BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Punya Rp10 Juta di ST006 dan Deposito Bank, Mana Lebih Untung?

Bareksa12 November 2019
Tags:
Punya Rp10 Juta di ST006 dan Deposito Bank, Mana Lebih Untung?
Ilustrasi wanita Muslim berhijab sedang menghitung keuntungan investasi reksadana syariah Majoris Sukuk Negara Indonesia

Sukuk Tabungan adalah satu jenis surat berharga negara untuk masyarakat ritel yang dikelola dengan prinsip syariah

Bareksa.com - Hampir semua orang sudah mengerti tabungan dan deposito bank sebagai tempat untuk menyimpan uang yang aman dan risiko kecil. Namun, kita perlu juga tahu ada produk Sukuk Tabungan yang memiliki potensi imbal hasil lebih besar daripada deposito, sekaligus aman, dan dijamin pemerintah.

Sukuk Tabungan adalah satu jenis surat berharga negara untuk masyarakat ritel yang dikelola dengan prinsip syariah atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Sukuk adalah bukti kepemilikan sebagian aset negara yang disewakan kepada pemerintah dan bukan surat utang.

Sukuk Tabungan (ST), sesuai dengan namanya, memiliki sifat yang mirip dengan tabungan atau deposito bank tetapi uang kita akan digunakan untuk membiayai proyek hijau (green projects) pemerintah. Sukuk Tabungan memiliki jangka waktu atau masa berlaku dua tahun.

Promo Terbaru di Bareksa

Seri terbaru Sukuk Tabungan, ST006, hanya bisa dipesan selama masa penawaran 1-21 November 2019. Pemerintah, melalui Kementerian Keuangan, sudah menetapkan imbal hasilnya minimal 6,75 persen per tahun.

Meski namanya adalah tabungan, ST memiliki keunggulan lebih dibandingkan tabungan bank atau deposito pada umumnya. Ada empat keuntungan dari ST006 dibandingkan deposito bank yaitu: imbalan menarik, modal lebih terjangkau, pajak rendah, dan pencairan awal tanpa pinalti.

Untuk membandingkannya, mari kita gunakan simulasi dengan modal yang sama, yakni Rp10 juta untuk ST006 dan deposito bank. Menurut salah satu bank besar milik negara, deposito bertenor 24 bulan (2 tahun) dengan saldo Rp10 juta memberikan imbalan 4,5 persen per tahun.

Bila kita membeli ST006 sebesar Rp10 juta, kita akan mendapatkan imbalan sebesar Rp675.000 per tahun. Imbalan itu akan terkena pajak hanya 15 persen, sehingga imbalan bersih yang kita terima sebesar Rp573.750 per tahun.

Sementara itu, bila kita menaruh uang di deposito bank saja, kita hanya mendapatkan imbalan sekitar Rp450.000 per tahun. Imbalan itu terkena pajak 20 persen sehingga imbalan bersih hanya Rp382.500 per tahun.

Tabel Perbandingan Imbalan ST005 dan Deposito*

Illustration

*suku bunga salah satu bank besar milik negara

Sumber: Bareksa

Perlu dicatat, kalau ada penurunan suku bunga lagi, imbalan ST006 tidak akan turun dari batas minimal karena bersifat floating with floor. Hal ini berbeda dengan deposito yang sangat bergantung pada suku bunga acuan Bank Indonesia (BI 7DRRR).

Karena ditujukan untuk masyarakat ritel, Sukuk Tabungan bisa dibeli dengan modal terjangkau mulai Rp1 juta hingga Rp3 miliar. Berapapun saldonya, persentase imbalan atau keuntungan yang ditawarkan akan sama.

Kalau kita butuh dana mendadak sebelum jatuh tempo, ST006 bisa dicairkan awal dengan fasilitas early redemption. Fasilitas ini gratis dan tanpa pinalti, tidak seperti deposito yang mengenakan denda/pinalti kalau kita mencairkan sebelum jatuh tempo.

* * *

Ingin berinvestasi halal yang dijamin negara?

Sukuk Tabungan seri ST006 hanya bisa dibeli selama masa penawaran 1-21 November 2019. Kamu bisa mendaftar untuk memesan ST006 di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi ST006? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Belum punya NPWP tapi mau ikut beli ST006? Boleh pinjam NPWP orang tua atau suami.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan ST006.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua