sangat cocok bagi investor pemula ataupun investor ritel, karena modal awal untuk membeli sukuk ini sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp1 juta (1 unit) dan maksimal Rp3 miliar (3000 unit).

Berapa imbalan (kupon) yang diterima jika investor membeli ST006 senilai Rp1 juta?

Jika seorang investor membeli ST006 senilai Rp1 juta, maka investor akan memeroleh imbalan kotor senilai Rp67.500 per tahun, atau setara Rp5.625 per bulan. Namun, imbalan ini belum memperhitungkan potongan pajak.

Pemerintah mengenakan pajak 15 persen dari imbalan yang diterima investor karena imbalan ini tergolong penghasilan investasi. Perlu diketahui, besaran pajak yang dikenakan kepada investor ST006 adalah 15 persen, ini lebih rendah dibandingkan dengan pajak deposito yang ditetapkan sebesar 20 persen.

Simulasi Perhitungan Imbalan Investor

Illustration

Sumber: Memorandum Informasi ST006 Kemenkeu, diolah Bareksa

*Jumlah pembayaran imbalan telah dibulatkan dalam Rupiah penuh, dengan ketentuan apabila di bawah dan sama dengan 50 (lima puluh) sen dibulatkan menjadi nol, sedangkan di atas 50 (lima puluh) sen dibulatkan menjadi Rp1,00 (satu rupiah).

Seperti terlihat di dalam tabel, keuntungan bersih yang didapatkan investor per bulan sebesar Rp4.781.

Simulasi Imbalan ST006 dengan Pembelian Rp1 Juta – Rp3 Miliar

Illustration

*1 unit = Rp1.000.000,00

Sumber: Kemenkeu, diolah Bareksa

Seperti yang dijelaskan pada tabel di atas, jika kita berinvestasi sebesar Rp1 juta maka kita akan mendapatkan imbalan bersih sebesar Rp4.781 per bulan. Begitupun jika kita berinvestasi Rp500 juta, maka kita akan mendapatkan imbalan bersih Rp2,39 juta per bulan. Hingga maksimal jika kita berinvestasi Rp3 miliar, maka kita akan mendapatkan imbalan bersih Rp14,34 juta per bulan.

* * *

Ingin berinvestasi halal yang dijamin negara?

Sukuk Tabungan seri ST006 hanya bisa dibeli selama masa penawaran 1-21 November 2019. Kamu bisa mendaftar untuk memesan ST006 di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi ST006? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan ST006.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli ST006? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

(KA01/hm)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua