BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Ini 10 Keuntungan Beli ORI untuk Investasi

Bareksa02 Oktober 2019
Tags:
Ini 10 Keuntungan Beli ORI untuk Investasi
Ilustrasi investor memegang kertas laporan keuangan dan menghitung hasil keuntungan investasi saham reksadana obligasi surat utang di depan komputer laptop

ORI016 bisa dibeli di Bareksa selama masa penawaran 2-24 Oktober 2019

Bareksa.com - Surat Berharga Negara adalah instrumen investasi yang diterbitkan oleh pemerintah untuk membiayai anggaran negara. SBN bisa menjadi instrumen investasi bagi pemegangnya (investor), karena bisa memberikan keuntungan atau imbal hasil.

Buat investor pribadi atau ritel seperti kita, SBN diterbitkan dengan cara penawaran (non-lelang) terbuka bagi publik dan kini sudah tersedia secara online melalui sejumlah mitra distribusi (midis) seperti Bareksa. Setelah sebelumnya Bareksa sudah menawarkan SBN jenis Savings Bond Ritel (SBR) dan Sukuk Tabungan (ST), Bareksa kini juga ikut menjualkan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI016.

Apa itu ORI?

Promo Terbaru di Bareksa

ORI adalah bagian dari Surat Berharga Negara yang khusus untuk investor individual atau ritel. Selain untuk membiayai anggaran negara, tujuan diterbitkannya ORI adalah untuk memberi kesempatan kepada investor individual untuk secara langsung memiliki dan memperdagangkan secara aktif dalam perdagangan Obligasi Negara.

Keuntungan ORI berupa kupon yang besaranannya tetap dan dibayarkan setiap bulan. ORI dapat diperjualbelikan di pasar sekunder setelah investor mendapatkan kupon perdana. Artinya, investor yang membeli ORI tidak harus memegangnya hingga jatuh tempo tetapi bisa menjualnya di pasar sekunder.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menetapkan kupon Obligasi Negara Ritel Seri ORI016 sebesar 6,8 persen per tahun. Keuntungan yang dibayarkan pada investor ini bisa dibilang menarik bila dibandingkan dengan acuannya.

"Menindaklanjuti penetapan tingkat kupon Obligasi Negara Ritel seri ORI016 oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko atas nama Menteri Keuangan, kami informasikan kepada Bapak/Ibu bahwa kupon ORI016 sebesar 6,80 persen per tahun dan berlaku tetap sampai dengan jatuh tempo," tulis dalam pesan singkat Kementerian Keuangan kepada mitra distribusi 30 September 2019.

Perlu diketahui, untuk pertama kalinya, ORI diperdagangkan secara online melalui mitra distribusi, termasuk Bareksa. Masa penawaran perdana ORI016 adalah pada 2-24 Oktober 2019.

Keuntungan ORI016

Selain memiliki kupon tetap dan bisa diperjualkan di pasar sekunder, ORI016 juga memiliki beberapa keuntungan lain, di antaranya:

1. Kupon dan Pokok dijamin oleh Undang-Undang.
2. Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN.
3. Kupon dengan tingkat bunga tetap sampai pada waktu jatuh tempo.
4. Kupon dibayar setiap bulan.
5. Dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder (antar Investor Domestik).
6. Tersedianya kuotasi harga beli (bid price) dari Mitra Distribusi atau Pihak lain yang bekerja sama dengan Mitra Distribusi.
7. Berpotensi memperoleh capital gain.
8. Dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain (sesuai dengan kebijakan di masing-masing Mitra Distribusi).
9. Dapat diperdagangkan di organized OTC melalui Electronic Trading Platform (ETP).
10. Masyarakat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di ORI016? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBN seri berikutnya.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBN? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

(KA01/hm)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua